...
kisah nabi nuh singkat
5-min read

Kisah Nabi Nuh Singkat dan Pelajarannya

kisah nabi nuh singkat

Tau bahtera Nabi Nuh? Berikut kisah Nabi Nuh singkat yang menjelaskan kenapa sampai ada bahtera raksasa ini!

Untuk sebagian besar umat muslim pasti sudah mengethahui nama-nama dari 25 nabi-nabi utusan Allah SWT. Kisah-kisah mereka banyak diceritakan baik oleh para guru agama di sekolah atau tempat ngaji, orang tua di rumah, sampai acara animasi televisi.

Di antara cerita-cerita nabi yang menginspirasi, menarik, sekaligus memberikan pembelajaran bagi pembaca atau pedengarnya, salah satunya adalah kisah dari Nabi Nuh. Berikut ada kisah Nabi Nuh singkat yang bisa jadi bahan bacaan kamu atau dibacakan kepada adik-adikmu, serta pelajaran yang didapatkan.

Tapi sebelumnya, kenalan sebentar dengan salah satu nabi utusan Allah SWT yang membuat bahtera raksasa berikut ini, yuk!

Perkenalan Singkat dengan Nabi Nuh

ilustrasi nabi nuh
Source: Kalam – SINDOnews

Nabi Nuh adalah salah satu nabi sekaligus rasul dengan keududukan Ululazmi. Menariknya, sebanyak 43 ayat dari 28 surah di dalam Al-Qur’an membahas tentang Nabi Nuh. Nabi Ululazmi yang satu ini menjalankan dakwah yang nggak sebentar, loh.

Nabi Nuh menjalankan dakwah selama kurang lebih 950 tahun. Dakwahnya ini ditujukan kepada Bani Rasib. 

Nabi Nuh diutus oleh Allah SWT untuk mengajarkan tauhid. Namun sayangnya, beliau hanya mendapatkan 70 orang pengikut dengan tambahan keluarganya sendiri.

Karena mayoritas menolak untuk menyembah Allah SWT dan memeluk agama Islam, maka ditimpakan banjir bandang yang menenggelamkan mereka semua. Kisah singkat mengenai awal Nabi Nuh membuat bahtera raksasa yang menyelamatkannya ini, dimulai dari sini.

Info wajib baca: Kultum Singkat tentang Sedekah yang Bikin Semangat Tambah Pahala

Kisah Singkat Nabi Nuh

kisah nabi nuh singkat
Source: Islampos

Nabi Nuh hidup pada zaman yang jauh sebelum Islam dan bertugas menyampaikan agama Allah kepada umat manusia di masa itu. Pada masa itu, umat manusia hidup dalam keadaan yang sangat jahat dan tidak berakhlak.

Mereka menyembah berhala-berhala dan melakukan banyak perbuatan dosa. Nabi Nuh mengajak mereka untuk kembali kepada Allah dan meninggalkan dosa-dosa mereka.

Namun, umat yang mendapat dakwah darinya, lebih tepatnya Bani Rasib, pada masa itu tidak mengindahkan ajakan Nabi Nuh. Bahkan, mereka semakin lalim dan keras kepala.

Allah pun memberikan waktu kepada umat manusia untuk memperbaiki diri dan kembali kepada jalan yang benar. Namun, saat waktu yang telah ditentukan tiba, Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membangun sebuah kapal besar untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari banjir yang akan terjadi.

Nabi Nuh mematuhi perintah Allah dan membangun kapal tersebut. Ia juga meminta keluarganya dan orang-orang yang masih percaya padanya untuk bergabung dengan dirinya di kapal tersebut.

Namun, sebagian besar kaum Bani Rasib tidak mempercayai Nabi Nuh dan menolak ajakan untuk bergabung. Akhirnya, ketika banjir besar datang, kapal Nabi Nuh menjadi satu-satunya tempat perlindungan dan keselamatan.

Banjir yang dahsyat menghancurkan semua yang ada di tempat tersebut, termasuk umat-umat yang durhaka dan tidak mengindahkan ajakan Nabi Nuh. Setelah banjir surut, kapal Nabi Nuh akhirnya berlabuh di sebuah gunung dan Nabi Nuh keluar dari kapal bersama keluarganya, 70 pengikutnya, dan binatang-binatang yang dijinakkan.

Hikmah dan Pelajaran yang Bisa Diambil

Di balik cerita bagaimana asal mula Nabi Nuh membuat bahtera hingga beliau, keluarga, pengikut, hingga hewan-hewan yang naik selamat, tentunya ada hikmah dan pelajaran yang dapat diambil sebagai bentuk pembelajaran dan teladan untuk kita.

Nabi Nuh selalu memyampaikan dakwahnya dengan santun. Meski sudah berdakwah selama 950 tahun dan hanya sedikit yang ikut dengannya, Nabi Nuh tetap selalu bersyukur dan tak gentar menghadapi kezaliman kaumnya.

Beliau tetap berupaya untuk menyadarkan mereka bahkan sampai menjelang air bah datang. Kita mendapat hikmah tentang belajar bahwa kesabaran akan mengantarkan kita kepada kebaikan.

Kisah Nabi Nuh juga memberikan pelajaran tentang keberanian, kesabaran, dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan. Nabi Nuh tidak pernah putus asa dalam menyampaikan pesan Allah kepada umat manusia, meskipun ia ditolak dan dihina oleh banyak orang.

Ia tetap sabar dan teguh dalam membangun kapal, meskipun orang-orang di sekitarnya tidak mempercayainya. Dan ketika cobaan datang, ia tetap berpegang pada perintah Allah dan memperoleh keselamatan bersama keluarganya dan binatang-binatang yang dijinakkan.

Kisah Nabi Nuh juga memberikan pelajaran tentang kekuasaan dan kebijaksanaan Allah. Allah memberikan waktu kepada umat manusia untuk memperbaiki diri dan kembali kepada jalan yang benar.

Namun, saat waktu yang telah ditentukan tiba, tidak ada yang dapat menghentikan keputusan Allah. Banjir besar yang terjadi adalah tanda dari kemarahan Allah terhadap kejahatan dan kemusyrikan dari orang-orang yang menolak untuk kembali ke jalan yang benar.

Info wajib baca: Romantisasi Kisah Cinta Rasulullah dan Istrinya dalam Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah


Itu tadi adalah kisah singkat tentang Nabi Nuh dan bahtera raksasanya. Selain kisah Nabi Nuh, kisah-kisah dari ke 24 nabi lainnya nggak kalah menarik dan juga memberikan hikmah yang nggak kalah penting. Kamu mau kita bahas kisah singkat nabi siapa lagi, nih, guys? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare