...
makanan khas depok
5-min read

12 Makanan Khas Depok yang Wajib Dicoba, Murah tapi Ngeyangin!

makanan khas depok

Warga asli Depok, apa makanan khas Depok yang kamu suka?

Saat kamu sedang mampir atau mungkin memilih tinggal di kost Depok, jangan lupa ada kuliner lezat yang wajib kamu cicipi. Kota populer di Jawa Barat ini bakal bikin wisata kulineran kamu semakin seru. Banyak makanan khas yang unik dan mungkin aja kamu belum pernah coba sebelumnya.

Nah, untuk mencari makanan khas ini, kamu bisa menyusuri jajanan pinggir jalan, pusat perbelanjaan, serta area sekitar kampus. Kuliner kekinian ini juga punya cita rasa yang nggak tertandingi. Menurut kamu ada apa aja, nih?

Info Wajib Baca: 12 Cafe di Bogor yang Murah dan Bagus, Cocok untuk Nongkrong Bareng Bestie

Rekomendasi Makanan Khas Depok yang Wajib Dicoba

Buat kamu pencinta kuliner, yuk cek rekomendasi makanan khas Depok yang wajib kamu coba di bawah ini! Rasanya bikin nagih dan paling penting harganya murah meriah.

1. Rujak cireng

Source: Liputan6.com

Rujak cireng menjadi makanan khas di berbagai daerah di Jawa Barat, termasuk Depok. Jenis makanan ini agak berbeda dari cireng pada umumnya. Kamu bisa menemukan sajian bumbu rujak yang terbuat dari gula merah dan cabai.

Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih, seperti oncom, pedas, hingga keju. Bumbu rujak sebagai andalan untuk cocolan rujak cireng ini. Siap-siap menikmati perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas yang bikin ketagihan.

2. Peyek gale

Source: Astronauts.id

Terkenal karena bentuknya yang mirip seperti kue kembang goyang khas Betawi, peyek gale dari Depok wajib kamu cobain. Kalau kembang goyang memberikan rasa manis, peyek gale ini punya rasa gurih dengan varian rasa atau topping.

Peyek gale ini terbuat dari tepung beras dan bumbu khas. Biasanya diberi isian kacang, rebon, hingga bayam. Teksturnya yang renyah, cocok banget kamu nikmati dengan nasi dan lauk lainnya.

3. Nastar belimbing

makanan khas depok
Source: Liputan6.com

Dari berbagai julukan, Depok juga dijuluki sebagai Kota Belimbing, lho. Soalnya, di sini kamu akan mudah menemukan banyak pohon belimbing. Ada beberapa rekomendasi kuliner olahan belimbing yang kudu kamu cobain, salah satunya adalah nastar belimbing ini.

Untuk menikmati makanan khas Depok ini, kamu nggak perlu merogoh kantong dalam. Misalnya saja per boks nastar belimbing bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp45 ribu. Ramah banget di kantong, kan?

4. Tempe cokelat

Source: Store.sirclo.com

Selanjutnya ada tempe cokelat yang nggak boleh kamu lewatkan. Awal pertama kali mencobanya mungkin rasanya terasa asing, tapi perpaduan tempe dan cokelat bikin kamu bisa menikmati kuliner unik.

Tempe cokelat banyak dicari banyak orang yang berkunjung ke salah satu kawasan di Jawa Barat. Makanan ini juga dijuluki pechoc (singkatan tempe chocolate) dan biasanya diproduksi oleh UMKM Depok. Per bungkusnya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp12 ribu saja.

5. Bakso comberan

makanan khas depok
Source: Tribunnews.com

Sudah ada sejak tahun 1995, kamu pernah cobain bakso comberan saat mampir ke Depok? Memang namanya terdengar aneh, tapi rasanya nggak boleh kamu ragukan.

Menariknya, bakso ini disajikan dengan kuah berwarna hitam. Cita rasa gurih dan nikmat bikin kamu semakin lahap saat menikmatinya. Warna kuah yang hitam atau kecokelatan berasal dari penggunaan kluwek dalam pengolahannya.

Nggak perlu khawatir saat menyantapnya! Bakso comberan dicampur juga dengan sayap, ceker, dan tulang ayam. 

6. Perkedel bakar

makanan khas depok
Source: Detik.com

Biasanya pasti kamu menemukan perkedel goreng. Di kota Depok, kamu bisa mencicipi perkedel bakar. Olahan ini memang dimasak dengan cara beda dari lainnya. Perkedel yang dibakar atau dipanggang akan memberikan rasa smoky atau asap yang sangat khas.

Olahan perkedel ini dicampur dari olahan daging, cengkih, dan lada. Aromanya bakal menggugah selera kamu, deh!

7. Biskuit Temma

Source: Pesonanusantara.co.id

Biskuit yang terbuat dari tempe dan kurma ini biasanya dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Depok. Biskuit temma paling lezat dinikmati saat sore hari, apalagi ditemani secangkir teh hangat.

Olahannya terdiri atas tepung terigu dan tepung tempe. Teksturnya serupa dengan biskuit pada umumnya. Jadi, kamu nggak akan merasa aneh ketika mencicipinya.

Bedanya cuma biskuit ini berisi selai kurma manis. Kalau kamu cari camilan yang bergizi dan murah, bisa banget coba Biskuit Temma!

Info Wajib Baca: 10 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba, Harga Mulai 10 Ribu!

8. Dodol jambu merah

makanan khas depok
Source: Kumparan.com

Nggak hanya dodol dari olahan belimbing saja, kamu harus beli dodol jambu merah ketika mampir ke Depok. Dodol yang menggunakan bahan jambu merah atau jambu biji ini sama enaknya.

Jambu merah mudah banget dijumpai di kota ini. Nggak heran dijadikan bahan untuk membuat dodol. Per box dodol jambu merah bisa kamu beli dengan harga Rp20 ribu.

9. Jus lidah buaya

Source: Detik.com

Jus lidah buaya termasuk dalam kuliner khas Depok yang banyak dicari orang, nih. Selain belimbing dan jambu merah, biasanya Depok juga dijadikan tempat budidaya tanaman lidah buaya.

Varian jus ini dibuat dengan bahan utama lidah buaya yang dicampurkan dengan madu atau gula pasir. Per botolnya bisa kamu beli hanya dengan Rp7 ribu.

10. Jus rumput laut

makanan khas depok
Source: iStockphoto.com

Selain jus lidah buaya, ada jus rumput laut yang banyak ditemukan di kota ini. Cocok banget buat kamu yang ingin nyegerin leher saat haus, apalagi bermanfaat juga mencegah panas dalam.

Kebanyakan varian jus rasa ini dijual dalam kemasan botol. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp7 ribu saja untuk per botolnya.

11. Selai belimbing

makanan khas depok
Source: tokopedia.com

Pasti kamu sudah nggak asing dengan selai berbahan dasar nanas atau stroberi, kan? Nah, Depok punya sesuatu yang berbeda dan belum banyak yang tahu, yaitu selai belimbing. Selai ini memiliki rasa yang sangat segar namun masih cocok untuk dimakan bersama dengan roti tawar.

FYI, ini merupakan solusi para masyarakat Depok untuk mengatasi kelimpahan belimbing. Biasanya, belimbing mudah membusuk kalau nggak segera habis dimakan. Tetapi, hal tersebut tidak akan terjadi lagi karena setelah diolah menjadi selai, dapat bertahan lebih lama dan nilai ekonominya meningkat.

Harganya juga terjangkau banget, kok, yaitu mulai dari Rp20 ribuan saja per kalengnya. Yuk, cobain!

12. Es selendang mayang

Source: inews.co.id

Kuliner Depok juga memiliki pengaruh dari kebudayaan Betawi yang khas dengan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah es selendang mayang yang segar dan gurih dari santan.

Kalau kita telaah dari namanya, kuliner Depok ini memiliki arti, yaitu mayang yang berarti sesuatu yang indah atau cantik yang berasal dari tiga warna pudding seperti merah, putih, dan hijau. Kemudian, nama selendang yang diambil dari tekstur pudding lembut hingga bisa digoyangkan dalam campuran es ini dengan bentuk yang lebar seperti selendang.

Dalam satu porsi es selendang mayang disajikan dengan campuran sirup, santan, gula merah, dan es batu atau es serut. Kamu pun bisa mencicipinya hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp15 ribuan saja. Selain nyegerin juga murah banget!

Updated by Faniditya R.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Depok yang bisa kamu coba ketika mampir ke kota ini. Mana yang jadi favorit kamu? Coba tinggalin komentar kamu di bawah, yuk.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Dapatkan Info Kost di Daerahmu:

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Info Kost Medan Harga Murah

Kost Tangerang Selatan Harga Murah

Kost Jakarta Selatan Harga Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare