...
makanan khas nganjuk
5-min read

7 Rekomendasi Makanan Khas Nganjuk | Pernah Coba Kerupuk Upil?

makanan khas nganjuk

Nganjuk mempunyai sejumlah makanan khas yang menggugah selera. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Berlibur ke daerah Jawa Timur tentunya nggak cukup hanya dengan mendatangi Malang dan Surabaya. Untuk para sobat traveling, kamu juga bisa mengunjungi daerah lainnya yang nggak kalah menarik, salah satunya adalah Nganjuk.

Nganjuk merupakan kota di Jawa Timur yang mempunyai berbagai macam makanan khas lezat dan menggoda. Jika datang ke sini, lidahmu pastinya bisa terpuaskan dengan mencicipi berbagai macam makanan tradisional yang menggugah selera.

Penasaran apa saja kuliner nikmat yang bisa kamu nikmati di kota Nganjuk? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini. Simak sampai habis, ya!

Rekomendasi Makanan Khas Nganjuk Wajib Coba

makanan khas nganjuk
Source: Akurat.co

Makanan khas Nganjuk mempunyai cita rasa khas dengan tekstur dan bentuknya yang unik. Berikut ini beberapa makanan yang wajib kamu coba:

1. Nasi Becek

Nasi Becek merupakan makanan khas Nganjuk pertama yang bisa kamu coba. Makanan ini memiliki penampilan khas dengan nasi yang lembek karena guyuran kuah santan menyerupai gulai yang melimpah.

Sebagai tambahannya, nasi becek juga menggunakan daging kambing yang dimasak sampai empuk. Selain itu, ada juga campuran jeroan seperti babat. Rasanya pun dominan manis alih-alih gurih layaknya gulai.

Nasi Becek sering disajikan dengan sambal tomat yang pedas dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Info wajib baca: 8 Minuman Khas Jawa Timur yang Populer | Menyegarkan dan Banyak Khasiatnya

2. Sego Banting, makanan khas Nganjuk dengan nama unik

Buat kamu yang bertanya-tanya apakah nasi ini sering dibanting karena namanya “Sego Banting”, maka jawabannya adalah benar! Kok bisa min? Ya, konon, penjual makanan ini sering kali membanting nasi ini sehingga dinamakan sego banting

Sego banting adalah hidangan berbahan dasar nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pauk dan sambal. Tampilannya pun sangat mirip dengan nasi kucing yang biasa dengan mudah kamu temui di angkringan

Buat kamu yang mencari makanan darurat sebagai pelipur lapar, maka sego banting bisa menjadi salah satu yang kamu andalkan, nih. Tertarik mencobanya?

3. Sate Kenul

Selain Madura, Nganjuk juga punya salah satu jenis sate-satean yang wajib kamu coba. Adapun namanya adalah sate kenul yang menjadi makanan khas Nganjuk,

Sate Kenul adalah sajian yang menggugah selera yang terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan parutan kelapa muda, cabai rawit, dan gula pasir. Daging kambingnya kemudian dipanggang hingga matang di atas bara api.

Tekstur daging kambing pada sate kenul pun cenderung lembut. Sementara itu, kelapa muda yang diolah pada makanan ini memberikan tekstur yang unik saat dikunyah di mulut.

Nah, soal rasa, hidangan ini menciptakan perpaduan manis dari kelapa muda dengan rasa pedas dari cabai rawit dan gurih dari daging kambing. Sate kenul sering disajikan dengan sambal kecap manis dan lontong yang lembut.

4. Dumbleg, makanan khas Nganjuk

Source: Metara News

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, pastinya belum begitu familiar dengan kuliner satu ini. Dumbleg adalah makanan khas Nganjuk berupa campuran singkong yang direbus, dihaluskan, dan dicampur dengan gula merah, santan, dan garam.

Selanjutnya, adonan kemudian dibentuk menjadi bulat dan dikukus hingga matang. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal dari singkong yang diolah bersama dengan gula merah dan santan.

Soal rasa, dumbleg akan memanjakan lidah kamu dengan cita rasa manis dari gula merah yang tercampur dengan gurihnya santan. Sensasi kenyal dari singkong pun membuatnya semakin nikmat. Biasanya, makanan ini disajikan dengan teh hangat untuk menemani waktu santai.

5. Kerupuk Upil

Walaupun namanya cukup aneh, namun kerupuk Upil adalah camilan nikmat dan sering ditemui di Nganjuk. Terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng hingga menjadi renyah, kerupuk upil mempunyai ukuran yang kecil dan tipis, menjadikannya camilan yang sempurna saat kamu ingin mengganjal perut di antara makanan berat.

Adapun rasa dari camilan ini yaitu cenderung gurih karena berasal dari tepung beras. Hidangan satu ini juga bisa kamu nikmati sebagai lauk pendamping saat makan.

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi | Pesona Alam dan Sejarah Tersembunyi di Jawa Timur

6. Tepo Mbah Umbruk, makanan khas Nganjuk mirip lontong

Tepo Mbah Umbruk adalah hidangan khas yang terdiri dari tepo, yang mirip dengan lontong. Hidangan satu ini kemudian diisi dengan berbagai sayuran seperti tauge, kol, dan kacang panjang.

Makanan ini juga memiliki tekstur lembut dari tepo dan berpadu dengan tekstur renyah dari kerupuk yang biasanya disajikan bersama.

Tepo Mbah Umbruk memberikan rasa gurih dari sayuran yang segar, dan sentuhan pedas dari sambal tomat yang pastinya akan menggugah selera makanmu. 

7. Nasi Jagung Sedudo

Terakhir, ada Nasi Jagung Sedudo yang menjadi salah satu makanan khas nikmat di Nganjuk.  Hidangan ini menggunakan bahan dasar nasi jagung yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. 

Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa gurih dan sedikit manis dari nasi jagung. Makanan ini tentunya jadi makin sempurna dengan sambal tomat yang pedas dan kerupuk yang dapat memberikan rasa renyah.


Nah, itulah sejumlah makanan khas Nganjuk yang wajib kamu coba saat mendatangi tempat ini. Tertarik untuk mencicipi salah satunya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare