...
makanan yang harus dihindari penderita asam lambung
5-min read

Waspada! Ini 6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Kafein, soda, dan makanan pedas menjadi hal yang harus dihindari penderita asam lambung

Apa kamu pernah mengalami gejala asam lambung? Nah, asam lambung adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang dan kerap membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Ketika asam lambung meningkat, gejala seperti sensasi terbakar di dada dan gangguan pencernaan dapat muncul. Tak jarang, penderita asam lambung pun mempunyai pantangan untuk tidak mengonsumsi makanan secara sembarangan.

Namun, apa yang sebenarnya menjadi penyebab asam lambung? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Asam Lambung

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Asam lambung bisa terjadi karena beberapa hal baik itu karena reaksi dalam tubuh atau faktor eksternal lain yang menjadi pemicu. Berikut ini beberapa penyebab yang menjadi pemicu terjadinya asam lambung:

1. Produksi asam lambung berlebih

Salah satu penyebab utama dari asam lambung adalah produksi asam yang berlebihan oleh lambung. Peningkatan produksi asam bisa terjadi akibat faktor genetik atau perubahan dalam hormon tubuh.

Kondisi seperti kehamilan atau gangguan hormonal tertentu dapat memicu produksi asam yang berlebihan. Ketika kadar asam meningkat, risiko terjadinya asam lambung menjadi lebih tinggi.

Info wajib baca: 10 Makanan yang Mengandung Lemak Sehat, Gaya Hidup Jadi Seimbang

2. Stres

Stres memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan perubahan pada pola makan, meningkatkan tekanan pada perut, dan mempengaruhi fungsi pencernaan. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan asam lambung dan memicu terjadinya asam lambung.

3. Pola makan yang buruk

Kebiasaan makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab asam lambung. Mengonsumsi makanan pedas, berlemak, asam, atau berkafein secara berlebihan dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Selain itu, makan terlalu banyak dalam satu waktu atau makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Pola makan yang buruk dapat memberikan tekanan ekstra pada sistem pencernaan serta meningkatkan risiko terjadinya asam lambung.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, penderita asam lambung harus menghindari beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu terjadinya asam lambung. Nah, berikut ini daftarnya:

1. Makanan pedas

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung
Source: CNN Indonesia

Pencinta makanan pedas harus waspada, nih, apalagi untuk kamu yang mempunyai riwayat asam lambung. Pasalnya, makanan pedas seperti cabai, paprika, dan saus pedas dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung.

Maka dari itu, hindarilah makanan pedas atau batasi porsi makanan yang harus  dikonsumsi. Jika kamu menyukai makanan pedas, cobalah mengurangi tingkat kepedasan atau mencoba alternatif bumbu yang lebih ringan.

Selain itu, perlu juga bagi kamu untuk mengurangi intensitasnya. Misal dari yang tadinya sering makan makanan pedas tiap dua hari sekali, maka kamu bisa mengonsumsinya per tiga atau empat hari sekali demi menjaga kesehatan lambung.

2. Makanan berlemak yang harus dihindari penderita asam lambung

Makanan berlemak, seperti makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dan daging berlemak, dapat membuat pencernaan menjadi lambat dan memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Maka dari itu, makanan dengan lemak tinggi menjadi hal yang harus dihindari para penderita asam lambung. Sebagai alternatif, kamu bisa pilih makanan yang rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, ikan, atau makanan vegetarian yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

3. Makanan asam yang harus dihindari penderita asam lambung

Makanan asam juga ternyata menjadi salah satu faktor pemicu tingginya asam lambung, lho. Jika dikonsumsi terlalu sering, makanan seperti jeruk, lemon, tomat, dan makanan yang mengandung cuka, dapat memicu produksi asam lambung dan memperburuk gejala.

Kamu bisa membatasinya atau bahkan menggantinya dengan makanan yang lebih netral pH-nya, seperti buah-buahan nonasam dan sayuran.

Info wajib baca: Sadarilah! Inilah Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Dihindari

4. Minuman berkafein

Source: HonestDocs

Selain makanan, ada juga minuman tertentu yang harus dihindari penderita asam lambung. Nah, salah satunya adalah minuman yang mengandung kafein.

Minuman berkafein seperti kopi, teh hitam, dan minuman energi dapat merangsang produksi asam lambung. Untuk menjaga lambung tetap sehat, kamu bisa mengurangi konsumsi minuman ini. Lebih baik juga jika kamu menggantinya dengan minuman yang tidak mengandung kafein, seperti teh herbal atau air putih.

5. Makanan pedas dan asam

Jika sebelumnya makanan pedas dan asam menjadi makanan yang harus dihindari para penderita asam lambung, hal ini juga tentunya berlaku untuk makanan yang mengandung keduanya.

Makanan yang menggabungkan rasa pedas dan asam, seperti salsa pedas, saus tomat pedas, atau makanan pedas dengan jus jeruk, adalah kombinasi yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

Kombinasi ini dapat meningkatkan gejala dan membuat perut terasa tidak nyaman. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan yang menggabungkan rasa pedas dan asam secara bersamaan.

6. Minuman beralkohol dan soda

Minuman beralkohol dan soda dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dan merusak lapisan pelindung di dalam perut.

Untuk menjaga kesehatan lambung, hindarilah minuman beralkohol dan soda, dan pilihlah minuman yang lebih sehat seperti air putih, teh herbal, atau jus buah segar yang tidak terlalu asam.


Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare