...
menu sahur sederhana dan praktis
5-min read

Anak Kost Wajib Tahu! 10 Menu Sahur Sederhana dan Praktis

menu sahur sederhana dan praktis

Temukan menu sahur sederhana dan praktis di sini untuk anak kost!

Sahur identik dengan ibadah puasa, tanpa kehadiran sahur, tuh, puasa terasa kuranglengkap. Dengan melaksanakan sahur, kamu akan memiliki fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah puasa.

Bagi sebagian orang, termasuk anak kost, menyiapkan menu sahur merupakan hal yang perlu dipikirkan baik-baik karena berkaitan dengan biaya dan waktu.

Sahur sendiri secara istilah merupakan makan pada dini hari (disunahkan menjelang fajar sebelum subuh) bagi orang-orang yang hendak menjalankan ibadah puasa, baik puasa Ramadan maupun puasa sunnah.

Bagi kamu anak kost yang lagi mikir mau menyiapkan menu apa untuk sahur nanti, sejumlah pilihan menu sahur sederhana dan praktis berikut ini bisa jadi opsi untuk sahur di bulan Ramadhan, lho. Langsung cek selengkapnya di bawah ini, ya!

Info wajib baca: 6 Ide Menu Sahur Simple, Cocok Buat Anak Kost!

Menu Sahur Sederhana dan Praktis Serba Goreng

Tidak perlu repot-repot dalam menyiapkan menu sahur, dengan sejumlah menu sederhana berikut ini, kamu bisa memperolah gizi yang cukup dan mengenyangkan perut, lho.

1. Menu sahur sederhana dan praktis, nasi goreng

menu sahur sederhana dan praktis
Source: Portal Baraya

Menu sahur pertama yang dapat kamu coba adalah nasi goreng. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sangat sederhana, yaitu nasi dan bumbu nasi goreng. Kamu dapat menggunakan bumbu instan atau dapat juga membuat bumbu sendiri dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat.

Menambahkan telur ceplok dapat membuat nasi goreng lebih bernutrisi. Jika punya sayuran, kornet, atau daging ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kelezatan nasi goreng buatanmu. Selain itu, sebagai pelengkap kamu juga bisa menambahkan sosis, telur ayam, ataupun bakso.

2. Telur ceplok

menu sahur sederhana dan praktis
Source: Notifindonesia.com

Jika kamu terlalu malas untuk memasak nasi goreng dan ingin yang lebih simple, maka telur ceplok juga bisa jadi menu sahur ala anak kost, lho. Biasanya, telur mata sapi ini disantap dengan saos sambal, cabai bubuk, atau kecap manis. Namun, agar tubuhmu kenyang lebih lama, sebaiknya kamu mengonsumsi menu tambahan, seperti buah kurma dan susu.

Selain itu, kamu bisa menggunakan resep olahan telur menjadi berbagai aneka makanan yang tidak memakan waktu lama. Tapi tetap sederhana dan rasanya juga enak.

3. Menu sahur sederhana dan praktis, martabak mi

Source: Fimela

Anak kost pasti akrab dengan mi instan yang selalu jadi penolong untuk sekadar mengenyangkan perut. Tak terkecuali untuk dijadikan menu santap sahur sederhana, nih.

Tapi, jika jenuh bikin mi instan seperti biasa, kamu dapat mengkreasikan mi instan menjadi martabak mi dengan mencampurkan mi yang telah direbus dengan satu atau dua butir telur ayam. Punya stok sosis atau bakso di kulkas? Potong dadu kemudian masukkan ke dalam adonan telur dan mi.

Setelah dicampur bumbu, goreng martabak mi seperti kamu menggoreng telur dadar. Satu porsi martabak mi cukup untuk dijadikan menu santap sahur yang mengenyangkan.

Menu Sahur Sederhana dan Praktis yang Manis

Menu sahur berikutnya nggak kalah mudah dibuat dan mengenyangkan, lho, gaes. Kamu bisa mengolah stok bahan ayam dan tempe jadi lebih enak. Hemat biaya dan waktumu saat menyiapkannya, nih.

4. Ayam goreng mentega

menu sahur sederhana dan praktis
Source: Lombok Insider

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa ayam goreng mentega cukup mewah bagi orang yang tinggal di kost. Namun, untuk porsi sendiri sepertinya tidak akan menghabiskan biaya cukup besar. Satu potong ayam bisa kamu jadikan 10-12 potong, bisa sharing dengan temanmu.

Sementara bahan-bahan yang kamu butuhkan pun tidak terlalu banyak jika ingin membuat hidangan ini. Mulai dari bawang putih atau bawang bombai, daun salam, jeruk nipis, lada, margarin, dan saus tiram.

Tinggal balur ayam dengan jeruk nipis sesudah dibersihkan, lalu goreng sampai matang. Selanjutnya panaskan margarin, tumis bawang, tambahkan saus tiram hingga harum. Masukkan ayam dan daun salam, tambahkan kecap serta garam sesuai selera. Gampang, kan?

Jika malas untuk membuatnya, kamu bisa membelinya di warung-warung makan, lho. Harganya juga relatif murah dan cukup mengenyangkan tentunya. Jadi, kamu tetap bisa makan enak dengan menu sahur yang satu ini.

5. Menu sahur sederhana dan praktis, tempe orek

menu sahur praktis tempe orek
Source: Kuliner Kota

Apabila kamu sedang benar-benar hemat biaya dan tidak memiliki banyak waktu waktu saat bangun sahur. Tempe orek bisa jadi menu ideal. Selain murah dan praktis, tempe orek juga memiliki kandungan protein yang banyak, lho.

Cukup siapkan tempe yang dipotong dadu, bawang putih iris halus, daun salam, lengkuas, gula pasir, garam, kecap, air, dan minyak. Untuk memasak tempe orek kamu bisa mulai dari panaskan minyak, tumis bawang putih, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Lalu masukkan tempe, kecap, gula, garam, dan air sambil diaduk rata. Masak hingga bumbu meresap dan air mengering.

Lauk sahurmu siap, deh.

Menu Sahur Sederhana dan Praktis yang Segar

Butuh lauk yang segar dan sehat tanpa waktu persiapan lama? Cek ide menu sahur praktis di bawah ini.

6. Pecel sayur

Source: Porboaboa

Kamu pencinta sayuran? Jika iya, menu yang satu ini dapat kamu jadikan pilihan menu sahur yang sederhana dan praktis. Pecel sayur dibuat dari bahan-bahan yang kaya akan serat akan membuat kamu kenyang dan prima saat berpuasa.

Siapkan saja tauge, kacang panjang, dan bayam yang sudah direbus. Lalu, siramkan bumbu kacang yang dapat mengubah makanan ini memiliki cita rasa gurih dan nikmat, lho.

Info wajib baca: 5 Tempat Bukber di Samarinda yang Instagramable | Bikin Feed IG Makin Gaul

Stok Menu Sahur Sederhana dan Praktis

Buat tim mageran, nih, ada juga menu sahur yang bisa distok dalam waktu lama sehingga kamu cukup menghangatkannya ketika mau sahur di pagi buta.

7. Telur balado

menu sahur sederhana telur balado
Source: Momsmoney.id

Untuk makan sahur praktis dan antiribet, kamu juga bisa, lho, menyiapkan masakan telur balado dari jauh-jauh hari untuk jadi stok menu sahur selama sebulan. Telur balado ini juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Selain praktis, tapi tetap menyehatkan dan bergizi.

Untuk membuatnya kamu dapat menyiapkan bahan dan bumbu seperti cabai merah, garam, gula pasir, terasi, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, dan tentunya telur rebus.

Langkah membuatnya dapat dimulai dari menghaluskan bahan dan bumbu sampai rata, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Jangan lupa beri garam dan gula sesuai selera. Terakhir masukkan telur lalu aduk rata. Jika tidak habis bisa disimpan kembali di kulkas dan dihangatkan saja saat mau dimakan.

8. Menu sahur sederhana dan praktis, chicken nugget

menu sahur praktis nugget
Source: Imposible food

Untuk variasi menu sahur, kamu juga sebaiknya punya stok chicken nugget di kulkas, nih. Sebab nuget ayam juga termasuk salah satu menu sahur praktis yang tidak perlu waktu lama dalam menyiapkannya atau menggorengnya. Menu ini juga cukup mengenyangkan dan kamu dapat makan dalam porsi yang agak banyak.

9. Sereal

Source: Orami

Kalau kamu nggak punya kompor atau alat masak, ya, sereal bisa jadi andalan menu sahur paling sederhana di kost. Kamu cukup menyiapkan stok sereal-sereal favoritmu dan juga susu segar. Dengan mengonsumsi sereal, kamu dapat kenyang dan juga prima untuk menjalani ibadah puasa.

Apabila diperlukan, kamu bisa lengkapi menu sahur ini dengan segelas susu dan sepotong buah pisang.

10. Menu sahur sederhana dan praktis, sup sayur

sup sayur
Source: Food.detik.com

Rekomendasi terakhir ada sup sayur yang bisa jadi pilihan menu sahur sehat dan murah meriah. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sayuran yang mudah didapat, seperti kentang, buncis, maupun wortel.

Sayuran tersebut potong-potong sesuai selera kamu. Selanjutnya, rebus sayuran dalam air hingga terasa empuk. Untuk menambahkan rasa, gunakan kaldu ayam bubuk, merica, dan garam sesuai selera.

Aduk rata dan biarkan sampai kuahnya mendidih. Siap disajikan dengan topping seledri ataupun potongan tomat.

Di-update oleh Velin


Itulah sejumlah menu sahur sederhana dan praktis. Kira-kira mana yang menjadi pilihan kamu?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare