...
makanan khas wonosobo
5-min read

Cobain 5 Makanan Khas Wonosobo Berikut Ini, Murah dan Ikonis!

makanan khas wonosobo

Berniat mampir ke Wonosobo? Jangan lupa cobain makanan khas Wonosobo berikut ini!

Masyarakat Indonesia pastinya sudah nggak asing lagi dengan daerah wisata Dieng. Kawasan Dieng tersebut berlokasi di dua Kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Selain populer lewat destinasi wisata yang sangat cantik, Kabupaten Wonosobo juga terkenal akan ragam kulinernya. Wisata kuliner sendiri merupakan suatu hal yang juga wajib kamu coba ketika berkunjung ke suatu daerah.

Lantas, apa saja makanan khas yang ada di daerah Wonosobo? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Asal-Usul Wonosobo

Daerah Wonosobo ini juga memiliki asal-usul yang menarik untuk kamu ketahui, lho. Sebelum berkunjung, nih, ada baiknya kamu mengetahuinya, karena seperti kata pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’.

asal-usul kabupaten wonosobo
Source: Atourin

Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti tempat berkumpul di hutan. Sejarah asal kata Wonosobo ini diyakini oleh masyarakat setempat yang bermula dari daerah Selomerto.

Di daerah tersebut terdapat sebuah dusun bernama Wanasaba yang didirikan oleh Kyai Wanasaba. Hingga sekarang, dusun tersebut masih dapat ditemukan dan dikunjungi oleh beberapa peziarah ke makam Kyai Wanasaba, Kyai Goplem, Kyai Putih, dan Kyai Wan Haji.

Berdirinya daerah Wonosobo memiliki kaitan erat dengan perang Diponegoro. Di rentang tahun 1825-1830, wilayah Wonosobo menjadi salah satu basis pertahanan pasukan pendukung Pangeran Diponegoro.

Dalam sebuah pertempuran di daerah Legorok, Kyai Muhammad Ngarpah berhasil meraih kemenangan pertama atas Belanda yang kemudian diberikan gelar Kandjeng Raden Tumenggung Setjonegoro. KRJ Setjonegoro kemudian dinobatkan menjadi bupati Wonosobo pertama yang berkuasa pada tahun 1825-1832.

Setelah menjabat sebagai bupati, KRJ Setjonegoro memindahkan pusat pemerintahannya ke kawasan Kota Wonosobo yang sekarang. Pemindahan pusat pemerintahan tersebut terjadi pada 24 Juli 1825 yang hingga saat ini diperingati sebagai hari berdirinya Kabupaten Wonosobo.

Info wajib baca: Healing sambil Belajar? Bisa Banget! Yuk, Kunjungi Desa Wisata Jambu Kediri saat Liburan

5 Makanan Khas di Wonosobo

Apakah kamu mulai penasaran bisa mencicipi kuliner apa saja saat berkunjung ke Kabupaten Wonosobo? Berikut beberapa makanan khas Wonosobo yang wajib kamu coba!

makanan khas di Wonosobo
Source: IDN Times

1. Cenil khas Wonosobo

cenil khas wonosobo
Source: Libur.co

Jajanan pasar satu ini sebenarnya dapat kamu temukan dengan mudah di banyak tempat, khususnya daerah Jawa. Namun, dari sekian ragam cenil yang ada, cenil dari Wonosobo memiliki ciri khasnya sendiri.

Tekstur cenil khas Wonosobo lebih kenyal dan biasanya disajikan bersama jajanan pasar lain seperti grontol dan lupis. Bentuknya pun bervariasi ada yang bulat, panjang, maupun kotak dengan warna cerah.

Kamu bisa menemukan jajanan ini di Alun-Alun Wonosobo. Harganya juga sangat terjangkau karena untuk satu porsi cenil khas Wonosobo kamu cukup membayar Rp5.000 saja.

2. Nasi megono Wonosobo

nasi megono wonosobo
Source: cookpad.com

Jenis makanan satu ini cukup terkenal oleh masyarakat yang berada di pesisir utara Jawa Tengah. Nasi megono atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan sego megono ini dapat dengan mudah kamu temukan di daerah Pekalongan, Pemalang, hingga Wonosobo.

Yang membedakan nasi megono khas Wonosobo dari nasi megono di daerah lain ialah campuran potongan kubis hijau di dalam nasi yang menjadi ciri khasnya. Untuk bumbunya sendiri juga langsung dicampur dengan nasinya, berbeda dari nasi megono daerah Pekalongan.

Nasi megono ini juga dilengkapi oleh parutan kelapa dan ebi untuk menciptakan rasa gurih dan nikmat pada nasi. Harga makanan ini pun sangat murah seperti nasi kucing yang berasal dari Jogja, yaitu sekitar Rp2.500/porsi hingga Rp3.000/porsi.

3. Mie Ongklok

mie ongklok wonosobo
Source: cookpad.com

Makanan khas Wonosobo selanjutnya yang wajib kamu coba adalah mie ongklok. Kata “ongklok” berasal dari nama alat yang digunakan untuk merebus mi ini.

Sekilas makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan mi ayam atau bakmi Jawa pada umumnya karena menggunakan kucai dan kol. Namun, ciri khas dari mi ongklok ini terdapat pada tekstur mi serta kuah loh-nya yang kental.

Mie ongklok ini juga dilengkapi oleh lauk lainnya seperti sate sapi, tempe kemul, dan kerupuk. Campuran rasa gurih, pedas, serta manis pada makanan ini membuat mi ongklok menjadi pilihan yang tepat untuk disantap di tengah hawa dingin.

Kamu bisa mendapatkan seporsi mie ongklok hanya dengan membayar Rp15.000. Sangat ramah di kantong, kan?

4. Geblek Wonosobo

geblek wonosobo
Source: cookpad.com

Makanan tradisional khas Wonosobo selanjutnya adalah geblek. Jika dilihat dari bentuknya, jajanan ini mirip dengan cireng namun dengan tekstur yang lebih padat dan berwarna putih.

Bahan utama jajanan ini antara lain tapioka, kucai, serta bumbu-bumbu lainnya. Citra rasa dari geblek Wonosobo juga lebih gurih dan kenyal.

Kamu bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh yang ada di pinggir jalan. Harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp25.000/bungkus yang biasanya berisi 50 buah.

Info wajib baca: Jalan-Jalan ke Solo? Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Solo Murah Ini | Nikmati juga Kuliner Khasnya

5. Sayur bobor

Source: Tribun Jogja

Suhu udara di Dieng dan Wonosobo yang dingin bikin kamu ingin makan sesuatu yang hangat. Nah, saatnya menyajikan makanan berkuah hangat seperti sayur bobor yang termasuk makanan khas Wonosobo ini bernama sayur bobor.

Biasanya, nih, sayur bobor dimasak menggunakan sayur bayam dan labu siam sebagai bahan utama dari makanan ini. Sayur ini juga menggunakan bumbu tambahan seperti santan, cabai, dan bumbu lainnya sehingga membuatnya memiliki cita rasa pedas, gurih, dan nikmat.

Salah satu tempat terkenal yang menyajikan menu ini di Wonosobo, yaitu Warung Bobor Mbak Pawit yang berlokasi di Jalan Angkatan 45, Kota Wonosobo. Satu porsi sayur bobor dibandrrol dengan harga sekitar Rp20.000/porsi lengkap dengan nasi, lauk, dan minuman.


Itu tadi beberapa makanan khas Wonosobo yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Tidak hanya menikmati pemandangan yang cantik di daerah Wonosobo, kamu juga dapat mencoba kuliner-kuliner menarik di sana dengan harga yang sangat ramah di kantong. Ada makanan yang ingin kamu jajal? Coba tinggalkan komentarmu di kolom bawah, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare