...
lidah warna putih
5-min read

Ternyata Ini Penyebab Lidah Warna Putih dan Cara Mengatasinya

lidah warna putih

Kamu tahu kenapa lidah warna putih? Kalo belum, yuk simak informasinya di bawah ini!

Lidah warna putih adalah kondisi yang sering diabaikan yang mungkin tidak berbahaya. Namun, itu bisa menunjukkan bahwa ada jamur atau patogen lainnya di mulut kamu lho.

Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab paling umum lidah berwarna putih. Papila, benjolan kecil di lidah, dapat mulai membengkak dan meradang ketika mulut tidak dirawat dengan baik.

Info wajib baca: Kalender Tanggal Jawa November 2023, Panduan Menentukan Hari Baik Melaksanakan Hajat

Penyebab Lidah Warna Putih

lidah warna putih
Source: Kompas.com

Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa lidah warna putih, di antaranya:

1. Mulut yang kering jadi salah satu penyebab lidah warna putih

Mulut kering, juga disebut xerostomia, adalah ketika kelenjar ludah di mulut tidak mengeluarkan cukup air liur untuk menjaga mulut basah. Beberapa sumber mulut kering termasuk obat-obatan, usia, tembakau, dan kekurangan air liur.

Selain itu mulut kering juga dapat menyebabkan lidah berwarna putih. Bau mulut, sariawan, dan rasa sakit di lidah adalah gejala lain mulut kering.

2. Napas melalui mulut

Jika kamu bernapas melalui mulut, kamu dapat mengalami lidah berwarna putih karena mulut kamu kering. Bernapas melalui mulut tidak sama dengan bernapas melalui hidung.

Paru-paru lebih mampu menyerap oksigen karena hidung menghasilkan nitric oxide. Nilit oksida juga memiliki sifat antiparasit, antijamur, antivirus, dan antibakteri.

Dengan bernapas melalui mulut, jamur dan parasit langsung masuk ke mulut. Jamur dan parasit dapat menempel di lidah, membuatnya terlihat putih.

3. Dehidrasi jadi salah satu penyebab lidah warna putih

Diare, muntah, berkeringat, dan diabetes adalah beberapa penyebab dehidrasi, yang terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak air dan cairan daripada menerimanya.

Dehidrasi dapat menyebabkan lidah berwarna putih, dan tingkat dehidrasi rendah bahkan dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan sembelit. Dehidrasi kadang-kadang dapat terjadi karena alasan sederhana, seperti tidak minum cukup air.

4. Sariawan

Salah satu kondisi yang dapat membuat lidah tampak putih adalah sariawan oral, infeksi jamur yang disebabkan oleh ragi Candida. Ini menyebabkan bercak putih di mulut dan lidah.

Selain itu, sariawan oral dapat menyebabkan nyeri, terutama saat makan atau minum. Sariawan ini lebih mungkin ditemukan pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah. Penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk asma dapat menyebabkan sariawan oral. Risiko terkena infeksi meningkat karena kondisi medis tertentu, seperti diabetes.

5. Leukoplakia jadi salah satu penyebab lidah warna putih

Bercak putih tebal di mulut dan lidah disebut leukoplakia. Iritan seperti tembakau dan alkohol adalah penyebab utama leukoplakia, tetapi peradangan dan iritasi gigi palsu juga dapat menjadi penyebabnya.

Namun, bercak yang disebabkan oleh leukoplakia itu sendiri tidak berbahaya. Namun, untuk memastikan kondisi tidak semakin memburuk, seseorang harus mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin. Dalam kasus yang jarang, leukoplakia dapat berkembang menjadi kanker mulut.

6. Sifilis

Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan gejala di mulut. Jika tidak diobati, sifilis dapat menyebabkan bercak putih di lidah dan luka di mulut. Karena itu, sifilis harus diobati.

Infeksi sifilis disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui kontak seksual dan hanya dapat diobati pada tahap awal. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan, gangguan neurologis, dan bahkan kematian.

7. Oral thrush jadi salah satu penyebab lidah warna putih

Infeksi jamur pada mulut, juga dikenal sebagai oral thrush, adalah penyebab terakhir lidah berwarna putih. Wanita lebih rentan terhadap oral thrush dibandingkan pria.

Diabetes, kekurangan zat besi atau vitamin B, memakai gigi palsu, dan sistem kekebalan yang lemah akibat penyakit tertentu meningkatkan kemungkinan terkena oral thrush.

8. Oral lichen planus

Lichen planus oral dapat menunjukkan masalah dengan sistem kekebalan kamu. Sel limfosit T, yang bertanggung jawab atas proses peradangan, akhirnya menjadi aktif dan menyebabkan bercak putih pada lidah dan mulut.

Kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit pada gusi dan kemungkinan luka di sepanjang lapisan mulut sangat tinggi.

9. Lidah yang geografis

Lidah geografis tidak memiliki papila merah muda di permukaannya. Tidak ada garis putih di sekitar lidah geografis, yang membuatnya terlihat mulus dan licin. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan lidah kamu.

10. Kanker pada mulut

Kanker mulut terjadi ketika sel di bibir atau mulut mengalami mutasi DNA. Mutasi ini memungkinkan sel kanker untuk membelah dan berkembang biak, bukannya mati seperti sel sehat.

Penumpukan sel kanker mulut yang tidak biasa ini dapat menyebabkan tumor yang menyebar ke mulut, kepala, dan leher.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Lagu Tema Broken Home yang Menyayat Hati

11. Kanker lidah

Jenis kanker yang dimulai di sel-sel lidah biasanya dimulai dari sel skuamosa tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah.

Kesusahan menelan, nyeri yang tidak kunjung sembuh, penurunan berat badan, perdarahan pada mulut, bercak merah atau putih pada lidah, dan nyeri pada papila lidah adalah gejalanya.

Cara Mengatasi Lidah Warna Putih

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, maka kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi lidah yang berwarna putih itu, dengan cara:

1. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri yang membantu sistem pencernaan. Selain itu, probiotik juga dapat membantu menyeimbangkan lingkungan mulut dan menghindari lidah berwarna putih serta ragi infeksi dan bakteri jahat lainnya.

2. Rajin membersihkan lidah

Selain itu, mengerik lidah dengan lembut dari belakang ke depan dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang mengendap di mulut. Ada banyak cara untuk membersihkan lidah kamu.

Beberapa sikat gigi juga memiliki bagian untuk membersihkan lidah.

3. Bawang putih

Adanya senyawa organosulfur seperti allicin di bawang putih membuatnya memiliki sifat antimikroba yang kuat. Setelah dihancurkan, allicin akan diaktifkan dan dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi di mulut.

Tubuh dapat melawan infeksi Candida dengan makan bawang putih mentah.

4. Kunyit

Dengan sifat antimikrobanya, kunyit mengandung curcumin, yang menghentikan perkembangan patogen di mulut dan meningkatkan kesehatan mulut. Untuk membuat pasta, campurkan beberapa tetes jus lemon ke dalam setengah sendok teh bubuk kunyit.

Gosok lidah dengan lembut selama beberapa menit dengan jari atau sikat berbulu halus. Bilas mulut kamu dengan menggunakan air.


Nah itulah dia penyebab lidah warna putih, serta bagaimana cara mengatasinya. Selalu perhatikan kebersihan mulut dan gigi keluarga kamu ya, terutama anak-anak, untuk menghindari sakit gigi dan masalah gigi lainnya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare