...
kandungan kurma
5-min read

Berapa Jumlah Makan Kurma Anjuran Nabi? Cek Kandungan Kurma yang Punya Sejuta Manfaat

kandungan kurma

Kandungan kurma memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia. Cek selengkapnya di sini, ya!

Buah kurma merupakan salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadan. Daging buahnya yang manis dan lembut sangat cocok dikonsumsi sebagai menu takjil berbuka puasa bahkan sahur.

Buah kurma sendiri juga merupakan salah satu buah tertua di dunia yang dibudidayakan di Timur Tengah. Buah ini berasal dari pohon kurma yang termasuk suku Arecaceae. 

Kurma tentunya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran kandungan apa saja yang terdapat pada buah ini? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Kandungan Kurma

Buah kurma mengandung begitu banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita, lho. Dalam 100 gram kurma terkandung sekitar 280 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

  1. Karbohidrat: 75 g
  2. Gula: 65 g
  3. Serat: 7–8 g
  4. Protein: 2–2,5 g
  5. Kalsium: 65 mg
  6. Zat besi: 1 mg
  7. Zinc: 0,5 mg
  8. Kalium: 650 ml
  9. Vitamin A: 150 IU

Tidak hanya itu, buah kurma juga diketahui memiliki kandungan asam folat, vitamin B, vitamin K, dan sejumlah jenis antioksidan, seperti karoten, flavonoid, fenolik, dan lutein.

Info wajib baca: 3 Resep Kentang Mustofa dan Asal Mulanya yang Wajib Kamu Ketahui | Cocok untuk Menu di Bulan Ramadan

Manfaat Kurma

kandungan kurma
Source: Orami

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan kurma, lalu apa saja manfaat yang diperoleh dari kandungan kurma tersebut untuk tubuh manusia? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan tersebut, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

Kurma juga mengandung asam amino yang berfungsi untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien.

Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa buah maupun sari kurma bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menjaga kesehatan tulang

Buah kurma mengandung mineral seperti, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium, yang mampu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Dalam kurma terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan cara mengurangi jumlah kalsium yang dibuang oleh ginjal.

3. Menjaga kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin

Mengonsumsi kurma dapat menjaga kesehatan untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini karena kurma memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin, seperti mineral, vitamin, protein, serat, karbohidrat, dan antioksidan.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi, bisa mencegah beragam masalah kesehatan untuk janin. Seperti kelahiran prematur, cacat bawaan lahir, atau terlahir dengan berat badan rendah. Buah kurma juga baik untuk menambah energi bagi ibu hamil, sehingga tidak mudah merasa lelah.

4. Menjaga imunitas tubuh

Kurma juga bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Ini dikarenakan kurma mengandung Vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah peradangan serta radikal bebas. Terdapat 3 jenis antioksidan paling potensial dalam kurma yaitu: 

– Flavonoid, jenis antioksidan yang ampuh untuk menurunkan inflamasi dan berpotensi  menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, serta beberapa jenis kanker.

– Karotenoid, terbukti mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan mata.

– Asam fenolat, dikenal dengan sifat antiinflamasi sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

5. Mencegah anemia

Buah kurma mengandung zat besi yang sangat berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mengonsumsi kurma secara rutin dapat mencegah kamu dari anemia.

Info wajib baca: Anak Kost Wajib Tahu! 9 Menu Sahur Sederhana dan Praktis

Tips Makan Kurma  

kandungan kurma
Source: About Malang

Terdapat sejumlah tips atau cara makan kurma yang dapat kamu praktikkan. Selain itu, bagi umat Islam juga dapat mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dalam mengonsumsi buah ini. Berikut adalah tips makan kurma:

1. Ada banyak macam kurma dan pilihlah kurma yang matang dengan hati-hati. Kurma yang terlalu matang bisa menjadi cair dan tidak segar. Pilih kurma berwarna cerah oranye, bersih dan bertekstur kenyal.

2. Simpan kurma di tempat yang sejuk atau di lemari es dan pastikan bahwa kulitnya tidak rusak atau terkelupas.

3. Sebelum dimakan, rendamlah kurma dalam air suam-suam untuk membuatnya lebih lembut dan mudah dikunyah.

4. Hindarilah menambah gula pada saat memakan kurma. Kamu juga dapat menambahkan sedikit garam untuk meningkatkan rasa manisnya.

5. Bagi umat Islam sangat dianjurkan untuk makan kurma dalam jumlah ganjil seperti 1, 3, 7, dan seterusnya. Hal tersebut sesuai yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam ilmu medis juga membuktikan bahwa mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil dapat memberi manfaat seperti melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.

6. Dijadikan infused water. Hal ini juga dilakukan oleh Nabi ketika mengonsumsi kurma dan disebut sebagai air nabeez. Membuatnya cukup dengan cara merendam kurma di dalam wadah air seperti botol atau gelas. Cara ini bisa mengatasi asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan. 

7. Kombinasikan dengan buah lain atau salad untuk membuat asupan makanan yang lebih sehat dan enak. 

8. Jika mengikuti cara Nabi Muhammad SAW, kamu dapat makan kurma dengan timun secara bersamaan. Hal ini juga diyakini dapat membentuk tubuh menjadi ideal.


Itulah sejumlah kandungan kurma, manfaat, serta tips makan kurma. Selama ramadhan, kamu bisa mengonsumsi kurma baik saat sahur maupun berbuka puasa. Tetap semangat menjalani ibadah puasanya, ya, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare