...
kesemutan seluruh badan
5-min read

Penyebab Kesemutan Seluruh Badan: Ini dia Gejala, Penanganan, dan Faktor Penyebabnya

kesemutan seluruh badan

Kamu mengalami kesemutan seluruh badan? Kok, bisa sih? Temukan jawabannya di sini!

Kesemutan di seluruh badan pasti sering dialami oleh semua banyak orang. Ketika kamu lagi, pasti akan terjadinya sering kesemutan di salah satu bagian tubuh.

Kira-kira kenapa kesemutan ini bisa terjadi ya? Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel berikut ini.

Info wajib baca: Berbeda dengan Orang Dewasa, Ini Tips Memilih Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Apa itu Kesemutan Seluruh Badan?

Source: Alodokter.com

Kesemutan seluruh badan adalah sensasi aneh yang seringkali terasa seperti mati rasa atau kebas pada kulit kamu. Ini bisa terjadi pada bagian tertentu dari tubuh kamu atau menyebar ke seluruh tubuh.

Tentunya hal itu sontak membuat kamu kaget dan tiba-tiba terjadi mengalami kesemutan di seluruh badan.

Gejala Kesemutan Seluruh Badan

Kesemutan seluruh tubuh mungkin terasa berbeda bagi setiap orang. Namun, ini dia beberapa gejala umum kesemutan termasuk:

  • Rasa mati atau kebas di kulit
  • Sensasi seperti jarum-jarum yang menusuk, atau sensasi seperti “geli-geli” atau “terbakar”
  • Tidak mudah untuk menggerakkan anggota tubuh dengan lancar.

Penyebab Kesemutan di Seluruh Badan

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan kamu mengalami kesemutan seluruh badan. Berikut adalah beberapa penyebab umumnya:

1. Salah posisi tidur

Untuk menghindari kesemutan saat kamu baru bangun tidur, cobalah mengubah posisi tidur kamu dari yang sebelumnya.Kesemutan ini dapat terjadi jika kamu tidur dalam posisi yang tidak alami sehingga membuat tekanan pada saraf tertentu.

2. Kurangnya nutrisi

Kekurangan vitamin B12, dapat menyebabkan kesemutan di seluruh tubuh dan mengganggu fungsi saraf. Pastikan kamu mengikuti diet yang seimbang dan berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapatkan suplemen yang tepat.

3. Sindrom terowongan karpal

Ini terjadi ketika saraf median pergelangan tangan kamu terjepit atau terganggu. Hal ini biasanya terjadi pada satu tangan, tetapi kadang-kadang dapat mencakup seluruh lengan.

4. Stres dan rasa cemas

Kecemasan dan stres berlebihan dapat memengaruhi sistem saraf kamu dan dapat membuat rasa kesemutan di seluruh tubuh kamu. Cobalah untuk berolahraga seperti yoga atau meditasi agar dapat mengurangi rasa stres dan cemas.

5. Sindrom serotonim

Efek samping yang mungkin terjadi pada beberapa obat, terutama antidepresan dan obat penenang dapat menimbulkan kesemutan di seluruh tubuh. Jika kamu mengalami efek ini setelah meminum obat yang baru, bicarakan dengan dokter kamu untuk berkonsultasi.

Info wajib baca: 9 Cara Ampuh Mengeluarkan Dahak yang Mengganggu di Paru-Paru

Hal yang Dilakukan Jika Mengalami Kesemutan

Source: Fimela.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika mengalami kesemutan di seluruh badan adalah mencoba mengubah posisi badan kamu. Beranjaklah dari tempat tidur kamu atau lakukan berjalan-jalan sejenak, dan lalu periksa apakah rasa sakit hilang. Jika tidak, kamu dapat mencoba hal-hal berikut ini:

  • Lakukan peregangan pada area yang kesemutan
  • Goyangkan bagian tubuh yang terkena dampak
  • Perhatikan pola makan kamu dan pastikan kamu menerima jumlah nutrisi yang tepat
  • Coba teknik relaksasi untuk mengurangi stres dan kecemasan

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kesemutan tidak hilang atau menjadi lebih parah. Dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat dan menemukan penyebabnya melalui pemeriksaan fisik dan tes tambahan.

Apakah Kurang Darah Bisa Menyebabkan Kesemutan?

Kurang darah, juga dikenal sebagai anemia, adalah kondisi di mana tubuh kamu kekurangan sel darah merah yang sehat. Anemia dapat menyebabkan kesemutan, terutama di tangan dan kaki. Kurang darah menyebabkan jumlah oksigen yang dibawa sel darah merah ke seluruh tubuh menjadi terbatas, yang berdampak pada fungsi saraf.

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu percaya bahwa penyebab kesemutan kamu adalah anemia. Dokter dapat melakukan tes darah untuk mengukur hemoglobin dan menentukan apakah kamu memerlukan pengobatan atau perubahan dalam diet kamu.


Meskipun kesemutan seluruh badan sangat mengganggu, biasanya dapat diatasi dengan perubahan kecil pada pola tidur, nutrisi, atau manajemen stres. Namun, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui sumber kesemutan dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Jika kamu mengalami gejala yang mencurigakan, jangan pernah ragu untuk mendapatkan perawatan medis. Semoga pertanyaan kamu tentang kesemutan seluruh badan dijawab oleh artikel ini, ya.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare