...
wisata gratis di jakarta
5-min read

10 Destinasi Wisata Gratis di Jakarta untuk Referensi Liburan Seru dan Hemat!

wisata gratis di jakarta

Mau wisata gratis di Jakarta? Datengin rekomendasi tempat ini, yuk!

Kamu mau liburan yang seru namun hemat biaya di Jakarta? Emang ada wisata gratis di Jakarta? Ada, dong!

Kota ini tidak hanya memiliki kehidupan perkotaan yang sibuk dan dinamis, tetapi juga menyimpan sejuta pesona tempat wisata gratis yang siap memikat hati kamu. Cocok banget untuk kamu yang mempunyai jiwa petualang dan ingin menjelajah berbagai sudut menarik di Jakarta.

Dalam artikel kali ini, Kostmin bakal kasih kamu bocorn destinasi wisata gratis di Jakarta yang wajib dikunjungi. Pas banget buat kamu yang mau liburan tanpa harus menguras kantong. Siap untuk menjelajah cantiknya ibu kota Indonesia? Ayo, kita mulai perjalanan ini sama-sama!

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

Wisata Gratis di Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi

Kata siapa kalau main di Jakarta pasti menguras kantong buat bisa ke tempat wisatanya? Nyatanya, masih ada tempat-tempat wisata yang gratis, lho, di kota metropolitan ini! Penasaran sama tempat wisata gratis apa aja yang ada di Jakarta?

1. Taman Menteng

wisata gratis di jakarta
Source: Sinergijakarta.com

Taman Menteng terletak di kawasan Menteng dan termasuk salah satu tempat wisata Jakarta Pusat yang gratis untuk dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk bersantai, berjalan-jalan, atau piknik dengan keluarga dan teman.

Kamu dapat menikmati pemandangan pepohonan yang hijau, fasilitas olahraga seperti jogging track dan lapangan basket, hingga arena bermain anak untuk kamu yang ingin menikmati waktu santai bersama keluarga. Taman ini juga sering menjadi tempat acara seni dan budaya yang menarik, lho.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan rumah kaca yang cakep banget di dalem taman ini. Cocok buat kamu yang mau cari udara segar di tengah hiruk-pikuk ibu kota.

2. Monumen Nasional (Monas), wisata populer di Jakarta

wisata gratis di jakarta
Source: PramborsFM

Monas atau Monumen Nasional adalah ikon kota Jakarta yang terletak di pusat kota, tepatnya ada di belakang Stasiun Gambir. Area kompleks Monas juga menjadi salah satu tempat di Jakarta yang bisa kamu kunjungi secara gratis, lho.

Meskipun ada biaya masuk untuk naik ke puncak Monas, kamu masih dapat menikmati keindahan monumen dan taman di sekitarnya tanpa mengeluarkan uang. Datang ke Monas, kamu bisa berjalan-jalan, bermain, atau bersantai sambil menikmati suasana kota.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Monas yaitu mengunjungi museum yang berada di bawa tugu Monas. Tak hanya sekadar jalan-jalan, melainkan bisa juga sekalian wisata sejarah, asyik banget, kan?

Jika hanya ingin menikmati waktu di area luar, kamu juga bisa menyewa sepeda listrik, onthel, atau skuter listrik untuk sekadar berkeliling area Monas. Kamu juga dapat menikmati pertunjukan musik atau seni budaya di area sekitar Monas pada hari-hari tertentu.

3. Galeri Nasional Indonesia, wisata gratis di Jakarta

wisata gratis di jakarta
Source: TribunnewsWiki.com

Kamu pencinta seni, atau anak seni banget, nih? Kalo gitu, tempat wisata gratis di Jakarta yang satu ini cocok buat kamu sambangi yaitu, Galeri Nasional Indonesia yang berlokasi di seberang pintu masuk Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Datang ke Galeri Nasional Indonesia kamu bakal menemukan banyak pameran mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar. Kalau mau liat pamerannya, kamu bisa booking tiket melalui laman web Galnas, ya.

Atau kamu juga bisa langsung tanya sama pengurus di sana terkait pameran apa aja yang lagi diadakan, nanti bakal dikasih tau, deh, mana pameran berbayar dan gratis, serta kapan waktu kamu bisa mengunjungi pameran-pameran tersebut.

4. Taman Ismail Marzuki

wisata gratis di jakarta
Source: Celebrities.id

Taman Ismail Marzuki, buat banyak anak-anak Jakarta khususnya yang tinggal di sekitar daerah Jakarta Pusat pasti udah nggak asing, deh, sama tempat yang satu ini.

TIM atau Taman Ismail Marzuki, adalah salah satu destinasi wisata gratis yang bisa kamu jadikan pilihan saat mencari tempat berlibur di Jakarta. Tempat ini sering digunakan sebagai venue untuk acara-acara seperti konser musik, pameran, teater, festival film, sampai workshop.

Nggak cuma tamannya, kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan di taman ini yang populer karena desain estetiknya. Anak muda Jakarta yang sudah tahu tepat ini pasti betah banget yang untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku atau mengerjakan tugas.

Info wajib baca: 9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Bikin Kamu Makin Suka Alam

5. Kota Tua Jakarta, wisata sejarah di Jakarta

kota tua
Source: Travel Kompas

Kota Tua Jakarta adalah sebuah kawasan bersejarah di Jakarta yang menawarkan banyak atraksi gratis. Kamu dapat mengunjungi area ini dan sekadar bersantai menikmati pemandangan Museum Fatahillah.

Ada banyak juga pedagang kaki lima yang berjualan, serta kamu juga bisa berfoto dengan orang-orang yang berdandan ala tokoh pahlawan Indonesia, sampai ke noni-noni Belanda zaman dulu.

Datang ke kawasan Kota Tua juga kamu akan menemukan Taman Fatahila, tempat yang bagus untuk bersantai atau menikmati acara seni dan budaya yang sering diadakan di sana. Kalau beruntung dan datang saat Museum Fatahillah dibuka, kamu bisa masuk untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah Jakarta.

Sekarang juga sudah ada museum yang dibuka secara terpisah di dekat taman Kota Tua ini yang beroperasi sampai pukul tiga sore. Cocok banget untuk kamu yang senang dengan wisata sejarah Jakarta.

6. Tebet Eco Park

tebet eco park
Source: Wisata Millenial

Nyari tempat wisata gratis yang deket sama stasiun? Tebet Eco Park jawabannya! Buat sampai ke tempat wisata ini, kamu nggak perlu merogoh kocek buat naik angkot atau ojek online, karena kamu bisa jalan kaki dari Stasiun Cawang!

Taman ini mempunyai banyak arena bermain anak dan juga fasilitas taman yang menarik seperti jembatan infinity yang estetik, TEP Plaza, Thematic Garden, dan Community Lawn di sisi Utara dan Kebun Bibit Existing di sisi selatan.

Nggak cuma itu, banyak juga spot-spot foto yang Instagramable di sini dan bisa kamu jadikan tempat mengabadikan momen. Nggak heran kalau banyak pengunjung yang datang dan berfoto sekaligus bersantai sembari piknik di taman ini.

7. Danau Setu Babakan, wisata air Jakarta

setu babakan
Source: Indonesia Kaya

Melipir ke ujung Jakarta Selatan, di sini ada salah satu wisata alam gratis yang bisa kamu kunjungi, yaitu Danau Setu Babakan. Danau ini terletak di daerah Srengseng Sawah, tepatnya di kawasan Kampung Betawi.

Waktu yang cocok buat kamu mampir ke sini adalah sore hari, pas lagi adem-ademnya, atau pagi hari buat sekadar jogging. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan wisata air lainnya yang bisa kamu coba seperti sepeda air, olahraga kano, dan tempat pemancingan.

8. Hutan Kota GBK

Source: Orami

Menikmati akhir pekan pastinya paling enak kalau memanjakan mata dengan pemandangan hijau, nih. Walau banyak diisi gedung perkantoran, namun Jakarta juga mempunyai sejumlah area hijau yang bisa dikunjungi.

Salah satu yang menarik dan menjadi andalan banyak orang saat ini adalah Hutan Kota GBK. Datang ke tempat ini, kamu bisa menikmati suasana yang tenang di tengah perkontaan dengan pemandangan gedung tinggi yang menjulang.

Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas di tempat ini mulai dari sekadar bersantai atau olahraga. Tempat ini juga menjadi pilihan yang cocok sebagai destinasi liburan keluarga atau bersama pasangan, lho.

9. PIK 2, wisata pantai gratis di Jakarta

wisata jakarta
Source: Berita Investor

Ingin menikmati momen pinggir pantai dengan pemandangan laut yang cantik secara gratis? Nah, kamu bisa datang ke kawasan Pantai Indah Kapuk 2 yang berada di Jakarta Utara.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari tempat ini adalah pasir pantainya yang berwarna putih. Tersedia juga berbagai macam fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati dengan membayar lebih jika ingin mendatanginya mulai dari kolam renang, cafe, restoran, dan destinasi wisata hutan mangrove.

Area pantai ini dibuka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai dengan 19.00 WIB. Dengan begitu, kamu jadi bisa menikmati suasana sore hari yang menenangkan lengkap dengan hempasan angin dan deru ombak yang membuat suasana jadi makin syahdu.

10. JPO kawasan Sudirman-Thamrin

Source: JawaPos

Sudirman-Thamrin merupakan kawasan yang sibuk dengan banyaknya aktivitas masyarakat di dalamnya. Kawasan yang kanan kirinya dipenuhi dengan gedung besar memberikan pemandangan perkotaan yang indah.

Nah, untuk menikmati pemandangan ini, kamu bisa mengunjungi sejumlah jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tersebar di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin. Adapun beberapa JPO estetik yang bisa kamu datangi antara lain JPO Dukuh Atas, JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelorang Bung Karno, JPO Bundaran HI, dan JPO Bundaran Senayan.

Kamu tentunya bisa berfoto-foto dan mengabadikan momen yang Instragramable dengan latar gedung-gedung besar Jakarta. Aksesnya pun mudah banget karena bisa menggunakan TransJakarta dan berhenti di salah satu JPO tersebut. Tenang saja, nggak ada tarif khususnya, kok!

Di-update oleh Muhamad Yoga


Nah, itulah sejumlah destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu datangi tanpa perlu mengeluarkan uang alias gratis! Nggak cuma wisata dalam kota, kamu yang mau liat tanaman hijau lebih luas lagi buat nyegerin mata, bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata kebun teh terdekat dari Jakarta berikut ini!

Apa kamu punya referesni tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi saat musim libur atau akhir pekan? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja! 

Cek Info Kost Favorit di Kota Kamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare