...
manfaat minyak ikan untuk kucing
5-min read

9 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Bantu Jaga Kesehatan Jantung!

manfaat minyak ikan untuk kucing

Punya anabul? Jangan lupa kasih minyak ikan! Ini dia beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing kamu!

Kita semua pastinya mau dong punya anabul yang sehat dan lucu? Kamu bisa kasih anabulmu minyak ikan. Ada berbagai macam manfaat minyak ikan untuk kucing yang harus kamu ketahui, salah satunya mencegah kanker.

Kucing yang sehat dan lucu adalah dambaan semua orang yang punya anabul, kamu juga pasti termasuk, dong. Sering nggak, sih, muncul pertanyaan, “kok kucing orang bagus-bagus sama gemuk banget, ya?” ternyata ada rahasianya, loh.

Betul, rahasianya adalah pemberian minyak ikan pada kucing kita. Selain untuk kucing, minyak ikan juga baik untuk kita, loh, apalagi kalau dibarengi dengan minum air putih. Kita juga bisa dapatkan manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

Apa Itu Minyak Ikan?

manfaat minyak ikan untuk kucing
Source: Rumah Budidaya

Kamu yang masih penasaran terkait suplemen satu ini, bisa simak bahasan singkat berikut terkait apa itu minyak ikan.

Minyak ikan adalah minyak yang diekstrak dari jaringan lemak ikan laut, seperti salmon, tuna, sarden, dan herring. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid), yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Dimana EPA dan DHA dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan pada tubuh, serta meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Omega-3 sendiri adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, sehingga harus diperoleh dari makanan atau suplemen.

Selain bermanfaat untuk kita sebagai manusia, minyak ikan juga menyimpan segudang manfaat yang baik untuk anabul kita, loh! Yuk, simak beberapa manfaat yang bisa didapatkan anabul dengan mengkonsumsi minyak ikan berikut ini!

Info wajib baca: Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok? Bisa! Simak Manfaat dan Cara Pakainya

Beberapa Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

manfaat minyak ikan untuk kucing
Source: Alodokter

Oke, kembali ke laptop! Siapa sangka minyak ikan jadi salah satu ‘senjata rahasia’ buat anabul yang lucu-lucu? Emang manfaatnya apa aja, sih? Simak sampai habis, yaa!

1. Manfaat minyak ikan untuk kucing, meningkatkan kesehatan jantung

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Kedua jenis omega-3 ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung kucing dengan meningkatkan fungsi kardiovaskular dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi peradangan

Minyak ikan juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kucing. Peradangan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk masalah kulit dan sendi. Kucing yang menderita kondisi seperti arthritis atau alergi kulit dapat mendapatkan manfaat dari minyak ikan karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut kucing. Kucing yang kekurangan omega-3 mungkin mengalami kulit kering dan gatal, atau rambut kusam dan rontok. Memberikan suplemen minyak ikan secara teratur dapat membantu mencegah masalah ini.

4. Meningkatkan fungsi otak

Asam lemak omega-3 juga diketahui dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif pada kucing. Omega-3 membantu memelihara integritas sel-sel otak dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan memori.

5. Manfaat minyak ikan untuk kucing, meningkatkan sistem imun

Minyak ikan dapat membantu meningkatkan sistem imun kucing dengan memberikan dukungan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat pemulihan dari penyakit.

6. Membantu mencegah kanker

Omega-3 dalam minyak ikan diketahui dapat membantu mencegah perkembangan kanker pada kucing. Asam lemak ini membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap sel-sel kanker.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Minyak ikan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata kucing. Asam lemak omega-3 membantu memelihara kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

8. Menjaga kesehatan sendi

Minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan sendi pada kucing. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan pada jaringan sendi. Pemberian suplemen omega-3 pada kucing yang menderita osteoarthritis (OA) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas.

9. Manfaat minyak ikan untuk kucing, menjaga kesehatan bulu

Manfaat minyak ikan yang paling terkenal adalah untuk menyehatkan bulu kucing. Suplemen ini diyakini dapat menjaga bulu kucing agar tetap berkilau dan halus. Tapi, masih dibutuhkan lebih banyak studi terkait manfaat yang satu ini.

Info wajib baca: Tips Kreatif Membungkus Kado Tanpa Menggunakan Kotak

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memberi Minyak Ikan

manfaat minyak ikan untuk kucing
Source: Daftarhewan.com

Ada hal yang penting untuk diingat, bahwa terlalu banyak pemberian minyak ikan juga dapat menyebabkan efek samping pada kucing, seperti diare dan muntah.

Beberapa efek samping lainnya yang akan dialami jika kamu memberi terlalu banyak minyak ikan pada adabulmu adalah bau ikan atau amis pada napas dan kulit, rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan, serta kulit yang berminyak dan bersisik.

Minya ikan juga nggak boleh dianggap sebagai pengganti makanan yang sehat dan seimbang. Kalau kamu mau memberikan minyak ikan kepada kucingmu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter hewan untuk menentukan dosis yang tepat dan waktu pemberian yang sesuai.

Kalau sudah terlanjur mengalami beberapa efek samping di atas, sebaiknya kamu segera memeriksakan anabulmu ke dokter hewan yang kamu percaya.


Ternyata, minyak ikan nggak cuma bermanfaat buat pertumbuhan anak-anak atau kesehatan orang dewasa. Bahkan kucing juga dapat merasakan manfaat dari minyak ikan ini! Kucingmu juga suka dikasih minyak ikan, nggak? Sharing di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare