...
makanan khas Madiun
5-min read

10 Makanan Khas Madiun, Terkenal Enak Dicoba!

makanan khas Madiun

Apa makanan khas dari daerah Madiun? Yuk, cek ada apa saja!

Madiun, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan kepada para wisatawan, termasuk kekayaan kuliner yang khas dan lezat. Adanya berbagai macam hidangan yang menggoda, Madiun adalah surganya para pencinta kuliner.

Kalau kamu mencari petualangan kuliner yang nggak terlupakan, daerah ini adalah tempat yang tepat. Dengan beragam hidangan khas yang lezat dan unik, kamu akan memiliki pengalaman kuliner yang istimewa saat berkunjung ke kota ini. Yuk, eksplorasi dan nikmati kuliner khas Madiun!

Deretan Makanan Khas Madiun

Source: Unsplash.com

Kalau kamu merencanakan perjalanan ke kota ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap 10 rekomendasi kuliner khas Madiun yang wajib kamu coba.

Info wajib baca: Mencicipi 10 Makanan Khas Blitar yang Menggugah Selera

1. Makanan khas Madiun, nasi pecel

Salah satu hidangan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah nasi pecel Madiun. Meskipun mungkin kamu pernah menemui nasi pecel di tempat lain, versi khas Madiun memiliki citarasa yang unik.

Nasi pecel ini disajikan di atas daun pisang dan diberi hiasan kembang turi serta kerupuk nasi atau intip. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai lauk seperti ayam, tahu, tempe, telur puyuh, atau rempeyek untuk memperkaya pengalaman kuliner kamu.

2. Soto kutilang

Memiliki nama yang unik, Soto Kutilang telah menjadi salah satu ikon kuliner Madiun selama bertahun-tahun. Meski telah berdiri lama dan terdapat banyak kuliner modern, Soto Kutilang tetap dicintai oleh berbagai generasi.

Hidangan ini terbuat dari bahan dasar daging, dan kamu dapat menambahkan lauk tambahan seperti empal, usus, babat, perkedel kentang, dan keripik tempe. Harga yang terjangkau, dengan Rp. 10.000 per porsi dan tambahan lauk biasanya dimulai dari Rp. 3000, membuatnya menjadi pilihan yang sangat menarik.

3. Brem

Kalau kamu pernah melakukan perjalanan di Jawa Timur, kamu mungkin sudah akrab dengan Brem. Namun, Brem khas Madiun memiliki karakteristik yang berbeda dari Brem Bali.

Brem Madiun memiliki tekstur yang padat, berwarna putih, dan nggak lembek saat dikonsumsi. Brem ini telah menjadi oleh-oleh legendaris bagi para wisatawan yang berkunjung ke Madiun.

4. Soto Madiun

Soto adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang nggak boleh kamu lewatkan, termasuk Soto Madiun. Kuah soto yang gurih disajikan dengan nasi hangat dan berbagai lauk tambahan seperti sate kulit, sate ampela, dan tempe goreng.

Liburan kamu ke Madiun akan terasa kurang lengkap kalau belum mencicipi hidangan yang satu ini.

5. Pentol Corah

Bentuk Pentol Corah yang berbeda dari pentol biasanya, membuatnya unik. Terbuat dari campuran tepung, rempah, dan daging, Pentol Corah memiliki rasa gurih yang sangat nikmat.

Ketika disajikan dengan saus pedas, kamu akan merasakan kelezatan yang nggak terlupakan. Kamu dapat menemukan Pentol Corah nggak hanya di pinggir jalan Kota Madiun, tapi juga di berbagai cafe di kota ini.

Info wajib baca: Rekomendasi 8 Makanan khas Banjarmasin yang Menggugah Selera | Sudah Pernah Coba yang Mana?

Deretan Makanan Khas Madiun

6. Semprong

Semprong adalah jajanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah, dan kelapa. Cita rasanya mirip dengan eggroll dan dapat bertahan hingga 8 bulan kalau disimpan dengan benar.

Jajanan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh setelah liburan kamu ke Madiun.

7. Rujak petis

Rujak Petis adalah hidangan khas Madiun yang unik. Berbeda dengan rujak berbumbu kacang dan gula jawa, rujak Madiun menggunakan petis sebagai bumbunya. Petis ini terbuat dari campuran bahan seperti petis udang, cabai, gula kacang, tanah goreng, dan pisang muda.

Selain itu, hidangan ini disajikan dengan beragam buah-buahan seperti nanas, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, dan tauge. Menggunakan banyak bahan dasar, Rujak Petis memiliki cita rasa yang tinggi dan wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Madiun.

8. Kue manco

Kue Manco adalah kudapan tradisional yang telah dikenal sejak lama dan dianggap sebagai warisan nenek moyang. Terbuat dari ketan, kue ini memiliki tekstur yang khas

dan unik. Ketika menggigitnya, kamu akan merasakan rongga di dalamnya, mirip dengan bika ambon. Kue Manco adalah salah satu camilan yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Madiun.

9. Lontong tahu telor

Lontong Tahu Telor adalah hidangan yang menggoda, terdiri dari potongan lontong atau kupat, tahu goreng, dan telur dadar. Hidangan ini diberi rasa khas dengan kuah kecap dan saus kacang yang diberi sentuhan ulegan kacang tanah.

Gabungan rasa asin dan sedikit manis dari kuah kecap menjadikan Makanan Khas Madiun ini selalu ramai di kedai-kedai sepanjang Jalan Merbabu, Madiun. Selain mengenyangkan, hidangan ini juga sangat lezat.

10. Makanan khas Madiun, lento

Lento Madiun adalah hidangan unik yang wajib dicoba saat berkunjung ke Madiun. Menu ini terbuat dari singkong yang diserut kasar, kemudian dicampur dengan tempe basi dan bumbu dasar lainnya.

Rasa Lento sangat berbeda dari camilan biasa, membuatnya menjadi salah satu pilihan yang menarik di dunia kuliner Madiun.


Madiun adalah surganya kuliner Jawa Timur, dan daftar ini hanya sebagian kecil dari hidangan lezat yang dapat kamu coba di kota ini. Selama liburan kamu di sini, pastikan untuk menjelajahi berbagai tempat makan lokal dan menjadikan pengalaman kuliner kamu di Madiun nggak terlupakan.

Selamat menikmati!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare