...
6 makanan khas ciamis asal Jawa Barat
5-min read

6 Makanan Khas Ciamis, Sayang Kalau Tidak Mencoba

6 makanan khas ciamis asal Jawa Barat

Ada rekomendasi makanan khas Ciamis, Jawa Barat yang bisa kamu coba saat berada di sana, nih.

Kamu lagi berkunjung ke Ciamis? Jangan lupa ya untuk mencoba makanan khas dari Ciamis yang tentunya pasti enak.

Akan ada sederet menu makanan yang harus kamu cicipi, mulai dari makanan yang ringan sampai yang berat. Jadi, pilihlah makanannya sesuai keinginanmu ya.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Makanan khas Purwakarta yang Wajib Dicoba | Ada Sate Maranggi sampai Kerupuk Miskin

6 Makanan khas Ciamis yang Perlu dicoba

Ciamis adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki beragam makanan khas. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas asal Ciamis yang bisa kamu coba:

1. Nasi Tutug Oncom

Ini adalah hidangan khas Ciamis yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom, sejenis makanan tradisional dari biji kedelai yang difermentasi.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Nganjuk | Pernah Coba Kerupuk Upil?

2. Soto Ciamis

Makanan yang khas dari daerah ini adalah kuah sotonya yang biasanya berwarna merah karena menggunakan bumbu kacang dan cabai. Daging yang digunakan bisa berupa ayam, sapi, atau daging lainnya, dan disajikan dengan lontong atau ketupat.

6 deretan makanan khas Ciamias
Source: Tribunnews.com

3. Mie Kocok

Mie kocok adalah mie rebus yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental. Kuahnya biasanya diberi tambahan daging sapi rebus, taoge, tahu, dan daun seledri. Rasanya gurih dan nikmat.

4. Jenang Ciamis

Menu ini adalah sejenis bubur khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan. Jenang Ciamis memiliki varian rasa dan variasi tambahan seperti kacang hijau, kelapa parut, dan gula merah.

5. Ayam Goreng Ciamis

Ayam goreng khas Ciamis sering diolah dengan bumbu khas yang membuatnya berbeda dari ayam goreng di tempat lain. Biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

6. Kue Getas

Source: fimela.com

Ini adalah cemilan tradisional khas Ciamis. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang tipis dan renyah, biasanya diberi taburan gula atau kelapa parut.


Itulah penjelasan mengenai makanan ciri khas Ciamis, Jawa Barat yang bisa kamu nikmati mulai sekarang. Cobalah untuk mulai menyukai makanan ciri khas dari daerah asal Indoensia karena dengan begitu kamu jadi tahu bahwa masing-masing daerah punya makanan khasnya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare