...
Manfaat keong sawah
5-min read

5 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat keong sawah

Walau sering dianggap sebagai hama, ternyata keong sawah memiliki banyak manfaat.

Keong sawah atau yang juga dikenal sebagai keong kerbau adalah hewan yang kerap ditemukan di lahan pertanian. Adanya keong sawah memiliki dampak yang signifikan pada ekosistem pertanian dan memberikan manfaat berharga bagi petani dan lingkungan.

Selain bermafaat bagi pertanian, keong sawah ternyata juga baik untuk kesehatan manusia. Walau sering dianggap sebagai hama, nyatanya keong sawah mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Di beberapa negara, keong sawah termasuk dalam menu diet manusia. Masyarakat setempat memasak dan mengonsumsi keong sawah sebagai sumber protein. Keong sawah dipercaya bergizi tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam populasi tertentu.

Buat yang belum tahu mengenai manfaat keong sawah untuk kesehatan, yuk, simak artikel berikut ini!

Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan Manusia

Source: halodoc

Walau sering dianggap sebagai hama, hewan kecil yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satu manfaat utamanya adalah sebagai sumber protein tinggi dan rendah lemak.

Berikut beberapa manfaat keong sawah untuk kesehatan manusia:

1. Kaya akan sumber protein

Dalam 100 gram keong sawah, terkandung sekitar 16-18 gram protein, yang membuatnya menjadi alternatif makanan bergizi bagi vegetarian atau orang dengan diet rendah karbohidrat.

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk bantu memperbaiki jaringan sel agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, protein pada keong sawah juga dipercaya dapat bermanfaat mempercepat penyembuhan dan pemulihan setelah sakit.

2. Sumber zat besi

Selain berprotein tinggi, keong sawah juga mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin B12. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mencegah anemia.

3. Menutrisi otak

Keong sawah mengandung senyawa aktif seperti asam amino essensial (lysine), omega-3 asam lemak tak jenuh ganda (DHA), choline, dan glukosamin.

Asam amino lysine membantu meningkatkan sistem imun tubuh sedangkan omega-3 DHA baik untuk perkembangan otak pada bayi maupun menjaga kesehatan otak pada dewasa.

Keong sawah juga mengandung omega 6 yang dapat membantu melancarkan fungsi sel-sel saraf di otak.

4. Bantu menyembuhkan luka

Keberagaman manfaat dari keong sawah tidak berakhir sampai disitu. Ternyata lendir yang diproduksi oleh keong sawah memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu menyembuhkan luka.

5. Mencegah kolestrol

Keong sawah mengandung lemak tak jenuh. Menurut jurnal Food Research (2020), lemak tak jenuh pada keong sawah adalah asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi tingkat kolesterol.

Oleh sebab itu, secara tak langsung hal tersebut berpengaruh kepada kestabilan tekanan darah. Selain mencegah naiknya kadar kolesterol jahat, asam lemak tak jenuh ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh dapat terjaga.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dekat Teh Hijau: Manfaat Minum Sebelum Tidur

Kandungan Gizi Keong Sawah

manfaat keong sawah
Source: Strategi.id

Keong sawah mengandung protein tinggi. Protein adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan meregenerasi jaringan. Dengan mengonsumsi keong sawah secara rutin, kamu dapat mendapatkan asupan protein yang cukup untuk menjaga kesehatan otot dan kulit.

Selain itu, keong sawah juga mengandung rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan sehat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal atau memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi.

Tak hanya itu saja, keong sawah juga dikenal sebagai sumber mineral penting seperti besi dan fosfor. Kedua mineral ini membantu dalam pembentukan sel darah merah serta memperkuat tulang dan gigi.

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya adalah kandungan vitamin B kompleks dalam keong sawah. Vitamin B kompleks berperan dalam metabolisme energi tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan stamina sepanjang hari.

Info wajib baca: 11 Makanan Pembuka Indonesia Rumahan yang Enak, Adakah Favoritmu?

Tips Mengolah Keong Sawah

manfaat keong sawah
Source: Kontan lifestyle

Untuk memaksimalkan manfaat gizi dari keong sawah, ada baiknya jika keong sawah dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus tanpa menambahkan minyak atau bahan tambahan lainnya guna menjaga nilai gizinya tetap utuh.

Beberapa tips lain yang dapat kamu lakukan dalam mengolah keong sawah, yakni:

1. Bersihkan sebelum diolah

Sebelum mengolah keong sawah, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan air bersih. Bersihkan cangkang dari kotoran atau lumut yang menempel.

2. Rendam air garam

Setelah membersihkan keong sawah, rendam dalam air garam selama beberapa jam. Hal ini membantu menghilangkan bau amis pada daging keong sawah.

3. Kombinasikan dengan makanan lain

Keong sawah memiliki cita rasa yang unik sehingga cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis masakan seperti tumis sayuran atau sup seafood.

4. Jangan dimasak terlalu lama

Penting untuk tidak memasak keong sawah terlalu lama karena akan membuat dagingnya menjadi alot dan keras. Cukup rebus atau kukus hingga matang sempurna namun tetap lembut.


Itu dia manfaat keong sawah untuk kesehatan yang jarang diketahui. Walau berukuran kecil dan sering dianggap sebagai hama, ternyata keong sawah kaya akan manfaat bagi kesehatan manusia. Kamu sudah pernah coba makan keong sawah atau belum?

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare