...
manfaat minyak zaitun untuk rambut
5-min read

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

manfaat minyak zaitun untuk rambut

Nggak cuma buat masak atau kesehatan, ini dia manfaat minyak zaitun untuk rambut kamu!

Kebanyakan dari kamu pasti udah nggak asing sama minyak yang satu ini. Minyak zaitun banyak ditemukan di dapur, mungkin di dapur rumahmu juga ada? Selain bisa untuk masak, ada juga banyak manfaat minyak zaitun untuk rambut kamu!

Minyak zaitun adalah minyak alami yang diperoleh dari buah zaitun dan telah digunakan selama berabad-abad untuk perawatan rambut dan kulit. Minyak zaitun kaya akan asam lemak, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Bahkan mungkin kamu pernah liat produk-produk rambut yang mengandung minyak zaitun.

Yuk, Mengenal Sekilas Minyak Zaitun

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Source: Kompas Lifestyle

Olive oil atau minyak zaitun, adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Bahan yang seringkali digunakan untuk memasak ini berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Minyak zaitun sendiri dikenal sebagai minyak yang berkhasiat untuk kesehatan, dan juga bermanfaat bagi kulit. Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang beralih antara lain antiseptik, anti-mikroba dan pelembab alami.

Berati, minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan di kulit, dan juga memperbaiki elastisitas kulit kamu. Dengan melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV, minyak zaitun juga dapat membantu mencegah kerusakan akibat radiasi ultraviolet atau efek buruk dari obesitas.

Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun ini juga terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virginvirgin, dan refined (light). Selain baik untuk kulit, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengontrol tekanan darah, memelihara fungsi otak, dan menjaga berat badan.

Info wajib baca: Manfaat Lidah Buaya untuk Luka dan Cara Mengolahnya!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakan

Nggak cuma itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik untuk rambut. Selain itu, ia juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Udah penasaran sama beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut? Yuk langsung mulai!

1. Manfaat minyak zaitun untuk melembabkan dan menghaluskan rambut

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Source: Cocosoul

Minyak zaitun mengandung asam lemak dan vitamin E yang membantu menjaga kelembaban alami rambut. Penggunaan minyak zaitun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah rambut kering dan kasar, serta membuat rambut terasa lebih lembut dan halus. Minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan rambut kering dan kusam.

Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab rambut, oleskan sedikit minyak pada rambut Anda dari akar hingga ujung rambut, diamkan selama 30 menit atau semalam dan kemudian bilas rambut dengan air hangat dan shampoo.

2. Membantu mencegah kerontokan rambut

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Source: SkinKraft

Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan rambut rontok, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan pijat secara lembut selama 10-15 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat dan sampo.

3. Mencegah ketombe

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Source: www.headandshoulders.com.au

Ketombe dapat menjadi masalah yang menjengkelkan, tetapi minyak zaitun dapat membantu mencegah dan mengobati ketombe. Minyak zaitun mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe, serta mengurangi peradangan di kulit kepala.

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan ketombe, campurkan minyak zaitun dengan sedikit jus lemon dan oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat dan shampoo.

4. Mencegah ujung rambut bercabang

Mencegah ujung rambut bercabang
Source: BukaReview

Ujung rambut bercabang adalah masalah umum bagi banyak orang, tetapi minyak zaitun dapat membantu mencegahnya. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan mengurangi kerusakan akibat panas dan lingkungan.

Untuk menggunakannya sebagai pengobatan ujung rambut bercabang, oleskan sedikit minyak zaitun pada ujung rambut setiap hari setelah Anda selesai keramas.

Info wajib baca: 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun, Salah Satunya untuk Salad Dressing

5. Manfaat minyak zaitun untuk membantu mendorong pertumbuhan rambut

Membantu mendorong pertumbuhan rambut
Source: Meramuda

Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini karena minyak zaitun merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Selain itu, juga membantu menjaga folikel rambut agar tetap sehat dan kuat.

Nggak disangka-sangka, ternyata minyak yang seringkali kita jumpai dan jadi salah satu minyak yang digunakan untuk memasak ini, juga bisa memberikan manfaat yang sangat bagus buat rambut.

Jenis rambut yang bakal sangat merasakan manfaat dari minyak zaitun adalah rambut yang kering akibat proses pewarnaan dna juga rambut bercabang. Perlu diingat, manfaat-manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin, untuk hasil yang maksimal!


Keren banget, ya, minyak satu ini! Kecil-kecil cabe rawit, alias punya segudang manfaat yang sangat berguna buat ujung kepala, hingga kaki.

Kamu yang tertarik untuk merawat rambut dengan perawatan yang alami dan mudah dilakukan dirumah, bisa, nih cobain tips-tips pemakaian minyak zaitun di setiap poin manfaatnya! Siap-siap punya rambut cakep, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare