...
minuman khas palembang
5-min read

6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Dicoba | Ada Pokat Kocok hingga Sugus

minuman khas palembang

Cobain beberapa minuman khas Palembang berikut ini, yuk!

Palembang nggak hanya terkenal dengan makanan khas yang lezat, tetapi juga lewat beragam minuman segar yang menggugah selera. Apakah kamu ingin mencicipi beberapa minuman unik dan autentik dari Palembang?

Jangan khawatir, di artikel ini terdapat beberapa rekomendasi minuman khas Palembang yang pastinya akan memuaskan dahaga kamu. Apa saja kira-kira? Yuk, simak terus sampai habis!

Info wajib baca: 10 Minuman Khas Jawa Barat yang Paling Populer | Sudah Pernah Coba?

Minuman Khas Palembang yang Wajib Dicoba

Ada beberapa jenis minuman yang bisa kamu temui ketika berkunjung ke kota Palembang. Berikut di antaranya:

1. Kopi besemah

minuman khas palembang
Source: budaya-indonesia.org

Kopi besemah adalah minuman khas Palembang yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya kuat dan aroma kopinya yang harum pasti akan menggugah selera kamu. Kopi ini biasanya disajikan dengan gula aren, susu cair atau santan.

Yang membuat kopi besemah unik adalah cara pembuatannya menggunakan alat tradisional seperti colador. Proses pembuatan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan metode modern, tetapi hasilnya sangat memuaskan.

Bagaimana cara mengetahuinya jika sebuah kedai menyajikan kopi besemah asli? Pastikan bahwa biji kopinya digiling secara manual dan bukan mesin. Selain bisa dicicipi langsung, kopi ini juga bisa kamu beli untuk oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke Palembang. 

2. Es jagung

Es jagung adalah minuman khas Palembang yang sangat populer. Minuman ini terbuat dari jagung manis dan gula merah, serta ditambahkan es batu di atasnya. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya membuat es jagung menjadi pilihan favorit masyarakat Palembang untuk melepas dahaga.

Untuk membuatnya, biji jagung dipisahkan dari tongkolnya kemudian diblender hingga halus. Setelah itu, campuran air dan gula merah dimasukkan dalam blender lalu dicampur dengan bubuk jagung hingga bercampur rata. Kemudian adonan tersebut disaring menggunakan saringan halus agar tidak ada ampas yang tersisa.

Setelah adonannya siap, tinggal menuangkan ke dalam gelas saji dan menambahkan es batu secukupnya di atasnya. es jagung akan lebih nikmat jika disajikan dingin ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Tidak hanya rasanya yang enak, ternyata Es Jagung juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung serat alami dari biji jagung sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, es jagung juga memiliki efek penyegaran pada tubuh ketika diminum saat cuaca sedang panas.

3. Teh secang

Di antara berbagai minuman khas Palembang yang wajib dicoba, teh secang menjadi salah satu favorit banyak orang. Minuman ini terbuat dari kayu secang yang diproses dengan cara direbus dan disaring. Teh secang memiliki rasa yang unik, yaitu manis dan agak pahit serta sedikit asam.

Selain rasanya yang enak, teh secang juga memiliki manfaat kesehatan. Akar secang sendiri mengandung zat antioksidan dan anti-inflamasi sehingga bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, teh ini juga baik untuk mengurangi stres karena memiliki sifat menenangkan.

Teh secang sering dijadikan sebagai minuman penyegar saat cuaca panas atau kelelahan setelah beraktivitas fisik. Biasanya akan ditambahkan gula batu atau madu agar lebih nikmat saat diminum dingin.

4. Sarsaparilla

Source: food.grab.com

Sarsaparilla adalah minuman khas Palembang yang terkenal dengan rasa manis dan segarnya. Minuman ini dibuat dari akar sarsaparilla yang telah diproses menjadi sirop dan dicampur dengan air, gula, es batu, dan beberapa bahan lainnya untuk memberikan citra rasa unik.

Rasa Sarsaparilla sendiri cukup sulit dijelaskan karena memiliki rasa yang kompleks namun tetap enak dinikmati. Beberapa orang menyebutkan bahwa rasanya mirip seperti root beer atau cola tapi lebih halus. Minuman ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Palembang seperti kedai-kedai pinggir jalan atau restoran-restoran lokal.

Info wajib baca: Cicipi Kelezatan Tradisional Lewat 5 Minuman Khas Jawa Tengah Ini

5. Es kacang merah

Es kacang merah adalah minuman khas Palembang yang bisa menjadi pilihan sejuk di tengah panasnya siang hari. Minuman ini terbuat dari campuran kacang merah, sirop gula dan es serut. Ketika disajikan, kita bisa menambahkan potongan roti tawar sebagai topping.

Cita rasa manis dan segarnya es ini akan membuat lidah penikmatnya bergetar ketika pertama kali mencoba. Apalagi dengan tambahan roti tawar yang lezat, semakin menyempurnakan kenikmatan saat menikmatinya.

Kandungan kacang merah pada minuman ini juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti membantu mengontrol kadar gula darah serta melancarkan pencernaan. Tak heran jika es kacang merah menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Palembang.

6. Pokat kocok

pokat kocok
Source: menukuliner.net

Pokat kocok adalah minuman khas Palembang yang terbuat dari campuran alpukat yang di-blender lalu ditambah dengan aneka topping, seperti keju, coklat, susu, dan tentunya es serut di atasnya. Minuman ini memiliki rasa unik dan segar dengan tekstur yang menggigit di lidah.

Selain rasanya yang nikmat, pokat kocok juga punya manfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan jantung, mengurangi risiko kanker, memperkuat tulang, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, tetap saja harus kamu ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya karena masih mengandung gula tinggi.


Itulah 6 minuman khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Setiap minuman memiliki rasa dan aroma yang unik, sehingga kita bisa merasakan bagaimana cita rasa Palembang yang sebenarnya.

Meski tergolong sebagai minuman khas daerah, namun beberapa dari mereka sudah dikenal di berbagai penjuru Indonesia. Jadi jangan lewatkan untuk mencicipi minuman khas Palembang tersebut, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare