...
manfaat teh bunga telang
5-min read

Indah Berkhasiat! Ini 5 Manfaat Minuman Teh Bunga Telang untuk Kesehatan

manfaat teh bunga telang

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat teh bunga telang mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh

Dari banyaknya jenis minuman yang ada, teh menjadi minuman favorit banyak orang karena selain memberikan sensasi kenikmatan di lidah, teh juga sering kali menghadirkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Salah satu jenis teh yang semakin dikenal dan populer adalah teh bunga telang. Tidak hanya memberikan warna yang cantik, teh bunga telang juga memiliki sejumlah manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan, lho.

Nah, apa kamu sudah tahu jenis bunga ini? Yuk, kenali lebih dalam mengenai bunga telang dan manfaat yang dimilikinya saat diolah menjadi minuman teh. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Bunga Telang?

manfaat teh bunga telang
Source: Halodoc

Bunga telang, juga dikenal sebagai Clitoria ternatea, adalah tanaman berbunga yang berasal dari wilayah tropis Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki bunga yang khas dengan warna biru terang atau ungu, yang menghasilkan pigmen alami atau biasa disebut anthocyanin. Pigmen inilah yang memberi warna biru atau ungu pada bunga telang.

Bunga telang telah digunakan dalam berbagai budaya sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman, serta dalam pengobatan tradisional. Di beberapa negara, bunga telang digunakan untuk memberi warna pada makanan seperti nasi, adonan roti, minuman, dan hidangan lainnya.

Info wajib baca: 10 Manfaat Teh Hijau Cap Kepala Djenggot | Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Selain penggunaannya sebagai pewarna alami, bunga telang juga diketahui memiliki beberapa potensi manfaat kesehatan. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa bunga telang mengandung senyawa-senyawa seperti flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami dengan lebih baik manfaat kesehatan yang tepat dari bunga telang. Penggunaan bunga telang dalam pengobatan atau suplemen harus diarahkan oleh tenaga medis yang berkualifikasi, karena reaksi tubuh terhadap bahan alami dapat bervariasi dari individu ke individu.

Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan

manfaat teh bunga telang
Source: GenPI

Dengan kandungan antioksidan, minuman teh dari bunga telah memiliki sejumlah manfaat yang penting untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung di dalamnya:

1. Sumber antioksidan yang kuat

Teh bunga telang mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Senyawa antosianin dalam bunga telang juga memiliki kemampuan antioksidan yang kuat. Nah, senyawa ini juga dapat membantu menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu mencegah berbagai masalah kesehatan.

2. Manfaat teh bunga telang untuk menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang paling dicari dari teh bunga telang adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa antosianin dalam teh bunga telang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Mekanisme ini melibatkan kemampuan antosianin untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menjaga elastisitas dinding pembuluh darah, dan mengurangi peradangan yang dapat memengaruhi jantung.

3. Manfaat teh bunga telang untuk mendukung fungsi otak

Manfaat lainnya dari senyawa antosianin dalam teh bunga telang adalah dukungannya terhadap fungsi otak yang sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu meningkatkan kognisi, melindungi otak dari stres oksidatif, dan bahkan memiliki potensi untuk membantu mencegah masalah neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

4. Membantu menstabilkan gula darah

Bagi kamu yang peduli dengan kontrol gula darah, teh bunga telang juga bisa memberikan manfaat, lho. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa antosianin dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Dengan begitu, teh bunga telang juga bisa menjadi kabar baik bagi seseorang yang menderita diabetes tipe 2 atau mereka yang ingin menjaga keseimbangan gula darah.

5. Manfaat teh bunga telang untuk mendukung sistem pencernaan

Teh bunga telang juga dapat memberikan dukungan pada sistem pencernaan. Senyawa antosianin yang terkandung di dalamnya telah dikaitkan dengan sifat antiinflamasi dan perlindungan terhadap sel-sel usus.

Ini berarti bahwa konsumsi teh bunga telang secara teratur mungkin membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan dan mempromosikan kesehatan pencernaan yang lebih baik.

Info wajib baca: Cara Minum Teh Jati Cina Agar Cepat Langsing, Intip di Sini!

Cara Menyeduh Teh Bunga Telang

Source: Orami

Tertarik untuk menjadikan teh bunga telang sebagai minuman kesehatanmu? Supaya mendapatkan hasil maksimal, berikut ini cara menyeduh teh bunga telang yang benar:

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Bunga telang kering atau segar
  • Air mendidih
  • Gula atau pemanis (opsional)
  • Sedikit perasan jeruk lemon atau kapur sirih (opsional, untuk mengubah warna teh)

Langkah menyeduh teh bunga telang

Perlu diingat, jika kamu menggunakan bunga telang segar, cuci bunga dengan lembut untuk menghilangkan kotoran atau debu. Jika menggunakan bunga telang kering, pastikan bunga dalam kondisi baik dan segar.

  1. Letakkan sekitar 1-2 sendok makan bunga telang kering atau beberapa bunga segar dalam cangkir atau teko.
  2. Panaskan air hingga mendidih dan kemudian tuangkan air mendidih ke dalam cangkir atau teko tempat kamu meletakkan bunga telang. Pastikan bunga benar-benar terendam dalam air.
  3. Biarkan bunga telang meresap dalam air panas selama sekitar 5-10 menit. Waktu meresap dapat disesuaikan sesuai dengan seberapa kuat kamu ingin rasa dan warna teh.
  4. Setelah bunga telang meresap, saring teh dengan menggunakan saringan teh atau penyaring lainnya untuk menghilangkan bunga dan partikel lainnya.
  5. Jika ingin menambahkan sedikit gula atau pemanis lainnya, lakukanlah sesuai dengan selera kamu. Pemanis ini dapat membantu menyeimbangkan rasa teh yang kadang-kadang dapat terasa sedikit pahit.
  6. Jika ingin mengubah warna teh menjadi lebih merah atau ungu, kamu juga dapat menambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau kapur sirih ke dalam teh. Asam dalam perasan jeruk atau kapur akan bereaksi dengan pigmen bunga telang dan mengubah warna teh.
  7. Teh bunga telang siap dinikmati. Kamu pun dapat menikmatinya pada kondisi panas atau dingin


Nah, itulah sejumlah manfaat yang terkandung dalam teh bunga telah. Apa kamu pernah mengonsumsi minuman ini? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare