...
5-min read

6 Makanan Khas Bali Wajib Coba, Enak dan Terjangkau

Sedang berkunjung ke Pulau Dewata? Makanan khas Bali ini tidak boleh kamu lewatkan!

Pulau Bali, tempat yang cocok untuk berlibur masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Tak hanya memiliki destinasi wisata yang indah, pulau ini juga memiliki makanan khas yang menggugah selera. Dengan rempah-rempah yang beragam, makanan khas Bali menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung.

Tidak hanya daging babi, kamu juga bisa mencoba makanan halal yang aman untuk dimakan masyarakat Muslim. Penasaran? Baca sampai habis, ya!

Makanan Khas Bali

Memiliki cita rasa yang khas, berikut sejumlah rekomendasi makanan Bali yang enak dan bisa kamu cari di mana saja:

1. Makanan khas Bali: Sate Lilit

Sate Lilit Bali, siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini? Hidangan yang menggunakan bahan dasar daging ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari kata “lilin” dalam bahasa Bali yang berarti melilit atau membalut. Nama sate lilit sendiri merujuk pada cara pembuatannya, yakni daging cincang yang dililitkan pada batang serai atau bambu.

Makanan ini memiliki cita gurih pedas yang membuatnya menjadi makanan favorit banyak orang. Makanan ini pun mempunyai beberapa variasi seperti menggunakan daging babi, ikan, sapi, maupun ayam cincang dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kemiri, lengkuas dan cabai. Setelah dibumbui, daging cincang dililitkan pada batang serai atau bambu sehingga membentuk stik kecil.

Seperti sate pada umumnya, sate lilit biasanya dimasak menggunakan arang sebagai bahan bakar agar dapat memberikan aroma asap yang khas saat dipanggang. Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan saus kacang atau sambal matah sebagai pelengkap.

Info wajib baca: Makanan Khas Kalimantan Utara, Dari yang Asin Hingga Manis

2. Makanan khas Bali: Babi Guling

makanan khas bali
Source: Pos Flores

Babi Guling merupakan hidangan favorit para masyarakat Bali. Daging babi dimasak dengan cara tradisional menggunakan daging babi utuh yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, serai, daun jeruk purut, kemiri, dan merica. Lalu daging tersebut dipanggang di atas arang sambil terus diberikan air dengan aroma rempah selama beberapa jam.

Setelah matang, daging babi akan terlihat berwarna cokelat karamel dari luar. Bintang dari hidangan ini adalah kulitnya yang renyah dan garing, sementara dagingnya tetap juicy serta penuh cita rasa rempah. Umumnya, masyarakat Bali mengonsumsi Babi Guling bersama nasi putih panas atau nasi kuning. Tidak lupa juga sayur-sayuran segar seperti plecing kangkung sebagai pendamping.

Babi Guling sendiri telah menjadi bagian dari budaya kuliner Bali selama bertahun-tahun dan merupakan salah satu hidangan ikonik dari Pulau Bali. Maka dari itu, bagi kalian yang bisa memakan daging babi, cobalah hidangan yang satu ini saat berkunjung!

3. Nasi Campur Bali

Source: Guinness Bir Hitam

Selanjutnya, ada Nasi Campur Bali yang merupakan makanan khas Bali wajib coba saat berkunjung. Seperti namanya, nasi campur ini merupakan kombinasi dari berbagai macam lauk-pauk dan sayuran yang disajikan dengan nasi putih hangat yang membuatnya semakin lezat.

Salah satu ciri khas hidangan ini adalah kuah kaldu ayam atau babi yang begitu gurih. Kuah kaldu yang dihidangkan pada nasi campur memberikan sentuhan lezat pada hidangan dan membuatnya semakin gurih dan membuat ketagihan. Tak hanya itu, dalam nasi campur ini juga terdapat juga potongan daging babi panggang, sate lilit, tum ayam, lawar hijau, serta variasi lauk lainnya.

Nasi Campur memiliki penyajian yang berbeda-beda, tergantung tempat makan yang kamu kunjungi. Ada yang menambahkan bumbu kacang orak-arik sebagai pelengkapnya, ada pula yang menyediakan sambal matah pedas untuk memberikan sensasi pedas segar. Namun kamu bisa memilih sendiri lauk apa saja yang ingin kamu nikmati.

4. Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu Bali adalah salah satu makanan khas Bali yang terkenal dan sangat dicari oleh wisatawan. Hidangan ini dimasak dengan bumbu khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang atau direbus, yang membuatnya wangi.

Makanan yang satu ini menggunakan bumbu yang harus diolah secara tradisional dan dibiarkan meresap dalam daging ayam selama beberapa jam. Maka dari itu makanan ini memerlukan proses yang panjang untuk menyajikan hidangan ayam yang satu ini. Adapun bumbu utama dari Ayam Betutu ini antara lain bawang putih, bawang merah, cabai rawit, jahe, kunyit, kemiri, serta rempah-rempah lainnya.

Biasanya Ayam Betutu yang gurih dan juicy ini dimakan bersama nasi putih hangat serta sayuran segar seperti plecing kangkung atau urap yang menjadikannya hidangan sehat. Bagi kalian yang tidak bisa mencoba hidangan daging babi, maka Ayam Betutu bisa menjadi alternatif.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Cilegon, Dijamin Bikin Ketagihan!

5. Tum Ayam Bali

Tum Ayam Bali terbuat dari daging ayam yang dihancurkan dan dicampur dengan rempah-rempah tradisional seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, daun jeruk purut, serai, gula kelapa, serta garam dan lada. Dengan rempah-rempah yang beragam, tak heran apabila Tum Ayam memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

Tum ayam melewati berbagai proses dalam pembuatannya. Daging ayam dihancurkan, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang sempurna. Cara memasaknya inilah yang membuat tum ayam memiliki aroma harum khas daun pisang yang membuat siapapun yang lewat penasaran untuk mencoba.

Tekstur daging ayam yang lembut dipadukan dengan rasa rempah-rempah serta tambahan kelapa parut menjadikan hidangan ini menggugah selera. Adapun Tum Ayam Bali biasanya dimakan sebagai pendamping dalam hidangan nasi campur. Hidangan ini juga dinikmati sebagai menu utama bersama dengan nasi putih dan sayuran segar. Apabila kamu pecinta pedas, wajib untuk mencoba hidangan yang satu ini!

6. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo adalah makanan yang terdiri dari nasi putih, ayam atau ikan goreng, sambal pedas, dan krupuk. Hal yang menarik dari hidangan ini yaitu disajikan dalam bungkusan daun pisang kecil yang memuat semua komponennya.

Nasi yang hangat serta rasa pedas dari sambal yang meresap sempurna ke dalam daging ayam atau ikan goreng yang gurih dijamin akan membuat ketagihan. Tak hanya itu, tekstur renyah dari krupuk membuat setiap suapan menjadi nikmat.

Untuk kamu yang lapar namun ingin hidangan yang murah meriah, nasi ini dijual sebagai makanan jajanan pinggir jalan di Bali. Penjual biasanya menjual beberapa bungkus Nasi Jinggo untuk disajikan kepada pelanggan dengan cepat dan mudah dibawa pulang atau dimakan di tempat. Selain murah, hidangan ini juga praktis untuk dimakan.

Nasi Jinggo umumnya dijual dari harga Rp. 7.000 hingga Rp. 20.000. Harganya yang terjangkau serta praktis untuk dimakan membuatnya cocok bagi para anak kos, backpacker, maupun traveller.


Itulah makanan khas Bali yang wajib kamu coba. Sudah pernah berkunjung atau mencicipi makanan khas Pulau Dewata? Tinggalkan jejak di kolom komentar ya!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare