...
makanan khas karawang
5-min read

10 Makanan Khas Karawang yang Terkenal dan Ramah di Kantong

makanan khas karawang

Bosan dengan makanan itu-itu saja? Mungkin ini saat yang tepat mencoba makanan khas Karawang ini.

Kabupaten Karawang yang terletak di Provinsi Jawa Barat, banyak menyimpan beragam kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana. Mulai dari hidangan soto sampai olahan tutut tersedia di kabupaten tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa camilan yang menarik untuk kamu nikmati dan cocok sebagai oleh-oleh sebelum kembali ke daerah masing-masing. Berikut beberapa makanan khas Karawang yang wajib kamu coba.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Tuban, Nomor 1 Terbuat Dari Tanah Liat!

10 Makanan Khas Karawang

Selain nikmat, banyak kuliner khas daerah ini juga cukup ramah di kantong, lho. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya:

1. Soto tangkar

Makanan khas Karawang
Source: gramedia

Kuliner berkuah ini menjadi unggulan di Kabupaten Karawang karena kelezatan rasanya serta bisa memberikan kehangatan. Secara keseluruhan, hidangan ini menyerupai soto Betawi, namun memiliki warna yang lebih kuning.

Ciri khasnya terletak pada penggunaan tangkar atau iga sapi. Serta ada juga tulang muda dan kaki yang disajikan dengan rempah-rempah seperti kunyit dan cabai.

2. Soto gempol

Jika kamu masih ingin mengeksplorasi hidangan berkuah khas Karawang, soto gempol bisa menjadi pilihan yang menarik. Hidangan ini dianggap sebagai kuliner lawas di Kabupaten Karawang.

Tersedia berbagai pilihan topping daging, termasuk daging, ayam, babat, atau usus. Biasanya, soto gempol disajikan dengan acar yang terdiri dari wortel, bunga kol, dan mentimun sehingga menambah kesegaran dan kelezatan rasanya.

3. Pepes walahar

Seperti daerah-daerah lain di Jawa Barat, Karawang juga memiliki variasi kuliner yang diolah dengan cara dipepes. Jika ingin mencicipi makanan tersebut, kamu bisa mengunjungi warung di sekitar Bendungan Walahar.

Di warung tersebut kamu bisa menemukan berbagai jenis pepes. Seperti pepes jambal, ikan mas, teri tahu, hingga oncom.

4. Sangtau

Makanan khas Karawang
Source: linimasa.id

Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Karawang adalah Sangtau. Sangtau merupakan singkatan dari Sangu dan Tahu, yang berarti nasi tahu dalam bahasa Indonesia.

Sangtau terdiri dari nasi yang disajikan dengan tahu putih goreng, dilumuri dengan bumbu kacang kental. Rasanya gurih dan sedikit manis, cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau malam.

5. Jojongkong

Jika kamu menyukai jajanan ringan, Jojongkong bisa menjadi pilihan pertama. Makanan khas ini terbuat dari campuran beras, tepung ketan, kanji, dan garam yang diberi aroma wangi daun pandan suji.

Sedangkan, isinya terdiri dari parutan kelapa dan gula merah, memberikan cita rasa manis dan gurih. Jojongkong cocok dinikmati bersama teh pahit atau kopi hitam.

Info wajib baca: 5 Resep Makanan Balita 1-2 Tahun yang Praktis dan Enak

6. Bandeng gepuk

Bandeng Gepuk merupakan kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Karawang. Hidangan ini terbuat dari ikan bandeng segar yang telah dibumbui dengan rempah dan melalui tahap pengolahan.

Makanan ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan bebas tulang. Bandeng Gepuk dapat diolah dengan cara digoreng atau metode lainnya, hidangan ini juga memiliki daya tahan yang baik, dan cocok sebagai oleh-oleh karena telah melalui proses steam.

7. Olahan tutut

Source: fimela

Hidangan ini sangat lezat dan bisa dinikmati bersama nasi atau tanpa nasi. Di beberapa daerah, olahan tutut ini juga dikenal sebagai Kraca.

Terutama di Karawang, tutut diolah dengan kuah santan kuning yang kaya rempah kunyit. Umumnya, tutut dinikmati dengan cara disedot langsung dari cangkangnya.

Selain itu, tutut juga dapat disajikan seperti sate. Tutut yang sudah ditusuk kemudian dibakar seperti sate ditambahkan bumbu bercita rasa pedas gurih, sehingga dapat menambah kenikmatan makanan tersebut.

8. Gandasturi

Makanan khas Karawang selanjutnya, ada gandasturi yang terbuat dari kacang hijau. Bagian luar gandasturi dilapisi oleh tepung dan diolah dengan cara digoreng.

Rasanya gurih dengan sedikit sentuhan manis dan tekstur yang renyah. Meskipun jarang ditemui karena jumlah pembuatnya yang semakin berkurang, kue ini menjadi oleh-oleh yang cocok saat berkunjung ke Karawang.

9. Kue gonjing

Kue gonjing di Karawang merupakan camilan yang mirip pancong khas Jakarta. Terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan kelapa parut, kue ini juga memiliki cita rasa asin gurih yang enak, terutama ketika disantap dengan teh manis atau kopi hangat.

Cara unik untuk menikmati kue ini adalah dengan mencelupkannya ke gula pasir, menambah kesan cita rasa yang unik. Kue gonjing sering dijual oleh pedagang keliling di kampung-kampung.

Info wajib baca: 9 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan!

10. Pepes ikan jambal

Source: fimela

Karawang sebagai daerah yang berdekatan dengan pesisir, menawarkan hidangan ikan yang menggugah selera, seperti Pepes Ikan Jambal. Dengan bumbu rempah yang kuat, pepes ini memiliki rasa yang meresap ke dalam daging ikan jambal atau patin yang sudah digiling halus.

Pengolahan pepes ini dilakukan dengan cara dibakar menggunakan tungku dan dikemas dengan daun pisang. Pepes ini dibuat dengan bumbu seperti kunyit, bawang merah, cabai, daun salam, daun serai, dan kemangi.


Saat kamu mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencicipi berbagai makanan khas Karawang yang telah direkomendasikan di atas, ya. Pengalaman kuliner kamu pun akan menjadi lebih sempurna dan membantu kamu memahami lebih dalam kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Karawang. Selamat menikmati!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare