...
mukjizat nabi isa
5-min read

5 Mukjizat Nabi Isa yang Terkandung di Al-Qur’an | Salah Satunya Bisa Menghidupkan Orang Mati

mukjizat nabi isa

Mukjizat Nabi Isa AS terkandung di Al-Qur’an dapat dijadikan pelajaran bagi umat Islam, nih.

Mukjizat merupakan peristiwa luar biasa yang sulit dijangkau oleh akal manusia. Mukjizat hanya dimiliki oleh nabi dan rasul, seperti Nabi Sulaiman yang bisa berbicara dengan semut. Allah memberi mukjizat kepada utusan-Nya sebagai bukti kenabian serta kerasulan terhadap mereka yang meragukannya.

Dalam Islam, ada banyak nabi dan rasul yang dikenal mempunyai mukjizat, salah satunya yaitu Nabi Isa AS.

Nabi Isa memiliki sejumlah mukjizat yang pernah terjadi. Beberapa mukjizatnya bahkan disebutkan dalam Al-Quran yakni Surah Al-Maidah ayat 110.

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Ruhulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa.

(Ingatlah) ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) hikmah, Taurat, dan Injil. (Ingatlah) ketika engkau membentuk dari tanah (sesuatu) seperti bentuk burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku.

(Ingatlah) ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. (Ingatlah) ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku.

(Ingatlah) ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) pada waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

Kelahiran Nabi Isa 

Nabi Isa merupakan keturunan dari Nabi Daud dan dilahirkan tanpa adanya seorang ayah. Beliau lahir dari rahim wanita suci yang bernama Maryam.

Ketika orang-orang menuduh bahwa Maryam berbuat zina dengan orang lain sehingga lahirnya Nabi Isa, Nabi Isa dengan mukjizatnya yang bisa berbicara saat bayi berkata kepada mereka. Perkataan tersebut terangkum dalam surat Maryam ayat 30-34.

“Sesungguhnya aku hamba Allah. Dia (akan) memberiku Kitab (Injil) dan menjadikan aku seorang nabi. Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada dan memerintahkan kepadaku (untuk melaksanakan) salat serta (menunaikan) zakat sepanjang hayatku, dan berbakti kepada ibuku serta Dia tidak menjadikanku orang yang sombong lagi celaka. Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan hari aku dibangkitkan hidup (kembali).”

Tanda-tanda kenabian dari Nabi Isa sudah ditunjukkan jauh-jauh hari dari sikapnya yang santun, jujur, suka menolong, dan rajin belajar semasa kecil.

Saat Nabi Isa berusia 30 tahun, malaikat Jibril turun di Bukit Zaitun dan memberikan wahyu kepada Nabi Isa. Selain itu, Nabi Isa diwahyukan kitab Injil oleh Allah SWT yang isinya membenarkan isi kitab-kitab sebelumnya yakni kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa.

Info wajib baca: 5 Kisah Para Nabi dan Rasul yang Dapat Kamu Teladani | Pas Dibaca di Bulan Ramadan

5 Mukjizat Nabi Isa AS

Seperti surat Al-Maidah ayat 110 yang dijelaskan di atas tadi, berikut merupakan lima mukjizat Nabi Isa AS.

1. Allah menciptakan Nabi Isa tanpa seorang bapak

Maryam yang merupakan ibu Nabi Isa, mengandungnya tanpa ada peranan seorang laki-laki. Mukjizat tersebut diberikan Allah SWT dengan meniupkan roh Nabi Isa ke dalam jiwa sang ibu. Allah juga menolong Siti Maryam dari segala tudingan orang-orang kafir kepadanya.

Peristiwa itu merupakan salah satu bukti kebesaran dan keagungan Allah sebagai pencipta dan pemilik alam semesta.

Nabi Isa memperkenalkan dirinya kepada orang lain. Kemudian ia bersaksi atas tuduhan keji yang dilemparkan kepada ibunya. Inilah mukjizat Nabi Isa AS yang pertama dalam hidupnya.

Ia berkata, “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.”

Hal tersebut tertuang dalam QS. Maryam ayat 30:

قَالَ اِنِّىۡ عَبۡدُ اللّٰهِ ؕ اٰتٰٮنِىَ الۡكِتٰبَ وَجَعَلَنِىۡ نَبِيًّا

Qoola innii ‘abdullaahi aataaniyal Kitaaba wa ja’alanii Nabiyyaa

Artinya: Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.”

2. Kemampuan berbicara Nabi Isa ketika masih bayi

Mukjizat berikutnya adalah Nabi Isa mampu berbicara kepada orang-orang ketika ia masih bayi, dan kemampuannya berucap dengan baik dan logis saat ia dewasa.

Ibnu Abbas RA berkata: “Kemampuan bicara yang dimiliki oleh Nabi Isa AS semasa ia masih bayi hanya sebentar saja, yaitu hanya mampu mengucapkan kata-kata seperti yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada kita. Kemudian setelah itu, ia tidak mampu untuk berbicara lagi hingga mencapai usia anak bisa bicara. Biasanya, bayi yang mampu berbicara tidak bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.”

3. Membentuk seekor burung dari tanah liat

mukjizat nabi isa

Nabi Isa memiliki kemampuan yang menarik, yakni membentuk tanah liat menjadi seekor burung. Lalu ia meniupnya ke udara, dan atas izin serta kuasa Allah SWT jadilah seekor burung sungguhan.

Wahbah menambahkan, “Burung yang dibentuk oleh Nabi Isa AS dari tanah liat tersebut bisa terbang selama masih tampak di mata orang-orang. Namun, setelah terbang jauh dan tidak tampak di mata mereka, maka burung tersebut langsung terjatuh dan mati. Hal ini untuk membedakan antara ciptaan makhluk dengan ciptaan Allah SWT.”

Kisah ini benar adanya dan terkandungdalam Al-Qur’an, tepatnya QS. Al-Imran ayat 49.

وَرَسُوۡلًا اِلٰى بَنِىۡۤ اِسۡرٰٓءِيۡلَ ۙ اَنِّىۡ قَدۡ جِئۡتُكُمۡ بِاٰيَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ ۙۚ اَنِّىۡۤ  اَخۡلُقُ لَـكُمۡ مِّنَ الطِّيۡنِ كَهَیْـــَٔةِ الطَّيۡرِ فَاَنۡفُخُ فِيۡهِ فَيَكُوۡنُ طَيۡرًاۢ بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌‌ۚ وَاُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ وَاُحۡىِ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ۚ وَ اُنَبِّئُكُمۡ بِمَا تَاۡكُلُوۡنَ وَمَا تَدَّخِرُوۡنَۙ فِىۡ بُيُوۡتِكُمۡ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لَّـكُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَۚ‏

Wa Rasuulan ilaa Baniii Israaa’iila annii qad ji’tukum bi Aayatim mir Rabbikum annii akhluqu lakum minattiini kahai ‘atittairi fa anfukhu fiihi fayakuunu tairam bi iznil laahi wa ubri’ul akmaha wal abrasa wa uhyil mawtaa bi iznil laahi wa unabbi’ukum bima

Artinya: Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta.

Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.”

4. Menyembuhkan orang buta dan penderita penyakit kusta

Nabi Isa AS mampu menyembuhkan orang buta sejak lahir, dan orang yang menderita penyakit kusta. Kemampuan ini disebutkan secara khusus, karena para dokter pada zaman itu tidak dapat menyembuhkan kedua macam penyakit tersebut.

Padahal ilmu kedokteran pada masa Nabi Isa AS dikenal sangat maju. Oleh karena itu, Allah SWT menampakkan kepada mereka mukjizat Nabi Isa AS yang berkaitan dengan bidang kedokteran.

Mukjizat ini tercantum dalam QS. Al-Imran ayat 49 berikut ini. 

وَرَسُوۡلًا اِلٰى بَنِىۡۤ اِسۡرٰٓءِيۡلَ ۙ اَنِّىۡ قَدۡ جِئۡتُكُمۡ بِاٰيَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ ۙۚ اَنِّىۡۤ  اَخۡلُقُ لَـكُمۡ مِّنَ الطِّيۡنِ كَهَیْـــَٔةِ الطَّيۡرِ فَاَنۡفُخُ فِيۡهِ فَيَكُوۡنُ طَيۡرًاۢ بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌‌ۚ وَاُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ وَاُحۡىِ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ۚ وَ اُنَبِّئُكُمۡ بِمَا تَاۡكُلُوۡنَ وَمَا تَدَّخِرُوۡنَۙ فِىۡ بُيُوۡتِكُمۡ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لَّـكُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَۚ‏

Wa Rasuulan ilaa Baniii Israaa’iila annii qad ji’tukum bi Aayatim mir Rabbikum annii akhluqu lakum minattiini kahai ‘atittairi fa anfukhu fiihi fayakuunu tairam bi iznil laahi wa ubri’ul akmaha wal abrasa wa uhyil mawtaa bi iznil laahi wa unabbi’ukum bima

Artinya: Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah.

Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.”

Info wajib baca: Kultum Singkat tentang Sedekah yang Bikin Semangat Tambah Pahala

5. Menghidupkan orang mati

Mukjizat Nabi Isa lainnya adalah menghidupkan kembali orang yang telah mati dari kuburnya, dan tentunya atas izin dan kehendak Allah SWT.

Ia menghidupkan kembali beberapa orang, yakni: sahabatnya yang bernama Azar, putra seorang laki-laki tua, dan putra al-‘Asyir. Mereka semua bisa hidup kembali dan memiliki keturunan.

Nabi Isa juga mampu menghidupkan Sam bin Nuh, tetapi tidak lama. Sesaat setelah hidup, Sam bin Nuh kembali mati.

Mukjizat Nabi Isa ini juga tercantum dalam QS. Al-Maidah ayat 10 berikut ini. 

اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ

Iz qoolal laahu yaa ‘Eesab-na-Maryamaz kur ni’matii ‘alaika wa ‘alaa waalidatik; iz aiyattuka bi Ruuhil Qudusi tukallimun naasa fil mahdi wa kahlanw wa iz ‘allamtukal kitaaba wal Hikmata wa Tawraata wal Injiila wa iz Takhluqu minat tiini kahai ‘atit tairi.

Artinya: Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil.

Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku.

Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”


Demikian pembahasan mengenai mukjizat Nabi Isa. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang kisah dan mukjizat para nabi, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare