...
penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya
5-min read

Penyebab Kaki Kebas dan 7 Cara Mengatasinya Sebelum ke Dokter

penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya

Yuk, ketahui beberapa penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya!

Kamu pernah, nggak, mengalami kebas di bagian kaki? Kira-kira penyebabnya apa, ya? Ini dia beberapa penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya!

Kaki atau bagian tubuh lain yang kebas, tentu dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Ini juga jadi pengalaman yang kurang enak buat kita. Permasalahan kebas ini biasanya bisa terjadi karena pengaruh dari beberapa faktor.

Faktor Penyebab Kaki Kebas

penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya
Source: lifestyle.bisnis.com

Kaki kebas adalah saat dimana kaki kita terasa kesemutan dan mati rasa, jadi nggak bisa digerakkan. Kondisi kebas ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cedera, hingga kondisi medis lainnya yang mungkin mempengaruhi.

1. Cedera tulang belakang

Cedera pada tulang belakang dapat memengaruhi saraf yang menuju ke kaki dan menyebabkan mati rasa. Hal ini dapat terjadi akibat cedera pada tulang belakang, hernia diskus intervertebralis, atau stenosis spinal.

2. Tekanan pada saraf

Tekanan pada saraf di kaki dapat menyebabkan mati rasa atau kebas. Hal ini dapat terjadi akibat posisi duduk atau tidur yang tidak nyaman, atau ketika Anda bersila dalam waktu yang lama. Selain itu, cedera pada saraf juga dapat menyebabkan mati rasa.

3. Tekanan pada saraf perifer

Tekanan pada saraf perifer, seperti saraf pergelangan kaki, juga dapat menyebabkan mati rasa atau kebas pada kaki. Hal semacam ini dapat terjadi akibat cedera, atau kondisi medis tertentu seperti carpal tunnel syndrome.

4. Penyakit diabetes

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang mengatur sensasi di kaki, sehingga menyebabkan mati rasa atau kebas. Hal ini disebut neuropati perifer, dan biasanya terjadi pada orang yang menderita diabetes selama beberapa tahun.

5. Kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan mati rasa atau kebas pada kaki. Hal ini umumnya terjadi pada orang yang menderita anemia atau orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dalam diet mereka.

6. Kondisi medis lainnya

Beberapa kondisi medis seperti multiple sclerosis, lupus, dan gangguan sirkulasi darah dapat menyebabkan mati rasa atau kebas pada kaki. Selain itu, beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan efek samping mati rasa atau kebas pada kaki.

Jangankan kaki, kalau tanganmu kebas juga pasti nggak enak banget, kan buat beraktifitas? Sama nggak bisa garuk pantat juga kalo gatel. Eh, jangan digaruk! Mending cek penyebab dubur gatal dan cara mengatasinya berikut ini! Nah, sekarang, cek beberapa cara mengatasi kaki kebas di bawah ini, yuk!

Info wajib baca: 13 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami, Pas Buat yang Mager dan Sudah Pasti Hemat

Cara Mengatasi Kaki Kebas

penyebab kaki kebas dan cara mengatasinya
Source: Fimela

Gejala kaki kebas sendiri di antaranya termasuk mati rasa, kesemutan, sensasi terbakar, dan mungkin rasa sakit yang terasa seperti ditusuk-tusuk. Tentunya ini bikin kita nggak nyaman ketika mencoba untuk menggerakkan kaki.

Kalau kamu mengalami kejadian kurang mengenakkan ini, kamu bisa mengatasi atau meminimalisir terjadinya kebas di kakimu dengan melakukan beberapa hal ini biar kebasnya nggak terlalu sering muncul!

1. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada saraf-saraf di kaki. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga yang melibatkan gerakan kaki, seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Tapi, kalau kaki kebasmu disebabkan oleh cedera fisik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga-olahraga di atas.

2. Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur yang buruk juga ternyata bisa menyebabkan tekanan pada saraf-saraf di kaki dan menyebabkan kaki kamu kebas, loh!

Sebaiknya, kamu tidur dengan posisi yang nyaman, seperti tidur telentang dengan bantal di bawah lutut atau tidur dengan posisi miring secara bergantian kanan dan kiri untuk mengatasi kaki yang kebas.

3. Pijat

Pijatan ringan pada kaki juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada saraf-saraf di kaki kamu. Sebaiknya gunakan teknik pijat yang lembut dan tidak terlalu kuat. Aliran darah yang lancar ke kaki akan mengatasi kebas pada kaki kamu!

4. Konsumsi makanan sehat

Makan makanan yang sehat juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan juga membantu mengurangi risiko kondisi medis yang dapat menyebabkan kaki kebas.

Sebaiknya, kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok

Hayo, siapa yang suka ngerokok? Cowok-cowok, nih, biasanya! Ternyata, Alkohol dan rokok juga bisa merusak sirkulasi darah dan memperburuk kondisi kaki kebas, loh! Kalau kamu suka merasa kebas di kaki, mungkin ini jadi salah satu penyebabnya.

Sebaiknya kamu usahakan untuk kurangi, atau malah lebih bagus menghindari konsumsi alkohol dan rokok. Apalagi yang sampai berlebihan, duh, kurang-kurangin, deh!

6. Kompres dengan air hangat atau dingin

Kalau kamu merasa kebas di kakimu nggak terlalu parah, kamu bisa kompres dengan air hangat atau dingin. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kesemutan pada kakimu.

Sebaiknya kamu gunakan handuk yang bersih dan basahi dengan air hangat atau dingin. Lalu tempatkan handuk yang sudah dibasahi di atas kaki selama 10-15 menit.

7. Terapi fisik

Terapi fisik jadi salah satu cara yang dapat membantu mengembalikan fungsi saraf dan memperbaiki sirkulasi darah pada kaki. Kegiatan untuk mengatasi kebas ini dapat dilakukan oleh fisioterapis atau ahli terapi lainnya.

Satu hal yang perlu kamu ingat, kalau kamu mengalami kaki kebas secara terus-menerus atau dalam waktu yang lama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Datang dan berkonsultasi secara langsung ke dokter dapat membantu kamu untuk mencegah kondisi yang lebih serius akibat kebasnya kakimu di kemudian hari.

Info wajib baca: Penyebab Bruntusan di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami!


Walaupun sepele, tapi kaki kebas bisa jadi sangat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, dan tentunya bikin kita jadi nggak nyaman. Jangan lupa menyisihkan waktu beberapa menit untuk bergerak biar kaki atau bagian lain dari tubuhmu nggak kebas!

Kamu ada saran cara mengatasi kaki kebas lainnya? Atau punya pengalaman yang mengganggu soal kaki kebas? Boleh, dong, cerita di kolom komentar!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare