...
kisah nabi syuaib
5-min read

Kisah Nabi Syuaib AS Tentang Pentingnya Kejujuran

kisah nabi syuaib

Pernah denger cerita kisah-kisah nabi waktu kecil? Bongkar lagi memorimu dengan baca kisah Nabi Syuaib AS berikut ini, yuk!

Siapa yang waktu kecil pernah diceritain kisah-kisah nabi di sekolahnya? Kostmin juga pernah! Kisah-kisah nabi emang menarik untuk dibaca atau didengarkan dan dibahas. Karena, beda nabi, beda juga kisah dan mukjizatnya, dan masing-masing mukjizat juga memiliki kesan dan keistimewaannya masing-masing. Nggak terkecuali kisah Nabi Syuaib AS.

Kisah nabi memberikan teladan yang sangat baik buat para pendengar atau pembacanya. Nilai-nilai yang terkandung juga sangat berharga baik untuk diajarkan pada anak-anak, maupun para orang-orang dewasa, karena nilai-nilai yang diajarkan pun universal dan berlaku untuk hampir semua kalangan.

Cerita dari mukjizat nabi biasanya diceritakan kepada anak-anak usia belia, untuk memberikan pembelajaran tentang kehidupan dan pengembangan diri seperti kesabaran, dan kekuatan iman. Dari banyaknya kisah nabi, salah satu yang nggak kalah menarik ada kisah dari Nabi Syuaib AS.

Buat yang lupa, kali ini kita bakal simak cerita dari Nabi Allah SWT satu ini. Tapi sebelumnya, kita kenalan sebentar dengan Nabi Syuaib AS, yuk!

Perkenalan Singkat dengan Nabi Syuaib AS dan Kaum Madyan

kisah nabi syuaib
Source: Cahaya Islam

Pasti buat yang udah belajar nama-nama nabi, baik di sekolah maupun di tempat ngaji udah nggak asing sama nama nabi satu ini. Atau kamu lupa, nih? Buat yang lupa, kita kenalan lagi dengan Nabi Syuaib dan Kaum Madyan, ya.

1. Siapa itu Nabi Syuaib AS?

Nabi Syuaib AS adalah salah satu nabi dalam agama Islam yang diutus oleh Allah SWT kepada suku-suku bangsa di daerah Madyan. Beliau dianggap sebagai seorang nabi yang diutus untuk memberikan pengajaran moral dan etika, serta memberikan peringatan kepada umat manusia untuk mengikuti ajaran Allah SWT.

Nabi Syuaib AS merupakan salah satu dari 4 nabi yang berasal dari bangsa Arab. Beliau bersama dengan 3 nabi lainnya, yaitu Nabi Hud AS, Nabi Shaleh AS, dan Nabi Muhammad SAW. Kemampuannya dalam berdakwah membuat Nabi Syuaib AS diberi julukan oleh banyak orang pada masa itu adalah juru pidato.

Nabi satu ini juga dikenal memiliki paras yang tampan, serta dermawan dan juga ramah. Nggak heran kalau beliau sangat dikenal di kalangan kaum Madyan pada saat itu. Beliau juga merupakan keturunan asli dari kaum Madyan yang memiliki sifat dan perilaku mulia, seperti halnya Nabi Syuaib AS memiliki banyak sekali sifat terpuji.

Secara harfiah, Syuaib sendiri memiliki arti memberikan petunjuk pada jalan kebenaran. Oleh sebab itu, ketika masih kecil, Nabi Syuaib AS selalu berusaha untuk menjaga hatinya dan menahan dirinya agar tidak melakukan perbuatan buruk dan sia-sia. Sifat terpuji itu belum dimiliki oleh anak-anak seusianya pada masa itu. Sifat terpuji ini beliau bawa hingga beranjak remaja dan dewasa.

Beliau juga dengan senang hati membantu orang-orang yang kesusahan tanpa segan, dan selalu menyapa lebih dulu orang-orang disekitarnya. Sifat terpuji Nabi Syuaib AS inilah yang membuat orang-orang disekitarnya senang dan bahagia.

Info wajib baca: Kisah Nabi Nuh Singkat dan Pelajarannya

2. Kisah tentang kaum Madyan

Kaum Madyan adalah suku yang terkenal dengan keahlian mereka dalam perdagangan dan penggembalaan hewan. Kaum ini memiliki tempat tinggal atau menetap di daerah yang berada di pinggiran negeri Syam dan saat ini dikenal dengan Suriah. Tempat yang ditinggali oleh kaum Madyan ini berbatasan langsung dengan Hijaz serta berdekatan dengan Danau Luth.

Daerah ini diberi keberkahan oleh Allah SWT, dimana tanahnya subur, sehingga dapat ditanami berbagai macam tumbuhan, dan membuat kondisi perekonomian kaum tersebut tercukupi. Namun, semua kenikmatan ini nggak semata-mata bikin suku ini jadi baik.

Suku ini terkenal dengan perilaku buruk dan kesesatan mereka, seperti menyembah pohon dan melakukan praktik-praktik keagamaan yang salah. Selain itu, mereka tidak bersyukur pada Allah SWT atas kenikmatan yang diberikan.

Kecurangan yang dilakukan oleh kaum Madyan biasanya oleh para penipu yang sudah dibutakan dengan kekayaan, sehingga para penipu itu seringkali menimbang suatu barang dengan berat yang nggak sesuai. Makanya, gara-gara ini, penduduk Madyan yang miskin akan bertambah miskin dan penduduk Madyan yang kaya akan bertambah kaya. Nyebelin, ya!

Memiliki sifat kurang terpuji dan jauhnya kaum Madyan dari ajaran Allah SWT, membuat Nabi Syuaib AS diutus untuk berdakwah dengan membawa suatu ajaran agama yang benar dan berasal dari Allah SWT. Selain itu, Nabi Syuaib AS juga dipercaya untuk mengubah jalan kaum Madyan agar kembali ke jalan yang baik dan benar.

Kisah Singkat Nabi Syuaib AS

kisah nabi syuaib
Source: Kalam – SINDOnews

Kisah Nabi Syuaib AS, berceritakan bahwa beliau mengajarkan ajaran tauhid kepada suku Madyan, yaitu keyakinan bahwa hanya Allah SWT yang berhak disembah dan dipuja. Nabi Syuaib AS juga menyeru kaum Madyan untuk menghentikan praktik korupsi dan penipuan dalam perdagangan, serta menghormati hak-hak orang lain.

Namun, kaum Madyan menolak ajaran Nabi Syuaib AS dan bahkan memusuhi dan menganiaya beliau. Nabi Syuaib AS terus memberikan peringatan kepada kaum Madyan dan menyatakan bahwa mereka akan mendapatkan hukuman yang keras dari Allah SWT jika mereka tidak berubah.

Akhirnya, Allah SWT mengirimkan hukuman kepada kaum Madyan dalam bentuk panas yang luar biasa membuat tanaman-tanaman di sana mati, dan gempa bumi yang hebat serta suara halilintar yang memusnahkan para kaum Madyan yang kafir dan jauh dari Allah SWT.

Pelajaran yang Dapat Diteladani

kisah nabi syuaib
Source: Dailysia.com

Kisah Nabi Syuaib menjadi pelajaran bagi kita agar senantiasa mengikuti ajaran Allah SWT dan para nabi yang diutus untuk memberikan petunjuk dan peringatan. Kisah beliau juga mengajarkan bahwa kejujuran dan keadilan adalah nilai-nilai sangat penting dalam agama Islam, sementara kesesatan dan ketidakadilan akan mendatangkan hukuman dari Allah SWT.

Selain itu, kisah beliau juga mengajarkan tentang pentingnya sikap sabar dan tawakal dalam menghadapi ujian dan cobaan dalam hidup. Nabi Syuaib AS tetap bersabar dan teguh dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari suku Madyan, serta percaya bahwa Allah SWT akan selalu membantunya.

Dalam ajaran Islam, beliau dihormati sebagai salah satu nabi yang memberikan pengajaran moral dan etika yang sangat penting bagi kita semua. Kisahnya mengajarkan nilai-nilai yang sangat penting dalam agama Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan sikap sabar dan tawakal.

Info wajib baca: Simak Kisah Nabi Zulkifli yang Terkenal dengan Sifat Sabar


Kisah Nabi Syuaib AS jadi salah satu kisah nabi yang memiliki pesan penting. Meski terlihat sederhana, namun dampaknya besar buat kita. Hal ini juga seringkali dilupakan atau bahkan diabaikan oleh orang-orang, terutama yang berusaha memperkaya dan menguntungkan diri sendiri, yaitu kejujuran.

Sejatinya, kejujuran itu baik dalam banyak hal, baik kehidupan sehari-hari, maupun dalam berdagang. Kisah Nabi Syuaib AS ini tentu menampar banyak dari kita yang seringkali menyepelekan kejujuran. Nah dari kisah ini, semoga kamu bisa dapat pembelajaran yan berharga, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Surabaya Murah

Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare