...
manfaat toge untuk pria
5-min read

Manfaat Toge untuk Pria, Salah Satunya untuk Kesuburan

manfaat toge untuk pria

Manfaat toge untuk pria dapat kamu temukan di sini. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Toge merupakan kecambah dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai. Bentuknya yang kecil membuat toge sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama untuk dicampurkan ke aneka masakan seperti misalnya tumis sayur toge.

Toge merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan pria. Jenis sayur yang satu ini mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Toge juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Apakah kamu udah mulai penasaran dengan pembahasan lengkap manfaat toge untuk pria? Coba simak di bawah ini, yuk!

Info wajib baca: Berapa Jumlah Makan Kurma Anjuran Nabi? Cek Kandungan Kurma yang Punya Sejuta Manfaat

Kandungan Nutrisi Toge yang Kaya Manfaat

manfaat toge untuk pria
Source: Santri Catering

Toge terbuat dari kacang-kacangan yang telah dikecambahkan. Karena telah dikecambahkan, maka toge mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, terutama untuk pria. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang terdapat dalam toge:

1. Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk tubuh karena berperan dalam pembentukan otot dan jaringan tubuh. Pria yang ingin membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuhnya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. 

Toge adalah salah satu sumber protein nabati yang sangat baik untuk pria yang menjalani diet vegetarian atau vegan.

2. Serat

Serat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Apabila seorang pria mengalami masalah pencernaan atau memiliki riwayat penyakit jantung, maka perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.  Oh ya, pria penting juga, nih, untuk menyimak info penyebab dubur gatal dan cara mengatasinya.

Toge adalah sumber serat yang sangat baik karena mengandung serat larut dan serat tidak larut yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Vitamin dan Mineral

Toge mengandung banyak vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, besi, dan magnesium. Semua nutrisi ini tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

4. Antioksidan

Toge mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh, dan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Vitamin C

Toge mengandung vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan berbagai macam penyakit dan infeksi.

6. Vitamin E

Toge juga mengandung vitamin E yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin E dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Toge sebagai bahan makanan rendah kalori yang baik untuk menjaga berat badan pria. Salah satu penyakit akibat berlebihan berat badan yaitu obesitas. Penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. 

Jika kamu ingin menjaga berat badan perlu mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi. Toge merupakan salah satu sayur yang memenuhi kandungan itu, lho

Tidak hanya itu, toge juga mengandung serat yang dapat membantu mengurangi nafsu makan. Pria yang mengonsumsi makanan yang kaya serat cenderung merasa kenyang lebih lama dan lebih akan mengurangi asupan makan.

Manfaat Toge untuk Kesehatan Tubuh Pria

manfaat toge untuk pria
Source: Klik Dokter

Berikut sejumlah manfaat toge untuk para pria. Simak penjelasannya sampai habis, ya.

1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah pria

Kesehatan jantung dan pembuluh darah sangat penting bagi pria. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling umum di dunia dan menjadi penyebab kematian paling umum. Berikut adalah beberapa manfaat toge bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah pria:

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Toge mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Selain itu, toge juga mengandung senyawa yang disebut saponin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meningkatkan kesuburan pria 

Kandungan vitamin E yang ada terdapat pada toge dapat menjaga kesuburan dengan cara melindungi sel-sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas. Dalam kaitannya pada kesuburan, manfaat toge untuk pria dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma. Protein dalam toge 19% lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.

Info wajib baca: 8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!

4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Toge mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Toge mengandung serat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Selain itu, toge juga mengandung senyawa yang disebut inositol yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

6. Toge membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pria

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Pria yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Info wajib baca: Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok? Bisa! Simak Manfaat dan Cara Pakainya

7. Toge sebagai sumber protein nabati untuk pembentukan otot

Pria yang ingin membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuhnya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Toge merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk pria yang menjalani diet vegetarian atau vegan. Protein nabati dalam toge juga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada protein hewani.

Selain itu, toge mengandung asam amino esensial yang penting untuk pembentukan otot. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. 

Pria yang ingin membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuhnya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial, dan toge adalah salah satu makanan yang kaya akan asam amino esensial.


Demikian pembahasan mengenai manfaat toge untuk pria. Dari kandungan-kandungan yang telah dipaparkan di atas, maka sangat cocok, nih, bagi para pria mengonsumsi sayur yang satu ini.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare