...
cara menghemat listrik
5-min read

5 Cara Menghemat Listrik Anti Boncos, Sudah Coba Semua?

cara menghemat listrik

Tagihan listrikmu kerap membengkak dan cenderung boros? Simak 5 cara menghemat listrik ini, yuk!

Menghemat listrik mestinya dapat dilakukan oleh semua orang. Selain infonya mudah didapat, ya, banyak juga manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan penghematan listrik. Salah satunya adalah melestarikan bumi dengan meminimalkan residu penggunaan listrik.

Di samping itu, tagihan listrik bulanan pun bisa lebih ditekan dengan berhemat. Alhasil, pengeluaran bulanan kamu jadi makin hemat, bahkan kelebihan uangnya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Buat kamu yang ingin melakukan penghematan, cek sejumlah cara menghemat listrik yang mudah untuk dilakukan. Selengkapnya cek artikel ini sampai habis, ya!

Info wajib baca: Ada 4 Promo Maret 2023 yang Bikin Pengeluaranmu Makin Hemat!

Mengapa Harus Menghemat Listrik?

cara menghemat listrik
Source: Shopee

Dalam kehidupan manusia, listrik sudah menjadi kebutuhan paling penting karena banyaknya aktivitas yang memakai tenaga listrik. Namun, masih ada yang tidak sadar telah boros dalam menggunakan listrik. Apakah termasuk kamu?

Buat yang masih boros, berikut empat alasan mengapa kamu harus mulai menghemat listrik:

1. Hemat biaya

Listrik bukan merupakan kebutuhan yang gratis. Setiap bulannya, pengguna harus membayar tagihan listrik sesuai dengan pemakaiannya. Makin besar penggunaan listrik, makin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan.  

Dengan berhemat, ada uang yang bisa ditabung atau dialokasikan untuk pengeluaran kebutuhan lain. Seperti untuk investasi masa depan, dana pendidikan, sedekah amal, biaya kesehatan, dan lain-lain.

Itulah mengapa cara menghemat listrik merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh setiap orang. 

2. Tarif listrik terus naik

Ketika generator dipaksa menghasilkan listrik lebih dari kapasitasnya karena penggunaan yang boros atau berlebihan, maka kinerja pembangkit akan lebih cepat mengalami kerusakan. 

Jika pemborosan terus dilakukan, pemeliharaan pembangkit akan semakin mahal dan berdampak pada kenaikan tarif listrik.

Selain itu, kerusakan pembangkit juga dapat berakibat kepada seringnya pemadaman listrik, lho. 

3. Sumber daya yang terbatas

Hingga kini sebagian besar listrik bersumber dari batu bara. Perlu diketahui, batu bara merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, alias bisa habis. Untuk bisa menghasilkan sumber daya ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, menghemat energi listrik termasuk salah satu upaya dalam menghemat persediaan sumber daya.

4. Menjaga kelestarian alam

Batu bara merupakan bahan bakar yang menyisakan limbah berupa emisi karbon. Sisa limbah tersebut tentu saja mencemari lingkungan. Semakin tinggi konsumsi batu bara, maka semakin tinggi juga emisi karbon dioksida (CO2) yang dapat merusak atmosfer bumi.

Listrik yang digunakan secara berlebihan dapat berakibat pada pemanasan global yang tentunya dapat mengancam kehidupan manusia dan juga makhluk lainnya di bumi. Dengan kamu melakukan penghematan listrik, maka kamu dapat ikut menjaga kelestarian alam, lho.

Info wajib baca: Unik dan Estetik! Berikut 5 Desain Dapur Sederhana Layaknya di Kampung!

Cara Menghemat Listrik di Rumah

cara menghemat listrik
Source: Chatnews

Cara menghemat listrik itu sebenarnya tidak sulit, lho, gaes. Kamu dapat memulainya dengan cara memperhatikan hal-hal kecil di rumah yang sebenarnya boros dan tidak diperlukan. Berikut adalah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik.

1. Cara menghemat listrik: Menyalakan lampu seperlunya

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menyalakan lampu seperlunya. Misalnya saat pagi hari atau siang hari kamu dapat mematikan lampu yang tidak diperlukan, dan memanfaatkan sumber cahaya matahari dengan membuka pintu atau jendela.

Lalu, bisa juga dengan hanya menyalakan lampu yang sedang kamu gunakan di suatu ruangan, jangan lupa untuk mematikan lampu ketika akan keluar dari ruang tersebut. 

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa lampu harus selalu menyala di malam hari, padahal tidak harus demikian. Nyalakan lampu seperlunya saja, misal lampu teras rumah atau dapur. 

Kemudian untuk lebih berhemat lagi, kamu juga bisa gunakan jenis lampu yang remang dengan daya listrik kecil untuk lampu tidur.

2. Matikan seluruh peralatan elektronik yang tidak dipakai

Cara ini sudah terbukti efektif untuk menghemat dan mengurangi tagihan listrik. Matikanlah semua perangkat elektronik yang tidak dipakai di rumah, kamu bisa memulainya dari memperhatikan peralatan-peralatan elektronik kecil yang kadang tidak dipakai tapi masih teraliri listrik.

Salah satu caranya yaitu dengan mencabut kabel-kabel yang sedang tidak digunakan tapi masih mencolok ke stop kontak seperti charger laptop, ponsel, kipas angin, dan lain-lain.

3. Menyalakan AC secukupnya

Kamu sering menggunakan AC? Jika sering, sebaiknya mulailah untuk gunakan secukupnya dan pada kondisi-kondisi tertentu saja. Seperti saat cuaca sedang panas terik atau memang kamu membutuhkan AC untuk menjaga suhu ruangan tetap lembap ketika sedang memakai komputer dan laptop.

Selain kondisi itu, kamu dapat menggunakan ventilasi atau jendela agar mendapatkan suasana segar yang alami sehingga mengurangi penggunaan AC. Kamu juga bisa menggunakan kipas angin dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit.

4. Meminimalisasi penggunaan dispenser

Pemanas air dan pendingin dispenser memang lebih mudah dan praktis. Tapi, penggunaannya membutuhkan energi listrik yang banyak, lho. 

Sebaiknya kamu pertimbangkan lagi penggunaan dispenser jika hanya untuk membuat secangkir kopi. Untuk cara lebih hemat, kamu dapat memasak air dengan kompor untuk membuatnya. Jika butuh air dingin, simpan air dalam kulkas sehingga tidak butuh alat elektronik tambahan seperti dispenser.

Info wajib baca: Token Listrik Gratis? Simak Syarat dan Ketentuan, Cara Mendapatkan, serta Faktanya di Sini!

5. Cara menghemat listrik: Batasi penggunaan alat elektronik berdaya tinggi

Nah, cara menghemat listrik yang terakhir bisa kamu lakukan dengan membatasi atau mengurangi penggunaan peralatan elektronik berdaya tinggi. Mengganti perangkat elektronik dari yang berdaya tinggi menjadi alat berdaya rendah sebenarnya sangat dianjurkan. 

Sekarang pun ada banyak perangkat berteknologi canggih yang lebih hemat. Misalnya lampu LED yang memiliki daya lebih rendah dibandingkan lampu biasa. Selain itu, lampu LED mampu bertahan hingga tujuh tahun sehingga kamu tidak perlu sering mengganti lampu. 

Terdapat peralatan elektronik hemat listrik lainnya yaitu seperti kulkas, mesin cuci, AC safe energy, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu belum ada biaya untuk mengganti ke peralatan elektronik yang lebih hemat, maka biasakan untuk membatasi penggunaan perangkat elektronik yang ada di rumah. Kamu dapat lakukan dengan mengatur timer pada AC, menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, mengatur suhu kulkas di level low, dan lain-lain.


Itulah 5 cara menghemat listrik yang dapat kamu lakukan di rumah. Yuk, mulai biasakan menghemat listrik agar dapat memperoleh manfaat. Terutama biar bisa lebih hemat pengeluaran tagihan listrik. Apakah kamu punya tips atau cara lainnya? Boleh banget drop di kolom komentar, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare