...
khasiat bawang putih tunggal
5-min read

Beragam Khasiat dari Bawang Putih Tunggal yang Jarang Diketahui

khasiat bawang putih tunggal

Pahami khasiat bawang putih tunggal yang baik untuk kesehatan tubuh berikut ini, yuk!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih tunggal adalah salah satu rempah-rempah paling populer di dapur kita. Tetapi tahukah kamu bahwa selain memberikan rasa yang lezat pada makanan, bawang putih tunggal juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang jarang diketahui?

Dari memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga membantu mengontrol kadar gula darah, kamu akan terkejut dengan semua manfaat luar biasa ini!

Mari kita telusuri lebih dalam tentang berbagai manfaat mengejutkan dari bawang putih tunggal dan bagaimana dapat meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Apa Itu Bawang Putih Tunggal?

Apa itu Bawang Putih Tunggal?
Source: Orami

Bawang putih tunggal adalah jenis bawang putih yang memiliki satu siung per umbi. Jadi, umbinya terdiri hanya dari satu siung bawang putih tanpa terbagi menjadi beberapa siung seperti yang terdapat pada bawang putih biasa.

Oleh karena itu, bawang putih tunggal juga dikenal dengan nama “bawang putih solo” atau “satu siung bawang putih.” Bawang putih tunggal memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar daripada siung bawang putih biasa.

Warna kulitnya cenderung putih, mirip dengan bawang putih biasa. Namun, bawang putih tunggal memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dan tajam dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Bawang putih tunggal sering digunakan dalam masakan, baik dalam bentuk utuh maupun dihancurkan dan digunakan sebagai bumbu. Karena memiliki rasa yang pekat, bawang putih tunggal bisa memberikan cita rasa yang kaya pada hidangan.

Selain itu, bawang putih tunggal juga diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk sifat antibakteri dan antioksidan.

Khasiat Bawang Putih Tunggal

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Source: Lifestyle – SINDONews

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat memiliki efek menguntungkan pada profil lipid, termasuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang diyakini memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Allicin dapat membantu menghambat produksi kolesterol dalam tubuh dan memengaruhi metabolisme lipid.

Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL), yang memiliki efek melindungi terhadap penyakit jantung.

2. Khasiat bawang putih tunggal: Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan

Khasiat Bawang Putih Tunggal: Mencegah Terjadinya Komplikasi Kehamilan
Source: KlikDokter

Beberapa ahli menyatakan bahwa bagi ibu yang sedang hamil, mengonsumsi bawang putih tunggal merupakan suatu hal yang direkomendasikan karena salah satu khasiat bawang putih tunggal yaitu dapat mencegah terjadinya komplikasi kehamilan.

Hal ini dikarenakan bawang putih tunggal mengandung zat yang membantu memaksimalkan kerja enzim yang cenderung mengalami penurunan ketika sang ibu sedang hamil. Selain itu, bawang putih tunggal juga memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia.

Namun, untuk mengetahui jumlah dosis yang tepat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar kamu bisa lebih jelas untuk mengetahui informasi tersebut dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Info wajib baca: Buah Pinang Muda: Rahasia Khasiatnya untuk Kesehatan Pria

3. Meringankan diabetes

Meringankan Diabetes
Source: NU Online

Dengan mengonsumsi bawang putih tunggal sebanyak dua hingga tiga buah secara rutin, diyakini dapat menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Bawang putih tunggal juga mengandung vitamin B dan senyawa allicin yang akan mendorong pankreas hingga menghasilkan insulin dalam tubuh.

Hal tersebut akan membantu tubuh dalam memerangi diabetes secara lebih efektif. Sebuah studi juga menyatakan intervensi dalam bawang putih tunggal dengan dosis tertentu memiliki beberapa efek positif terhadap penurunan kadar gula dalam darah.

Di antaranya yaitu meningkatkan kadar insulin, penurunan resistensi insulin, dan penurunan kadar malondialdehid pada mencit. Namun, hal ini tetap dibutuhkan studi penguat yang menguji efektivitasnya pada manusia.

Info wajib baca: Manfaat Daun Binahong untuk Seksual, Pasutri Merapat!

4. Khasiat bawang putih tunggal: Antioksidan alami

Khasiat Bawang Putih Tunggal: Antioksidan Alami
Source: KlikDokter

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Bawang putih mengandung senyawa antioksidan, termasuk flavonoid, polifenol, dan senyawa belerang seperti allicin. Senyawa ini telah diteliti dan diyakini memiliki efek antioksidan.

Allicin, yang terbentuk ketika bawang putih dihancurkan atau dicincang, dianggap sebagai salah satu senyawa aktif dengan sifat antioksidan.

Dalam penelitian in vitro (pengujian “kandidat” obat di luar tubuh makhluk hidup) dan pada hewan, bawang putih telah menunjukkan aktivitas antioksidan dengan mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian pada manusia terkait efek antioksidan bawang putih masih terbatas dan belum memberikan hasil yang konsisten.

5. Menambah stamina

Menambah Stamina
Source: Siloam Hospitals

Khasiat bawang putih tunggal selanjutnya yaitu diyakini dapat menambah stamina tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi dan terbukti bahwa terdapat pengaruh dari pemberian ekstrak bawang putih tunggal sebagai zat imunostimulan.

Namun, setiap efek peningkatan stamina atau daya tahan tubuh dari mengonsumsi bawang putih mungkin bersifat individu dan dapat bervariasi antara setiap orang.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa peningkatan stamina juga terkait dengan faktor-faktor lain seperti olahraga yang teratur, pola makan seimbang, istirahat yang cukup, dan gaya hidup sehat secara umum.


Itu dia, gaes, beberapa khasiat bawang putih tunggal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda dan mengonsumsi bawang putih tunggal tidak selalu dapat dijadikan acuan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh, ya!

Ada beberapa artikel serupa yang nggak kalah menarik untuk kamu baca juga, lho! Seperti khasiat buah merah Papua untuk kesehatan dan khasiat jamu kunyit asam untuk tubuh.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare