...
list belanja bulanan
5-min read

List Belanja Bulanan untuk Anak Kost, Bisa Bikin Makin Hemat!

list belanja bulanan

List belanja bulanan yang hemat buat anak-anak kost dan tips biar jadi lebih hemat!

Saat baru ngekost, sering kali kita bingung terkait kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi. Alhasil, saat datang ke pusat perbelanjaan untuk mencari kebutuhan malah jadi planga-plongo karena bingung mau beli apa.

Saat belanja, tantangan lain yang perlu dihadapi adalah menyesuaikan dengan budget bulanan. Jangan sampai pada saat belanja, lalu kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan sehingga bikin overbudget dan bikin dompet makin boncos.

Nah, buat kamu yang baru ngekost dan bingung barang apa saja yang perlu dibeli, nggak perlu khawatir. Kostmin udah siapin contoh list belanja bulanan yang hemat untuk anak kos dan pastinya bakal membantu kamu mengatur keuangan dengan cerdas.

Siapa bilang hidup mandiri di tengah kota besar harus selalu membuat dompet menjerit? Yuk simak salah satu tips hemat anak kost ini dan buat hidupmu jadi lebih nyaman tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Fungsi List Belanja Bulanan

list belanja bulanan
Source: Okezone Economy

Sebelum mengetahui apa saja list bulanan hemat yang penting untuk dibelanjakan, perlu juga untuk mengetahui fungsinya, nih. Berikut ini sejumlah fungsi dari membuat list belanja bulanan untuk kesehatan finansial:

1. Pengelolaan anggaran

List belanja bulanan membantu kamu merencanakan pengeluaran dan mengatur anggaran keluarga dengan lebih efisien. Dengan mengetahui apa yang akan kamu beli dan berapa biayanya, kamu dapat menghindari pemborosan dan lebih mudah mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang lebih penting.

2. Pencatatan kebutuhan rutin

Dengan membuat list belanja bulanan, kamu dapat mencatat kebutuhan rutin seperti bahan makanan, produk kebersihan, dan barang konsumsi lainnya. Hal ini membantu kamu menghindari kekurangan persediaan di rumah dan memastikan kebutuhan sehari-hari selalu tercukupi.

3. Membandingkan harga dan kualitas

Fungsi lainnya saat membuat list belanja bulanan, kamu dapat membandingkan harga dan kualitas produk dari berbagai toko atau pasar. Dengan begitu, list ini akan membantumu memilih tempat belanja yang lebih ekonomis tanpa mengorbankan kualitas produk yang dibeli.

4. List belanja bulanan mengurangi impulsif belanja

Membuat list belanja bulanan membantumu tetap berfokus pada kebutuhan yang sebenarnya. Ketika kamu berbelanja tanpa rencana, ada kemungkinan besar kamu akan tergoda untuk membeli barang-barang impulsif yang sebenarnya tidak diperlukan. List belanja membantumu menghindari keputusan belanja yang tidak perlu.

5. Pengendalian persediaan

Suka merasa stok belanjaan di kost tiba-tiba habis? Nah, list belanja bulanan dapat membantumu mengontrol persediaan di kost selama satu bulan. Dengan mencatat apa yang telah dibeli setiap bulan, kamu dapat menghindari akumulasi barang yang berlebihan dan memastikan barang-barang tersebut terpakai dengan baik sebelum kedaluwarsa atau rusak.

6. List belanja bulanan menghindari lupa membeli

Membuat list belanja bulanan juga dapat menghindari lupa membeli barang yang diperlukan. Terkadang, saat berbelanja tanpa rencana, kamu bisa saja lupa membeli beberapa barang penting yang seharusnya dibeli.

7. Lebih efisien dan hemat waktu

Dengan memiliki list belanja bulanan, kamu akan lebih efisien dan hemat waktu saat berbelanja. Kamu tidak perlu berpusing-pusing lagi mencari apa yang harus dibeli, karena semuanya sudah tercatat dalam list belanja.

Info wajib baca: 5 Cara Menghemat Listrik Anti Boncos, Sudah Coba Semua?

Dengan memiliki list belanja yang terencana dengan baik, kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih bijaksana, menghindari pemborosan, dan mengatur anggaran rumah tangga dengan lebih efisien.

List Belanja Bulanan Hemat untuk Anak Kost

list belanja bulanan
Source: EcoRoots

Bikin list belanja bulanan nggak cuma penting buat orang-orang yang udah berumah tangga. Namun juga untuk para anak muda terutama yang ngekost bulanan, agar pengeluaran bulananmu terkendali jadi lebih hemat karena bisa menentukan apa-apa aja kebutuhan anak kost yang harus dibeli.

Buat bikin daftar belanjaan bulanan juga nggak ribet, kok! Kamu bisa taro beberapa kebutuhan di bawah ini ke daftar belanja bulananmu, apa aja?

1. List belanja perlengkapan kebersihan diri bulanan

Kalau kebutuhan yang satu ini, udah pasti wajib dibeli, ya! Karena kamu juga pastinya perlu untuk menjaga kebersihan dirimu juga. Barang-barang perlengkapan yang bisa kamu beli di antaranya sabun mandi, shampoo, pasta gigi dan sebagainya.

2. Skincare atau perlengkapan perawatan diri

Perawatan diri dan kosmetik seperti skincaremakeupbodycare dan peralatan makeup mungkin jadi hal wajib yang bisa masuk daftar belanja bulanan bagi sebagian orang, terutama perempuan.

Kamu bisa catat jenis skincare atau makeup yang ingin dibeli beserta kisaran harganya. Walaupun masuk ke dalam daftar belanja bulanan, baik skincare maupun makeup merupakan produk yang awet hingga dua sampai tiga bulan ke depan. Jadi nggak harus selalu tiap bulan dibeli.

3. Perlengkapan kebersihan kamar dan mencuci baju

Kebersihan kamar jadi salah satu hal yang utama bagi kamu yang ngekost bulanan. Mengingat kamar tersebut pasti kamu gunakan untuk beraktivitas dan tidur, akan lebih nyaman jika selalu terjaga kebersihannya.

Karenanya, sebagai anak kost, kamu wajib membeli peralatan bersih-bersih seperti, pembersih lantai, pembersih kamar mandi serta pengharum ruangan.

Nggak cuma kamar yang perlu dijaga kebersihannya, pakaian yang sudah pasti kita pakai sehari-hari selama 24 jam juga nggak kalah penting buat dijaga kebersihannya. Makanya, dalam daftar belanja bulananmu, masuki juga perlengkapan mencuci pakaian, ya!

4. List belanja bahan makanan bulanan

Yang ini juga jadi salah satu barang yang penting untuk masuk ke daftar belanja bulananmu. Bahan-bahan tersebut bisa berupa beras, sayur, mi instan, bumbu yang siap masak dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa, untuk membeli air galon untuk air minum kamu selama satu bulan. Sebaiknya, kamu mencatat bahan makanan apa saja yang harus kamu beli agar tidak ada bahan yang kelupaan untuk dibeli.

Info wajib baca: Nikmati Liburan Hemat di Jakarta: 7 Destinasi Wisata Gratis di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

5. Obat-obatan dan vitamin

Kebutuhan yang satu ini juga perlu kamu beli walaupun kamu punya imun tubuh yang kuat, tapi nggak ada salahnya juga, kan, buat jaga-jaga?

Kamu bisa membeli obat-obatan yang cukup umum seperti obat flu, obat sakit kepala, obat maag, obat diare, obat penyembuh luka dan obat-obat lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan minuman kesehatan seperti vitamin C atau vitamin A.


Gimana, udah bisa bikin list belanja bulanan sendiri? Siap-siap jadi pribadi yang lebih hemat dan mengurangi kebiasaan impulsifmu dengan bikin daftar belanja bulanan ini, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare