...
persiapan mudik naik motor
5-min read

Praktikkan 6 Tips Persiapan Mudik Naik Motor dan Mobil Ini agar Perjalanan Aman dan Selamat

persiapan mudik naik motor

Mudik aman dan nyaman dengan persiapan mudik naik motor dan mobil di bawah ini.

Tinggal hitungan hari lagi hingga bulan Ramadhan tiba. Biasanya, masyarakat juga akan melakukan persiapan mudik naik motor, mobil, ataupun kendaraan umum lainnya.

Mudik menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat bulan Ramadhan atau menjelang lebaran idul fitri. Momen ini juga yang biasanya paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan pulang kampung atau sekadar liburan.

Tentunya, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mudik. Khususnya, bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lalu, asal mula kata mudik itu dari mana, sih? Sebelum mempersiapkan hal-hal yang wajib kamu siapkan sebelum mudik, yuk ketahui dulu asal usul kata mudik!

Pengertian Mudik

Source: Bola.com

Prof. Heddy Shri Ahimsa-Putra menjelaskan kata mudik berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti ‘udik’. Jika diartikan dari sudut pandang kontekstual, mudik artinya pergi ke muara dan kemudian pergi ke kampung halaman.

Menurut pandangan antropologis, konsep mudik berkaitan dengan masyarakat Melayu yang memiliki budaya merantau ke suatu daerah lain, kemudian akan kembali pulang pada waktu tertentu.

Istilah mudik ini kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia sebagai suatu kata yang menggambarkan perjalanan pulang dari kota ke pedesaan, atau dengan kata lain merantau. Masyarakat dari pedesaan yang merantau biasanya karena ada suatu hal yang ingin dicapai seperti melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan.

Nah, itu dia asal-usul kata mudik. Sekarang, apa aja, sih, persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan mudik, terutama bagi kamu yang mengendarai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil? Mari simak beberapa penjelasan di bawah ini!

Info wajib baca: Mau Roadtrip atau Mudik Hemat? Cek Dulu Tarif Tol Cipali Terbaru Tahun 2023 Ini!

Persiapan Mudik untuk Kamu Pengendara Motor dan Mobil

Berikut beberapa tips mudik yang aman jika kamu menggunakan motor atau mobil untuk bepergian jauh.

mudik motor dan mobil
Source: Pasardana

1. Pastikan kondisi kendaraan aman dan stabil

Karena kamu menggunakan dan membawa kendaraan sendiri, tentunya kamu harus tahu kondisi kendaraan kamu sebelum bepergian jauh. Pastikan motor atau mobil kamu dalam kondisi yang aman dan stabil untuk melakukan perjalanan jauh.

Kamu dapat memeriksa kondisi motor atau mobil kamu dengan membawanya ke tempat servis atau bengkel motor terdekat untuk melakukan pemeriksaan agar mengetahui jika ada bagian yang harus diperbaiki. Sehingga kamu dapat memastikan seluruh bagian motor atau mobil kamu dapat bekerja dengan baik dan aman sebelum kamu melakukan perjalanan mudik terutama untuk jarak yang jauh.

Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan. Keselamatan kamu harus selalu menjadi prioritas utama sebelum melakukan sesuatu, salah satunya melakukan perjalanan mudik.

2. Siapkan kondisi fisik dan mental

Selain kendaraan motor atau mobil kamu, tentunya kamu juga harus memperhatikan keadaan dirimu sebelum melakukan perjalanan mudik. Kamu memerlukan kondisi fisik dan mental yang kuat untuk mengendarai motor atau mobilmu.

Terlebih jika menggunakan motor yang artinya kamu akan menerjang angin jalanan, akan mudah bagi kamu terkena masuk angin jika tidak menjaga kondisi fisikmu tetap fit sebelum melakukan perjalanan mudik.

Fisik dan mental yang kuat juga diperlukan bagi kamu yang akan mengendarai mobil karena kamu juga harus mengeluarkan tenaga untuk menyetir berjam-jam lamanya.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan melakukan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, serta cukup minum air putih sebelum melakukan perjalanan jauh. Untuk mengetahui kondisi kesehatan yang lebih akurat, kamu juga bisa memeriksakan diri ke dokter di klinik atau rumah sakit terdekat.

3. Menggunakan perlengkapan saat berkendara

Bagi yang akan mengendarai motor saat mudik, kamu memerlukan beberapa perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan usahakan memakai celana panjang untuk menjaga tubuh tetap hangat. Selain itu, jika kamu menggunakan motor saat mudik, pakailah alas kaki yang tebal dan dapat menahan proporsi badan kamu ketika menginjakkan kaki di tanah seperti mengenakan sepatu atau boots.

Bagi yang mengendarai mobil saat mudik, kamu dapat mempersiapkan perlengkapan berkendara seperti menyediakan ban cadangan, segitiga pengaman, kabel jumper, buku manual, dan perlengkapan kendaraan mobil lainnya. Kamu juga bisa menggunakan baju harian yang nyaman pada saat menyetir mobil.

4. Membawa barang muatan secukupnya

persiapan mudik naik motor
Source: BeritaSatu.com

Siapkan beberapa barang penting yang dibutuhkan saja selama kamu bepergian dan menetap di kampung halaman. Jika kamu hanya menetap sebentar, bawalah barang secukupnya dan usahakan tidak melebihi dari kapasitas kendaraan yang akan kamu bawa.

Terlebih jika kamu menggunakan motor yang memiliki kapasitas barang lebih kecil, bawalah barang-barang yang praktis saja. Sesuaikan muatan barang dengan posisi kendaraan motormu dan pastikan kamu tetap dapat berkendara dengan nyaman.

5. Pengisian BBM

Meskipun terdengar mendasar, namun hal ini termasuk ke dalam bagian penting dalam persiapan mudik naik motor dan mobil. Untuk melaju dalam jarak yang jauh, tuh, pastinya tangki bahan bakar kendaraan motor dan mobil selalu terisi penuh, terutama jika tahu rute yang dilalui jarang pom bensin.

Oleh karena itu, penting bagi kamu mengecek isi bahan bakar sebelum memulai perjalanan mudik, apakah cukup untuk perjalanan jauh berjam-jam? Hal ini dapat membantu kamu untuk menghindari risiko kehabisan bahan bakar yang dapat mengganggu perjalanan mudikmu.

Info wajib baca: 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan | Bisa Jadi Persiapan Jelang Mudik Nih!

6. Menaati rambu-rambu lalu lintas

Tips terakhir yang tidak kalah penting ialah menaati rambu-rambu lalu lintas. Pemasangan rambu lalu lintas tentunya ditujukan untuk keselamatan dan keamanan pengendara di jalan raya.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk tetap menaati rambu lalu lintas saat berkendara begitu juga ketika melakukan perjalanan mudik. Demi kenyamanan dan keselamatan bersama, jangan melanggar peraturan rambu lalu lintas yang ada, ya!


Nah, itu tadi beberapa persiapan mudik naik motor dan mobil yang dapat kamu lakukan sebelum memulai perjalanan. Kalau kamu ada tips lain untuk mempersiapkan perjalanan mudik, boleh banget buat tulis di kolom komentar ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare