...
makanan khas ponorogo
5-min read

9 Makanan Khas Ponorogo yang Menggugah Selera | Dari Pecel hingga Sego Tahu

makanan khas ponorogo

Makanan khas Ponorogo mempunyai rasa yang kaya akan bumbu. Simak rekomendasi makanannya di sini!

Apa yang pertama kali kamu bayangkan saat pertama kali mendengar kota Ponorogo? Kota yang terletak di Jawa Timur ini mempunyai salah satu kesenian khas yang dikenal banyak orang, yaitu reog.

Namun, nggak hanya keseniannya saja, Ponorogo juga mempunyai kekayaan lainnya dalam hal kuliner, lho. Bahkan, kuliner dari daerah ini juga terkenal dengan kelezatannya karena menggunakan bumbu masakan yang khas.

Nah, apa kamu sudah tahu apa saja makanan khas Ponorogo? Sebelum mulai mencicipinya, simak daftar makanan khas Ponorogo berikut ini, yuk!

Makanan Khas Ponorogo

Source: Parboaboa

Jika datang ke kota ini, mencicipi makanan khas Ponorogo tentunya menjadi kesempatan yang nggak boleh kamu lewatkan. Berikut ini beberapa makanan yang wajib kamu coba:

1. Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo adalah makanan khas Ponorogo yang paling terkenal. Walau mungkin bisa dengan mudah ditemukan di daerah lain, namun pecel khas Ponorogo mempunyai keunikannya tersendiri.

Hidangan ini menggabungkan bumbu kacang yang kental dan pedas dengan beragam sayuran segar seperti kangkung, bayam, tauge, mentimun, dan kacang panjang.

Biasanya, pecel disajikan dengan lontong atau nasi, dan dapat disertai dengan lauk tambahan seperti telur, tempe, atau tahu. Rasa gurih dan manis dari bumbu kacang membuatnya menjadi hidangan yang tak terlupakan.

Info wajib baca: Mencoba 8 Makanan khas Temanggung, Surganya Kuliner di Jawa Tengah

2. Sate Ponorogo

Walau sekilas mirip dengan sate Madura, namun sate Ponorogo mempunyai sejumlah perbedaan. Jika daging ayam pada sate Madura dipotong dadu, potongan daging pada sate Ponorogo dipotong tipis dan pipih sehingga lebih mudah saat dikunyah di mulut.

Selain itu, sate Ponorogo juga biasanya dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar sehingga bumbunya lebih meresap. 

3. Rujak petis

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak petis khas Ponorogo ini terdiri dari aneka sayuran hijau. Seporsi sayuran ini akan dilumuri dengan bumbu petis yang memiliki cita rasa pedas. 

Kombinasi antara sayuran dan rasa bumbu petis membuat makanan satu ini mempunyai rasa yang kaya. Kamu juga bisa menikmati rujak petis dengan seporsi nasi atau lontong untuk membuatnya jadi lebih kenyang di perut.

4. Gethuk golan, makanan manis khas Ponorogo

Selanjutnya, ada gethuk golan yang merupakan makanan ringan khas Ponorogo. Kudapan ini terbuat dari singkong yang ditumbuk dan direbus.

Biasanya, gethuk golan disajikan dengan taburan kelapa parut, ketan hitam, dan gula merah cair. Kelezatan gethuk golan terletak pada perpaduan rasa manis dari gula merah, gurih dari singkong yang ditumbuk, dan sensasi lembut dari kelapa parut yang membuat tekstur makanan ini terasa lebih kaya.

5. Jenang mirah, makanan khas Ponorogo mirip dodol

Jenang mirah adalah hidangan manis yang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan. Teksturnya kenyal dan lengket menyerupai dodol.

Kudapan ini merupakan camilan yang sempurna untuk menikmati rasa manis dan gurih khas Ponorogo. Menjadikannya sebagai salah satu kudapan yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. Dawet jabung

makanan khas ponorogo
Source: Tribunnews

Jika sebelumnya adalah makanan dan camilan, kali ada minuman khas Ponorogo yang nggak boleh kamu lewatkan. Ya, dawet jabung adalah minuman segar khas Ponorogo yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan.

Berbeda dari dawet pada umumnya yang berwarna hijau, dawet jabung mempunyai warna yang putih. Biasanya minuman ini disajikan dengan taburan ketan hitam, potongan nangka, santan dan gula cair.

Minuman ini pastinya akan memberikan kesegaran di hari-hari yang panas dari rasa manis dan segar pada minuman ini.

7. Sate kopok

Sate kopok adalah hidangan sate lainnya yang bisa kamu temukan di Ponorogo. Hidangan ini menggunakan daging ayam yang dibakar dengan bumbu kuning yang khas dan berbeda dari sate pada umumnya.

Bumbu kuning ini terdiri dari berbagai rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Tekstur bumbunya pun cenderung encer sehingga membuat daging satenya seolah berlendir. Namun begitu, rasa pada sate ini juga pastinya juara banget, deh!

Info wajib baca: 10 Makanan Khas di Klaten yang Terkenal, Paling Banyak Diburu

8. Soto borang, makanan berkuah khas Ponorogo

Soto Borang adalah salah satu hidangan berkuah khas Ponorogo yang menggunakan bahan dasar irisan daging ayam.

Kuahnya yang gurih dan beraroma bumbu rempah, disajikan dengan nasi putih dan beragam pelengkap seperti tauge, daun seledri, dan bawang goreng.

9. Sego tahu

Sesuai namanya, sego tahu adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih, tahu goreng, dan kuah kacang khas Ponorogo.

Nah, kuah kacang ini biasanya memiliki rasa gurih yang khas, disajikan bersama irisan tahu goreng yang renyah. Hidangan satu ini mempunyai cita rasa yang cukup kompleks karena rasa manis dan gurih yang membuatnya terasa lebih nikmat.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Ponorogo yang wajib kamu coba jika tengah mendatangi tempat ini. Apa kamu sudah pernah mencicipi salah satunya? Atau punya rekomendasi makanan lain yang nggak kalah menarik? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare