...
minuman sakit tenggorokan
5-min read

6 Minuman untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Diyakini Ampuh!

minuman sakit tenggorokan

Minuman yang bisa dipilih untuk bantu redakakan sakit tenggorokan!

Sakit tenggorokan adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Ketika tenggorokan terasa nyeri dan teriritasi, hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat makan dan minum menjadi sulit.

Salah satu cara alami yang dapat membantu mengatasi sakit radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsi minuman tertentu. Namun, Penting juga untuk tetap menjaga hidrasi dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Kalau gejala nggak membaik dalam beberapa hari atau semakin parah, disarankan untuk menghubungi dokter, ya.

Rekomendasi Minuman untuk Bantu Redakan Sakit Tenggorokan

Source: Unsplash.com

Nah, ini dia beberapa minuman yang efektif dalam meredakan sakit tenggorokan dan kenapa minuman ini ampuh dapat membantu meredakan gejala.

Info wajib baca: Minuman Penambah Darah, Sudah Coba Minum Jus Buah Bit?

1. Minuman saat sakit tenggorokan, teh hangat dengan madu

Salah satu minuman yang sering digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah teh hangat dengan tambahan madu. Teh hangat dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang teriritasi.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri tenggorokan. Untuk membuat minuman ini, seduh teh herbal seperti teh chamomile atau teh peppermint dengan air panas.

Tambahkan satu sendok makan madu murni ke dalam teh dan aduk hingga larut. Minumlah teh ini secara perlahan untuk meredakan sakit tenggorokan kamu.

2. Larutan garam hangat

Larutan garam hangat adalah salah satu minuman yang efektif dalam meredakan sakit tenggorokan. Garam memiliki sifat antiseptik alami yang membantu membersihkan tenggorokan dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Untuk membuat larutan garam hangat, tambahkan setengah sendok teh garam meja ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga garam benar-benar larut. Gargle dengan larutan garam ini selama beberapa detik, lalu keluarkan.

Ulangi beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri tenggorokan dan membunuh bakteri yang mungkin ada di tenggorokan.

3. Minuman lemon hangat

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan memiliki sifat antimikroba alami. Minuman lemon hangat dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat minuman ini, peras setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan satu sendok teh madu untuk memberikan rasa manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Minumlah secara perlahan untuk meredakan nyeri tenggorokan dan memberikan kelembutan pada tenggorokan yang teriritasi.

Info wajib baca: Minuman Pelancar Haid yang Ampuh untuk Mengatasi Masalah Haid

4. Minuman jahe hangat

Jahe telah lama dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Minuman jahe hangat dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan dan meredakan rasa sakit. Untuk membuat minuman ini, kupas dan iris sepotong akar jahe segar.

Rebus irisan jahe dalam air panas selama sekitar 10-15 menit. Saring air jahe dan tambahkan sedikit madu atau lemon untuk memberikan rasa. Minumlah minuman jahe hangat ini secara perlahan untuk meredakan sakit tenggorokan dan memberikan rasa hangat pada tubuh kamu.

5. Minuman untuk redakan sakit tenggorokan

Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat menenangkan dan penyembuhan alami. Gel lidah buaya mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan pada tenggorokan yang teriritasi.

Untuk membuat minuman lidah buaya, ambil daging gel lidah buaya segar dan campurkan dengan air atau jus buah favorit kamu. Tambahkan sedikit madu jika diinginkan. Minumlah minuman ini secara perlahan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan di tenggorokan.

6. Minuman chamomile hangat

Chamomile memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Seduhan chamomile hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang teriritasi.

Untuk membuat minuman ini, seduh kantung teh chamomile dalam air panas selama beberapa menit. Tambahkan sedikit madu atau lemon jika diinginkan. Minumlah teh chamomile hangat ini secara perlahan untuk meredakan nyeri tenggorokan.


Sakit tenggorokan adalah masalah yang umum dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, dengan menggunakan minuman yang tepat, kamu dapat meredakan gejala dan mendapatkan kenyamanan

Mana yang sering kamu konsumsi?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare