...
jkt48 gen 1
5-min read

Kangen JKT48 Generasi 1? Simak Fakta Menariknya, Fans JKT48 Merapat!

jkt48 gen 1

Yuk, mari kita berkenalan dengan fakta unik JKT48 Gen 1!

Masih ingatkah kita pada grup idol JKT48 Generasi 1 yang terdiri dari para gadis cantik pada tahun 2011? JKT48 adalah grup idol asal Indonesia yang menjadi bagian dari keluarga 48Group, bersama dengan AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, dan banyak lainnya.

Yang menarik, JKT48 adalah grup pertama yang beroperasi di luar Jepang. Sejak munculnya Generasi Pertama pada tahun 2011 dengan produser Yasushi Akimoto, grup ini, yang dikenal dengan puluhan anggotanya, telah mencapai Generasi ke-10 pada tahun 2020.

Konsep utama JKT48 adalah ‘idola yang dapat dijumpai setiap hari’, mirip dengan saudaranya, AKB48. Inilah yang membuat mereka secara rutin mengadakan pertunjukan di JKT48 Theater, yang terletak di JKT48 Theater FX Sudirman F4, Jalan Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan Jakarta Selatan, Indonesia.

Apakah kamu penasaran dengan fakta-fakta menarik tentang Generasi Pertama dari grup idol ini? Mari kita simak di bawah ini!

Info wajib baca: Lirik Lagu Mesin Waktu Budi Doremi dan Maknanya | Awas Makin Galau!

Profil Singkat JKT48 Gen 1

jkt48
Source: merdeka.com

JKT48 pertama kali dibentuk pada 11 September 2011 dalam sebuah acara AKB48 di Makuhari Messe, Chiba. Itu adalah awal dari pembentukan JKT48 Generasi 1.

Proses wawancara audisi JKT48 berlangsung pada akhir September, dengan audisi final untuk finalis berlangsung pada 8 hingga 9 Oktober 2011, menghasilkan 26 anggota JKT48 Generasi 1. Kemudian, pada 17 Desember 2011, trainee Generasi Pertama ini melakukan penampilan perdana dalam acara musik di salah satu saluran TV swasta nasional.

Generasi Pertama JKT48 mulai dikenal luas karena iklan televisi yang mereka bintangi, di mana mereka membawakan lagu “Heavy Rotation” milik AKB48. Sejak saat itu, grup idola ini menjadi viral.

Member JKT48 Gen 1

jkt48 gen 1
Source: Liputan6.com

Setelah melihat profil singkat grup idola ini, masihkah kamu ingat siapa saja anggota JKT48 Generasi 1? Ini dia daftarnya!

  1. Ayana Shahab
  2. Beby Chaesara Anadila
  3. Cindy Gulla
  4. Cleopatra Djapri
  5. Rezky Wiranti Dhike
  6. Frieska Anastasia Laksani
  7. Gabriela Margareth Warouw
  8. Alissa Galliamova
  9. Ghaida Farisya
  10. Jessica Vania
  11. Devi Kinal Putri
  12. Rica Leyona
  13. Melody Nurramdhani Laksani
  14. Nabilah Ayu
  15. Rena Nozawa
  16. Sonya Pandarmawan
  17. Diasta Priswarini
  18. Delima Rizky
  19. Ochi Rosdiana
  20. Sendy Ariani
  21. Shania Junianatha
  22. Siti Gayatri
  23. Sonia Natalia
  24. Stella Cornelia
  25. Jessica Veranda
  26. Haruka Nakagawa

Info wajib baca: 10 Lagu Viral Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Ada Nggak Favorit Kamu?

8 Fakta Menarik JKT48 Gen 1

jkt48 gen 1
Source: Riau24.com

1. Member JKT48 Generasi 1 dimulai dari nol

Terdapat perbedaan antara grup idola dan girlband. Audisi girlband biasanya mencari individu yang sudah berbakat dan siap terjun ke dunia musik atau hiburan.

Sebaliknya, audisi grup idol mengajarkan anggotanya cara menari, berbicara di depan umum, dan tentu saja, menyanyi. Karena itu, sebagian besar anggota JKT48, terutama Generasi 1, terlihat seperti gadis-gadis biasa, dan hanya sedikit dari mereka memiliki latar belakang dalam industri hiburan.

2. Ada golden rules

Fakta menarik lainnya adalah adanya “golden rules” khusus bagi anggota JKT48. Aturan ini dibuat oleh manajemen untuk memastikan anggota tidak melukai hati penggemar dan untuk mendidik mereka sebagai idola.

Beberapa aturan tersebut termasuk larangan merokok, berpacaran, pergi ke diskotik, harus didampingi pengawal ketika bepergian, hanya boleh menandatangani merchandise resmi keluarga 48, menjaga pendidikan sebagai prioritas, dan membatasi penggunaan pakaian mencolok serta makeup tebal.

3. Manajemen waktu yang cermat

Selain jadwal padat pertunjukan di teater, anggota JKT48 Generasi 1 dan generasi-generasi berikutnya juga harus mengatur waktu untuk pendidikan mereka, baik itu sekolah maupun kuliah.

Dedikasi mereka menunjukkan keteguhan hati mereka dalam meraih impian. Mereka juga memberikan contoh kepada penggemar JKT48 tentang bagaimana mengatur prioritas antara pendidikan dan karier serta hobi.

4. Dekat dengan penggemar

Generasi Pertama JKT48 adalah pelopor dalam konsep ‘Idol that will comes to meet you’ (idol yang akan datang menemuimu) dan ‘idola yang dapat dijumpai setiap hari’.

Dengan konsep ini, mereka percaya bahwa JKT48 akan terus tumbuh dan populer bersama penggemar. Bahkan, para penggemar dapat bertemu, berbicara, dan berfoto bersama anggota Generasi 1 JKT48.

5. Ada saudara kandung di JKT48 Gen 1

Apakah kamu tahu bahwa dalam Generasi 1 JKT48 terdapat saudara kandung? Melody & Frieska, serta Stella & Sonia adalah saudara kandung yang menjadi anggota JKT48 Generasi 1.

6. Jepang tempat manggung pertama JKT48

Generasi Pertama JKT48 tampil pertama kali di Jepang dalam konser AKB48 Kōhaku Taikō Uta Gassen pada 20 Desember 2011 di Tokyo Dome City Hall. Sebanyak 16 anggota JKT48 ikut tampil dalam konser bersama keluarga besar AKB48, SKE48, NMB48, dan HKT48.

7. Nabilah punya oshi terbanyak

jkt48 gen 1
Source: JournalNusantara.com

Nabilah Ratna Ayu Azilia atau Ayu Chin adalah anggota Generasi 1 JKT48 yang memiliki oshi (anggota favorit penggemar) terbanyak. Dia bahkan dijuluki sebagai “oshi sejuta umat” karena memiliki lebih banyak pengikut di Twitter dan Instagram dibandingkan dengan anggota Generasi 1 lainnya.

8. Menggelar konser reuni

Pada akhir tahun 2022, Generasi 1 JKT48 mengadakan konser reuni dengan judul “First Generation Special Performance.” Konser ini berlangsung meriah dan penuh nostalgia.

Melody Laksani yang kembali menjadi center grup saat membawakan lagu “Heavy Rotation” menjadi sorotan utama, baik oleh penggemar JKT48 maupun masyarakat.

Selain Melody, anggota Generasi 1 lainnya yang hadir dalam konser reuni ini termasuk Haruka, Beby, Ayana, Shania, Veranda, Gaby, Sonia, Frieska, Nabilah, Cigul, Dhike, Sendy, dan Jeje.


Itulah beberapa fakta menarik tentang JKT48 Generasi 1. Apakah kamu semakin merasa nostalgia dengan anggota-anggota hebat ini?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare