...
liburan akhir tahun
5-min read

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

liburan akhir tahun

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu jadikan tujuan liburan akhir tahun nanti bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Menghitung hari menuju akhir tahun, banyak orang biasanya bersiap-siap untuk menikmati liburan akhir tahun. Persiapan tersebut biasanya seperti pemesanan tiket pesawat atau hotel sampai menyusun daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Mungkin, kamu juga termasuk di antara mereka? Bagi kamu yang berkeinginan berlibur tanpa harus meninggalkan Jakarta, kostmin punya solusinya.

Tentunya, hal ini dapat membantu kamu menghemat biaya dan waktu tanpa mengurangi keseruan liburan. Berikut adalah beberapa destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di liburan akhir tahun nanti.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Batang yang Populer | Wajib Kamu Kunjungi, nih!

Wisata di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

Lalu, apa saja destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun nanti? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

1. Liburan akhir tahun di Dunia Fantasi (Dufan)

liburan akhir tahun
Source: blibli.com

Sejak tahun 1985, Dunia Fantasi telah menjadi pionir theme park di Indonesia yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol. Dengan berbagai wahana menarik dan penuh tantangan, Dufan menyajikan pengalaman hiburan yang seru dan lengkap untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Bagi mereka yang ingin berlibur tanpa meninggalkan Jakarta, Dufan adalah pilihan tepat. Tempat ini tidak hanya menghemat biaya dan waktu, tetapi juga menawarkan keseruan yang tidak kalah menarik.

Tiket masuk Dufan sekitar Rp200.000 pada hari Senin-Jumat, dan Rp295.000 pada akhir pekan dan hari libur. Pengunjung juga memiliki pilihan untuk membeli tiket tahunan seharga Rp400.000, yang dapat digunakan untuk berkunjung ke Dufan setahun tanpa biaya tambahan.

Untuk mencapai destinasi ini dari Stasiun KRL, pengunjung dapat menggunakan angkot M15 atau M15A jurusan Tanjung Priok dan berhenti di gerbang wisata Ancol. Selain itu, bus Trans Jakarta koridor 1 dan 5, serta bus umum jurusan Ancol juga dapat membawa pengunjung ke lokasi.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

2. Seaworld Ancol

Terletak dekat dengan Dufan di Taman Impian Jaya Ancol, Seaworld Jakarta menawarkan pengalaman unik berjalan di bawah air dan berinteraksi dengan ribuan biota laut yang menakjubkan. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan menarik dari penyelam profesional.

Tiket masuk Seaworld Ancol berkisar antara Rp80.000 hingga Rp200.000. Seaworld dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Dengan lokasinya yang terkenal, pengunjung dapat menggunakan berbagai kendaraan umum. Seperti angkot, bus kota, bus Trans Jakarta, atau taksi untuk mencapai lokasi ini.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Siantar Hits dan Kekinian di Tahun 2023

3. Liburan akhir tahun di Pantai Ancol

Pantai Ancol yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu pantai tersibuk dan paling populer di kalangan wisatawan lokal dan internasional. Destinasi wisata ini memiliki lima pantai yang berbeda, seperti Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria, Pantai Elok, dan Pantai Indah.

Di sana pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini sepanjang garis pantai selama 500 meter. Meskipun terletak di kawasan padat penduduk, kebersihan Pantai Ancol tetap terjaga dengan baik.

Pengelola menyediakan area teduh, jogging track, toilet, food court, dan dermaga. Keunikan lainnya adalah, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini 24 jam nonstop tanpa biaya masuk.

Untuk mencapainya, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum. Seperti bus Trans Jakarta, bus umum, atau angkot jurusan Tanjung Priok atau Ancol.

Alamat: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

4. Taman Mini Indonesia Indah

liburan akhir tahun
Source: cnn Indonesia

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi wisata yang didirikan oleh mantan Ibu Negara yakni Ibu Tien Soeharto. TMII tidak hanya menawarkan miniatur budaya dari 33 provinsi di Indonesia, tetapi juga menyediakan berbagai wahana menarik.

Wahana menarik tersebut seperti Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, kereta gantung, Anjungan Daerah, SnowBay, Teater 4D, dan perahu angsa. Biaya masuk ke TMII berkisar antara Rp1.000 hingga Rp30.000 tergantung kendaraan yang digunakan.

Untuk menikmati wahana di dalamnya, pengunjung perlu membayar tambahan sekitar Rp10.000 hingga Rp180.000 per wahana. TMII buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB dengan jam operasional yang berbeda untuk setiap wahana.

Pengunjung dapat mencapai TMII dengan beberapa transportasi. Seperti kendaraan pribadi, sewaan, atau kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta, taksi, dan KRL.

Alamat: Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Liburan akhir tahun di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, di Jakarta Selatan, merupakan rumah bagi 295 spesies satwa. Selain memamerkan koleksi hewan, Ragunan juga menyediakan wahana edukatif seperti Pusat Primata Schmutzer, Dunia Orang Utan, dan Children Zoo.

Tiket masuk ke Ragunan terjangkau, sekitar Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Kebun Binatang Ragunan juga dilengkapi dengan arena bermain, toilet, dan mushola.

Pengunjung dapat mencapai Ragunan dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta koridor 6, turun di Halte Ragunan. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Magelang yang Cocok untuk Healing | Bikin Stres Langsung Hilang!

6. Monumen Nasional (Monas)

Saat menyebut Jakarta, yang mungkin terlintas adalah struktur tinggi dengan simbol api di bagian atasnya. Salah satu destinasi bersejarah di Jakarta Pusat adalah Monumen Nasional atau yang dikenal sebagai Monas. Kalau kamu tinggal atau kost di Jakarta, kamu mungkin akan sering bertamasya atau berolahraga di sini, nih.

Selain sebagai simbol ibu kota, monumen setinggi 132 meter ini juga berfungsi sebagai museum dan terdapat berbagai atraksi menarik bagi pengunjung Monas. Pengunjung tidak hanya dapat melihat sejarah Indonesia di dalamnya, tetapi juga menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas.

Untuk masuk ke dalam bangunan monumen ini, pengunjung perlu membayar sekitar Rp2.500. Monas beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 3 sore.

Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Gambir memudahkan akses kamu yang ingin berkunjung ke sana. Monas dapat dijangkau melalui KRL, kereta Komuter Jabodetabek, atau bus Trans Jakarta koridor 1 dengan rute Blok M-Kota.

Alamat: Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

7. Liburan akhir tahun di Museum Fatahillah

liburan akhir tahun
Source: orami

Museum Fatahillah merupakan destinasi bersejarah lain yang dapat ditemukan di Jakarta. Bangunan museum ini sebelumnya adalah kantor Gubernur Jenderal Batavia.

Selain menampilkan artefak sejarah kolonial, museum ini juga memiliki koleksi replika prasasti dan karya seni dari zaman kerajaan hingga masa kini. Museum Fatahillah buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore.

Tiket masuknya terjangkau, sekitar Rp5.000 per orang. Pengunjung dapat mencapai Museum Fatahillah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti mikrolet M12, M08, M15, taksi, atau bus TransJakarta koridor 1 dengan rute Blok M-Kota.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

8. Kawasan Blok M

Kalau kamu mau mencari tempat liburan yang lebih kekinian, kamu bisa mampir ke kawasan Blok M. Dipenuhi denngan tempat-tempat hangout baru, di sini kamu bisa berburu kuliner, nongkrong di cafe, hingga mencari buku.

Di sini juga terdapat M Bloc Space di mana kamu bisa menemukan tempat-tempat nongkrong yang estetik. Ada juga spot baca Taman Literasi yang bisa kamu sambangi, lho.

Alamat: Jalan Panglima Polim No.37, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

9. Jakarta Aquarium

Source: Traveloka

Selain Sea World, kamu juga bisa menikmati keindahan bawah air dengan mengunjungi Jakarta Aquarium. Merupakan akuarium terbesar di Indonesia, di sini kamu bisa menemukan 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik.

Tidak hanya menyaksikan hewan-hewan bawah laut, di sini kamu juga bisa menikmati edukasi satwa, 5D simulator, hingga pertunjukan mermaid, lho.

Alamat: Jakarta Aquarium, Jalan Letjen S. Parman No.106 3, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

10. Liburan akhir tahun di Pantai Indah Kapuk

Nah, di Pantai Indah Kapuk juga terdapat sederet tempat wisata yang bisa jadi destinasi liburan kamu, nih. Mulai dari Pantai Pasir Putih, Pantjoran Chinatown PIK, Urban Farm, hingga By The Sea ada di sini.

Selain tempat-tempat menarik dan estetik, di Pantai Indah Kapuk juga terdapat sederet kuliner yang siap memanjakan lidah.

Alamat: Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

Updated by Aziza


Itulah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir tahun di Jakarta. Destinasi wisata yang bisa memberikan kita pengalaman yang tak terlupakan.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare