...
nasi uduk kebon kacang
5-min read

4 Rekomendasi Nasi Uduk Kebon Kacang yang Enak dan Murah, Awas Ketagihan!

nasi uduk kebon kacang

Mau makan nasi uduk Kebon Kacang yang enak dan murah? Yuk, mampir ke beberapa kedai ini!

Nasi uduk merupakan salah satu makanan Indonesia yang berasal dari budaya Betawi. Salah satu tempat makan nasi uduk yang juga terkenal di masyarakat ialah nasi uduk Kebon Kacang.

Sebagai masyarakat Indonesia, kamu dapat dengan mudah menemukan warung nasi uduk yang hampir ada di setiap daerah, khususnya di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Namun, nasi uduk ini masih sering dikaitkan oleh kalangan masyarakat dengan salah satu daerah di Jakarta, yaitu tepatnya di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Lantas, apa, ya, yang membuat daerah Kebon Kacang ini terkenal sebagai daerah nasi uduk? Yuk. sini merapat buat mengenal asal-usul nasi uduk Kebon Kacang dan serba-serbi di dalamnya!

Sejarah Nasi Uduk Kebon Kacang

Makanan satu ini ternyata menyimpan sejarahnya sendiri yang nggak kalah menarik, lhh!

sejarah nasi uduk kebon kacang
Source: Sweetrip Indonesia

Menurut Yahya Andi Saputra yang merupakan salah satu Sejarawan Betawi, sejarah nasi uduk Kebon Kacang ini diawali dari tahun 1930-an. Yahya mengatakan pada waktu itu, terdapat sekolah hukum di sekitar kawasan Kebon Kacang sehingga ramai oleh banyak mahasiswa yang tinggal di situ.

Selain mahasiswa, juga terdapat pegawai yang bekerja di sekitar daerah Kebon Kacang. Karena daerah tersebut dikelilingi oleh mahasiswa dan pegawai, beberapa orang membuka warung makan nasi uduk khas Betawi ini yang akhirnya disukai oleh masyarakat sekitar.

Pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto, daerah Jalan Jaksa di sekitar Kebon Kacang ini semakin terkenal di kalangan masyarakat karena banyak yang mencari makan di kawasan tersebut mulai dari sore hingga malam hari. Oleh karena itu, kuliner kawasan Kebon Kacang ini semakin terkenal dari mulut ke mulut, terutama nasi uduk yang legendaris.

Ciri Khas Nasi Uduk Kebon Kacang

Sama seperti kuliner Indonesia lainnya, nasi uduk Kebon Kacang juga memiliki ciri khasnya tersendiri.

ciri khas nasi uduk kebon kacang
Source: Qraved

Sebenarnya, sajian nasi uduk di sini sama seperti nasi uduk khas Betawi lainnya. Salah satu hal yang membedakan kuliner satu ini dari nasi uduk lainnya ialah cara pengemasannya.

Ciri khas nasi uduk Kebon Kacang ini menggunakan daun pisang yang dibentuk mengerucut sebagai pembungkusnya dan di atas nasi uduk terdapat taburan bawang merah goreng yang melimpah.

Tekstur dari nasi uduk sendiri juga berbeda dari nasi biasa pada umumnya, nasi uduk di sini memiliki tekstur yang tidak lengket karena dimasak menggunakan beberapa jenis rempah-rempah dan kemudian dikukus terlebih dahulu.

Info wajib baca: 13 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba, Harga Mulai 10 Ribu!

Rekomendasi Nasi Uduk di Kebon Kacang

Berikut beberapa rekomendasi warung makan nasi uduk Kebon Kacang yang bisa kamu kunjungi.

rekomendasi warung nasi uduk kebon kacang
Source: PergiKuliner.com

1. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Betawi Ibu NingNung

Warung nasi uduk dan ayan goreng Betawi Ibu Ningnung ini menyajikan berbagai macam menu makanan nasi, ayam, bebek, dan seafood yang enak dan lezat dengan harga yang terjangkau. Jam operasional warung nasi uduk dan ayam goreng Betawi Ibu Ningnung ini dibuka mulai dari pukul 10.30 WIB – 21.00 WIB.

Salah satu menu favorit di warung nasi uduk dan ayam goreng Betawi Ibu Ningnung ini adalah paket nasi uduk yang dibungkus menggunakan cup dengan isian ayam goreng/bakar/penyet, tahu, tempe, sambal kacang/goreng/bawang ini yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp31.500/porsi. Sedangkan untuk paket nasi uduk yang dibungkus daun pisang dengan isian serupa dibanderol mulai dari Rp32.000/porsi.

  • Alamat Nasi Uduk dan Ayam Goreng Betawi Ibu NingNung: Jln. Kebon Kacang 9 No.7, Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Info wajib baca: 5 Seblak Enak dan Terdekat di Jakarta | Cari Tahu Juga Tips Makan Seblak Biar Makin Nampol!

2. Nasi Uduk Puas Hati Ibu Tati

Warung Ibu Tati menyediakan menu nasi uduk yang dilengkapi oleh berbagai jenis lauk di antaranya ayam goreng, iso, paru, tempe, tahu, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan menu nasi uduk dengan babat, paru, iso, dan empal dengan harga mulai dari Rp23.000/porsi.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan menu nasi uduk dengan ayam goreng atau ayam bakar dengan harga yang sama yaitu Rp23.000/porsi. Oh ya, jam operasional warung nasi uduk Ibu Tati ini buka mulai dari pukul 12.00 WIB – 00.00 WIB.

  • Alamat Nasi Uduk Puas Hati Ibu Tati: Jln. Kebon Kacang 1 No.63, Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat

3. Nasi Uduk Kakek H. Suryadi

Warung nasi uduk Kakek H. Suryadi yang telah berdiri sejak tahun 1950-an ini menyediakan menu nasi uduk dengan berbagai macam lauk antara lain ayam goreng, babat, iso, paru, udang, rendang, ati ampela, usus dan kepala ayam, tahu, tempe, asinan, serta pete.

Untuk menu nasi uduk dengan ayam goreng, rendang, atau empal kamu bisa membelinya dengan harga Rp21.000/pcs. Untuk menu nasi uduk dengan lauk babat atau iso (usus sapi) mulai dari harga Rp19.000/porsi, selain itu kamu juga bisa menambah lauk tahu kuning dengan harga Rp3.000/pcs.

Warung nasi uduk Kakek H. Suryadi buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 00.00 WIB. Jangan lupa mampir!

  • Alamat Nasi Uduk Kakek H. Suryadi: Jln. Kebon Kacang 10 No.12, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat

4. Kedai Zainal Fanani

Warung nasi uduk ini telah berdiri sejak tahun 1967 dan memiliki jam operasional mulai dari pukul 10.00 WIB – 00.00 WIB. Kedai Zainal Fanani menyajikan menu nasi uduk khas Betawi dengan berbagai lauk seperti ayam, udang, tahu, tempe, ati ampela, usus, kulit, hingga petai.

Harga lauk yang disajikan di warung ini berkisar mulai dari Rp3.000-Rp25.000/pcs. Lauk dengan harga tertinggi di warung ini ialah sate udang, kemudian lauk empal seharga Rp23.000/pcs, dan ayam goreng dengan harga Rp20.000/pcs.

  • Alamat Kedai Zainal Fanani: Jln. Kebon Kacang 8 No.5, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Itu tadi penjelasan singkat terkait sejarah nasi uduk Kebon Kacang beserta ciri khas dan beberapa rekomendasi warungnya yang enak dan murah. Sekarang kamu jadi makin tertarik buat cobain langsung nasi uduk Kebon Kacang, kan?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare