...
manfaat darah ular kobra
5-min read

Manfaat Darah Ular Kobra dan Bagaimana Hukum Mengonsumsinya dalam Islam

manfaat darah ular kobra

Siapa sangka ular seseram kobra juga punya manfaat? Ini dia beberapa manfaat darah ular kobra yang menarik untuk disimak!

Ular kobra, salah satu ular berbisa yang ada di Indonesia dan pastinya sudah sering kita dengar. Tapi, siapa sangka ular yang satu ini ternyata memiliki manfaat? Simak beberapa manfaat darah ular kobra berikut ini, yuk!

Darah ular kobra seringkali dianggap sebagai racun yang berbahaya dan mematikan bagi manusia. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa darah ular kobra juga memiliki manfaat kesehatan tertentu.

Iklan dulu! Sebelum cari tahu lebih lanjut terkait manfaat darah ular kobra, jangan lupa cek manfaat minyak ikan untuk kucing yang nggak kalah menarik. Ok, kembali ke laptop! Sekarang waktunya kita intip beberapa manfaat darah ular kobra di bawah ini!

Manfaat Darah Ular Kobra

manfaat darah ular kobra
Source: Tribun makassar

Darah ular kobra atau biasa disebut juga dengan istilah “Venom” adalah sebuah cairan yang dihasilkan oleh ular kobra. Cairan ini disinyalir memiliki manfaat yang sangat penting dan bermanfaat bagi kita sebagai manusia.

1. Manfaat darah ular kobra, sebagai sumber enzim

Darah ular kobra juga mengandung enzim yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan dan pemecahan molekul dalam tubuh. Beberapa enzim yang terdapat dalam darah ular kobra, seperti fosfolipase A2, dapat membantu dalam pengobatan dan pemulihan luka.

2. Potensi sebagai obat untuk penyakit kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa darah ular kobra mengandung senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan sel kanker. Senyawa ini disebut sebagai faktor nekrosis tumor (TNF) dan dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker.

3. Pengembangan obat baru

Salah satu manfaat darah ular kobra yang sangat penting adalah dalam pengembangan obat-obatan baru. Darah ular kobra mengandung berbagai jenis senyawa kimia yang sangat kompleks, salah satunya adalah racun atau venom.

Senyawa kimia tersebut dapat dijadikan bahan dasar dalam pembuatan obat-obatan baru, seperti obat penghilang rasa sakit, obat kanker, dan obat penyakit jantung. Beberapa obat yang dihasilkan dari darah ular kobra telah digunakan dalam pengobatan manusia dan memberikan hasil yang cukup baik.

4. Pengobatan penyakit jantung

Darah ular kobra juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam darah ular kobra memiliki efek antiplatelet, yaitu menghambat penggumpalan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Manfaat darah ular kobra, sebagai pengobatan penyakit autoimun

Beberapa senyawa dalam darah ular kobra juga memiliki efek anti-inflamasi, yaitu dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Senyawa ini dapat digunakan dalam pengobatan penyakit autoimun, seperti lupus, artritis reumatoid, dan psoriasis.

Selain kelima manfaat di atas, darah ular kobra juga ternyata dipercaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan diabetes.

Diketahui juga bagian yang paling berkhasiat adalah empedu kobra. Selain darah, daging kobra juga disinyalir memiliki manfaat jika dikonsumsi. Banyak juga orang-orang yang menjalankan bisnis menjual empedu, bahkan daging ular kobra dengan tujuan sebagai pengobatan alternatif.

Info wajib baca: 9 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Bantu Jaga Kesehatan Jantung!

Mengonsumsi Darah Ular Kobra Menurut Pandangan Islam

manfaat darah ular kobra
Source: Okezone Health

Disamping beberapa manfaat yang disinyalir bisa didapatkan dengan mengkonsumsi darah atau daging ular kobra, kira-kira bagaimana pandangan agama Islam dalam mengonsumsi darah atau daging ular kobra sebagai sarana pengobatan alternatif?

Dikutip dari website halalmui.org, ular termasuk kategori hewan yang haram dikonsumsi, karena Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuhnya tanpa memberikan keterangan untuk memanfaatkan dagingnya supaya dikonsumsi.

Padahal makhluk Allah tidak boleh dibunuh tanpa ada guna dan disia-siakan. Rasulullah SAW juga memerintahkan untuk membunuh dua hewan yang berwarna hitam ketika shalat, yaitu kalajengking dan ular.

Apakah haram mengonsumsinya?

Ular itu kalau mati, disebut Maytah, dan hukumnya najis. Maka mengonsumsinya menjadi haram. Juga tidak ada tuntunan syariah dalam menyembelih ular.

Ular termasuk hewan yang haram dikonsumsi, maka disembelih sesuai syariah Islam ataupun tidak, hukumnya tetap haram untuk dikonsumsi.

Namun dalam ketentuan hukum ada kaidah “Maa min ‘aamin illa lahu khoosh”. Maksudnya, setiap ketentuan yang bersifat umum, selalu ada pengecualian yang bersifat khusus. Sehingga ketentuan yang bersifat umum dapat dikesampingkan oleh ketentuan yang bersifat khusus.

Maka kalau tidak ada obat yang halal, sedangkan penyakit yang diderita sangat berbahaya, bisa bertambah parah, atau dapat menyebabkan cacat permanen, atau bahkan kematian, maka itu merupakan kondisi darurat.

Terkait boleh atau tidaknya mengkonsumsi darah ular ini, sebenarnya masih jadi perdebatan beberapa ulama. Ada yang berpendapat boleh, dengan syarat obat penyembuhan penyakit yang darurat tersebut mahal dan orang itu tidak mempunyai uang yang cukup untuk membelinya.

Info wajib baca: 5 Makanan Penyebab BAB Berdarah, Salah Satunya Makanan Pedas


Banyak orang masih belum yakin terakit manfaat-manfaat yang dapat diberikan oleh darah dari ular kobra atau ular lainnya. Kamu boleh mempercayai pengobatan alternatif dengan menggunakan dara ular kobra ini, tapi perlu diingat untuk senantiasa berhati-hati.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare