...
manfaat putih telur untuk wajah
5-min read

Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Salah Satunya Mengurangi Garis Halus!

manfaat putih telur untuk wajah

Punya telur? Ternyata ada beberapa manfaat putih telur untuk wajah kamu, loh! Apa aja, ya?

Sering liat hacks kecantikan yang melibatkan putih telur, dong? Ternyata, ada banyak manfaat putih telur untuk wajah kita, loh! Simak beberapa manfaatnya di sini, yuk!

Putih telur adalah bagian bening dari sebuah telur. Putih telur ini banyak disukai oleh orang-orang. Selain telur, ada juga bahan makanan lain yang memiliki manfaat, salah satunya toge. Ada beberapa manfaat toge untuk pria yang bisa kamu kepoin!

Balik lagi ke putih telur, selain enak dimakan, putih telur juga punya beberapa manfaat lainnya, baik untuk tubuh, maupun wajah, kita bahas satu-satu, yuk! Simak sampai habis, yaa.

Beberapa Manfaat Putih Telur untuk Tubuh

manfaat putih telur untuk wajah
Source: Islampos

Putih telur memiliki protein yang tinggi dan sangat rendah kalori, jadi nggak heran kalau banyak orang-orang yang sedang diet memakan putih telur. Selain untuk diet, putih telur juga punya beberapa manfaat lainnya untuk tubuh kita! Apa aja, tuh?

1. Sumber protein yang baik

Putih telur adalah sumber protein yang baik dan rendah lemak, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin menambah asupan protein tanpa menambah lemak dan kalori yang berlebihan. Satu butir telur besar mengandung sekitar 3,6 gram protein dan hanya mengandung 17 kalori.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Putih telur mengandung asam amino arginin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Arginin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Putih telur mengandung protein kolagen, yang dapat membantu meningkatkan kekenyalan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit. Selain itu, protein dalam putih telur juga dapat membantu memperkuat rambut dan membuatnya lebih berkilau.

4. Menurunkan berat badan

Putih telur sangat rendah kalori dan rendah lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang.

Putih telur juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

5. Menjaga kesehatan mata

Putih telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Kedua senyawa tersebut juga dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Info wajib baca: Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Wajah, dari Pelembab, Sampai Aftershave!

Beberapa Manfaat Putih Telur untuk Wajah

manfaat putih telur untuk wajah
Source: iNews.id

Setelah tadi kita intip sedikit beberapa manfaat putih telur untuk tubuh kita, sekarang saatnya kita masuk ke manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk wajahmu! Udah penasaran? Yuk, langsung dicek aja di bawah!

1. Menjaga kulit tetap kencang dan elastis

Putih telur mengandung salah satu protein yang tinggi, yaitu albumin. Albumin sendiri dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin di dalam kulit, sehingga kulit kamu akan tetap terasa kencang dan elastis.

Kolagen dan elastin merupakan protein struktural yang terdapat pada kulit dan berfungsi untuk menjaga kekuatan dan kekencangan kulit. Makanya, putih telur bagus untuk kulit wajahmu!

2. Membantu mengurangi kerutan dan garis halus

Karena putih telur dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin, selain kulit wajah akan menjadi lebih kencang dan elastis, hal ini juga akan membantu mengurangi kemunculan kerutan dan garis halus pada wajah.

Selain itu, putih telur juga mengandung enzim lysozyme yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada kulit.

3. Menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi

Putih telur juga ternyata mengandung banyak air, loh! Karena mengandung banyak air, putih telur juga dapat membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit wajah. Selain itu, putih telur juga mengandung protein ovomucin yang berfungsi sebagai agen pelembab alami.

Oleh karena itu, buat para pemilik kulit kering, kalau memakai masker dari putih telur, kamu bisa menjaga kulit wajahmu tetap lembab dan terhidrasi!

4. Membantu mengurangi minyak berlebih di wajah

Kandungan protein pada putih telur juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Karena minyak berlebih dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan jerawat, maka mengurangi produksi minyak berlebih dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

5. Menjaga kulit bebas dari bakteri dan kotoran

Putih telur juga mengandung enzim lysozyme yang dapat membantu membunuh bakteri dan kotoran pada kulit wajah. Hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

6. Mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit

Kandungan enzim lysozyme pada putih telur juga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh peradangan.

7. Mengencangkan pori-pori kulit

Kandungan protein pada putih telur juga dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka dapat membuat kulit terlihat kasar dan tidak rata. Dengan mengencangkan pori-pori kulit, maka kulit akan terlihat lebih halus dan sehat.

8. Membantu mengurangi bintik hitam pada kulit

Kandungan protein pada putih telur juga dapat membantu mengurangi bintik hitam pada kulit. Bintik hitam pada kulit sering disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan.

Info wajib baca: Manfaat Jus Tomat Bagi Wajah, Bisa Mencegah Penuaan!

Ada hal yang juga mesti kamu perhatikan. Putih telur juga mengandung avidin, yaitu senyawa yang dapat menghambat penyerapan vitamin B7 atau biotin oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi putih telur dalam jumlah besar dapat menyebabkan kekurangan biotin.

Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut dan masalah kulit. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk memasak putih telur secara benar atau mengkombinasikannya dengan makanan lain yang mengandung biotin, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.


Gimana, sekarang udah tau kan kalau selain banyak manfaat untuk tubuh, putih telur juga punya banyak manfaat buat wajah kamu biar lebih cakep! Habis ini kamu tertarik buat cobain masker dari putih telur, nggak, nih? Semoga info di atas bermanfaat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare