...
wisata magelang
5-min read

7 Tempat Wisata Magelang yang Cocok untuk Healing | Bikin Stres Langsung Hilang!

wisata magelang

Intip beberapa rekomendasi tempat wisata Magelang berikut ini, yuk!

Kota Magelang di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi yang menjadi tujuan pariwisata karena memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi dari Magelang sendiri berada di jalur wisata Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Oleh karena itu, ada banyak wisata di Magelang yang bisa kamu nikmati, mulai dari alam hingga budaya. Salah satu wisata yang paling populer adalah Candi Borobudur dan candi-candi Budha lainnya yang membuat kawasan ini begitu dikenal dalam ranah wisata Jawa Tengah.

Lalu, apa saja, sih, tempat wisata di Magelang yang wajib untuk dikunjungi? Untuk lebih jelasnya, yuk, baca artikel ini sampai habis!

Info wajib baca: Memahami Pesan Moral dalam Legenda Candi Prambanan, Jangan Curang dan Tepati Janji!

Rekomendasi Tempat Wisata Magelang yang Cocok untuk Healing

Apabila kamu sedang berencana untuk menjelajahi tempat wisata di Magelang, ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan pilihan, nih. Berikut rekomendasinya yang cocok untuk healing dan bersenang-senang:

1. Punthuk Setumbu

wisata magelang
Source: tiket.com

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang lokasinya terletak di gugusan Bukit Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Dari tempat ini, kamu bisa melihat kemegahan Borobudur dari kejauhan dan menikmati sunrise dengan latar Gunung Merapi-Merbabu. Indah banget, deh!

Nama Punthuk Setumbu sendiri dari bahasa Jawa, yaitu punthuk yang berarti gundukan atau perbukitan, dan setumbu yang berarti tumbu. Maka, Punthuk Setumbu itu ibarat tempat nasi yang terbuat dari anyaman yang mana mirip dengan bentuk bukit itu sendiri.

2. OHD Museum

Kalau kamu anaknya seni banget, jangan lupa buat kunjungi OHD Museum Magelang. Museum ini adalah sebuah museum pribadi milik kolektor lukisan ternama bernama Oei Hang Djien (OHD).

Terdapat ribuan koleksi karya seni, mulai dari lukisan, pahatan, patung, seni instalasi, dan sebagainya di Museum OHD ini. Seni yang dipamerkan juga bukan hanya karya seniman-seniman besar di Indonesia, melainkan juga sebagai wadah bagi para seniman baru.

3. Candi Borobudur

wisata magelang
Source: sma13smg.sch.id

Siapa, sih, yang tidak tahu dengan Candi Borobudur? Salah satu candi termegah di dunia ini, dilengkapi dengan relief dan archa yang jumlahnya begitu banyak.

Kalau kamu ke sini, kamu harus menaiki anak tangga untuk sampai ke puncak dan melihat stupa yang besar. Stupa tersebut dikelilingi oleh 72 stupa lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Menariknya, Candi Borobudur juga sudah resmi dinobatkan sebagai warisan budaya UNESCO, lho. Selain itu, di kawasan candi ini kamu juga bisa mengunjungi 3 museum, yaitu Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI.

Kawasan Candi Borobudur dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Kamu juga harus siapkan biaya sekitar Rp25.000-Rp50.000 tergantung usia untuk membeli tiket masuknya.

4. Bukit Tidar

Bukit Tidar atau Gunung Tidar lokasinya berada tepat di tengah kota Magelang, Jawa Tengah. Selain sering dijadikan sebagai tempat wisata alam, bukit ini juga sering difungsikan untuk petilasan dan area pendidikan militer.

Bukit yang dalam legenda dikenal sebagai ‘Pakunya Tanah Jawa’ ini berada pada ketinggian 503 meter dari permukaan laut (mpdl). Di sini, kamu juga bisa melihat puluhan hingga ratusan spesies tanaman yang memesona.

Info wajib baca: Kaya akan Budaya, Berikut 5 Tempat Wisata di Bukittinggi

5. Air Terjun Kedung Kayang

Source: kompas.com

Air Terjun Kedung Kayang merupakan wisata air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan volume air yang cukup tinggi. Lokasinya ada di Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun tersebut, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 10-20 menit dari area parkir kendaraan. Meski kedengarannya melelahkan, tapi letihmu akan terbayar dengan keindahan pesonanya.

Di sini, kamu bisa berfoto dan bermain air di bawah guyuran air terjun. Pokoknya, seru banget, deh!

6. Svargabumi

Tempat wisata Magelang selanjutnya berada di daerah Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ini merupakan area persawahan yang letaknya nggak begitu jauh dari Candi Borobudur.

Menurut beberapa orang yang sudah pernah ke sana, Svargabumi sering kali dibilang mirip dengan wilayah Ubud, Bali. Di sini, kamu akan menemukan banyak spot foto yang sangat indah yang disertai dengan udara sejuk dan menyegarkan.

Menariknya lagi, di sini kamu juga bisa menikmati wahana ayunan ranjang atau floating breakfast di kolam renang. Buka dari jam 08.00-17.00 WIB, kamu harus membayar sebesar Rp15.000 sampai dengan Rp30.000 untuk tiket masuk ke Svargabumi.

7. Sungai Elo

Source: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Kalau kamu ingin mencari aktivitas wisata yang menantang adrenalin, bisa banget kunjungi Sungai Elo. Soalnya, di tempat wisata ini kamu bisa menjajal rafting atau arung jeram.

Sungai Elo sendiri adalah salah satu sungai terbaik untuk melakukan rafting di Magelang. Alasannya karena sungai ini memiliki arus deras, ombak tinggi, dan jeram yang begitu menantang.


Nah, itulah deretan tempat wisata di Magelang yang wajib untuk kamu kunjungi di saat ingin menghabiskan waktu liburan ataupun healing. Dari beberapa rekomendasi di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi, nih? Share di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare