...
makanan khas malang
5-min read

8 Makanan Khas Malang, Mulai dari Manis, Gurih, hingga Populer | Wajib Coba Semua!

makanan khas malang

Ada banyak pilihan makanan khas Malang yang siap menggoyang lidah, sam!

Kata ‘Malang’, tuh, identik dengan makanan. Jadi apa yang langsung terpikirkan saat kamu mendengarnya? Apakah Bakso Malang atau Cwie Mie? Bisa jadi, ya, soalnya kedua makanan tersebut memang termasuk makanan khas Malang yang terkenal dan banyak penjualnya.

Kota Malang sendiri memiliki beberapa makanan khas daerah yang tidak kalah enak dari salah satu makanan yang sudah disebutkan di atas. Untuk kamu yang penasaran terhadap makanan khas Malang lainnya, yuk, intip daftarnya.

Makanan Khas Malang yang Ikonik

Sebagai kota yang terkenal dengan apelnya, Malang juga memiliki beberapa kuliner ikoniknya, lho! Penasaran? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Makanan khas Malang: Cwie Mie

makanan khas malang
Source: IDN Times

Makanan satu ini sebenarnya merupakan makanan khas Malang yang memiliki ciri khas Tionghoa di dalamnya. Mungkin banyak dari kamu yang lebih mengenal cwie mie sebagai pangsit mi gara-gara namanya merepresentasikan isian dalam semangkuk hidangannya.

Dalam penyajianya, cwie mie ini biasanya berisi mi yang disajikan bersama pangsit, daging ayam cicncang, daun bawang, dan kuah bening yang sangat segar. Kamu bisa menikmati makanan yang satu ini lebih nikmat hangat-hangat. Sementara penyuka pedas bisa menambahkan sambal biar lebih nampol!

2. Bakso Malang

makanan khas malang
Source: iNews

Hayo, pasti banyak dari kamu yang sudah sangat familiar dengan makanan satu ini, bukan? Makanan ini sendiri dapat kamu temukan di mana-mana, termasuk di luar kota Malang. Pastinya, sih, kalau kamu berkunjung ke Malang, jangan lupa makan bakso Malang yang dibuat langsung di kota aslinya!

Makanan yang satu ini tentunya berisi bakso, pangsit kering, pangsit basah, tahu putih, mi kuning, mi putih, bawang goreng, daun bawang, dan tauge. Ditambah makanan ini diolah menggunakan bumbu rahasia yang membuatnya semakin enak dan bikin ketagihan. Benar nggak?

3. Makanan khas Malang: Orem-Orem

Orem-Orem
Source: GoTravelly

Selain dikenal sebagai kota penghasil apel Malang, kota ini juga terkenal sebagai kota penghasil tempe. Oleh karena itu kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa icip Orem-orem yang berbahan dasar tempe goreng.

Dalam seporsi orem-orem terdiri atas tempe goreng yang diiris tipis, lalu diberi kuah. Untuk kuahnya sendiri menggunakan santan yang teksturnya agak mirip kuah sayur lodeh. Bedanya, sih, kuah orem-orem memiliki cita rasa yang lebih pedas. Kamu penyuka olahan tempe wajib coba makanan ini!

4. Sate Gebug

Sate Gebug
Source: Suara.com

Apa abis makan ini rasanya langsung pengen gebuk orang, sam? Tentu tidak! Yang berkaitan dengan gebuk-menggebuk adalah proses pembuatan sate ini. Daging maupun lemaknya digebuk sampai lunak, lalu dilumuri oleh bumbu kecap manis yang encer dan enak!

Sate gebug berbahan dasar daging sapi has bagian dalam. Sama dengan sate-sate lainnya, nih, sate gebuk juga dibakar di atas arang berapi. Menarik, ya?

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Laksa Tangerang, Ada yang Legendaris!

Makanan Khas Malang yang Melegenda

Selain makanan-makanan yang ikonik di atas, di Malang juga ada makanan-makanan khas yang sudah melegenda, pastinya wajib kamu coba kalau sedang mengunjungi Kota Malang!

Pos Ketan Legenda

makanan khas malang
Source: Tripadvisor

Kamu yang menyukai kuliner ketan, wajib mencoba makanan satu ini. Pos Ketan Legenda sudah buka sejak 1967, karena itu makanan yang satu ini masuk ke daftar makanan legendaris khas Malang.

Menu utama yang disajikan terdiri atas ketan dengan berbagai macam topping yang bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan keinginan. Bertempat di alun-alun Kota Wisata Batu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama menjelang malam hari. Kamu wajib ke sini!

Makanan khas Malang: Tahu Lontong “Lonceng”

makanan khas malang
Source: Tugujatim.id

Tempat makan yang menyajikan salah satu kuliner khas Malang ini sudah buka sejak tahun 1935. Tahu lontong “lonceng” ini akan memanjakan kamu dengan kecambah, mentimun, dan bumbu kacang yang khas pada kunjungan pertama.

Kamu cukup menyeberang dari Klenteng Eng Ang Kiong yang lokasinya dekat dengan rumah kematian Panca Budi di kawasan Pasar Besar. Tempat makan yang satu ini wajib kamu sambangi jika sedang berkunjung ke Malang!

Info wajib baca: Hobi Jajan, Sudah Coba 5 Mie Ayam Terdekat Murah dan Enak di Jakarta Ini?

Rawon Brintik

Rawon Brintik
Source: TripZilla Indonesia

Malang juga punya rawon yang enak dan legendaris, lho, tepatnya di rumah makan Rawon Bintik. Daging sapi empuk di dalam sajian rawon bintik, dengan kuah hitam yang kental dan kaya rempah. Wajib banget dinikmati saat panas-panas!

Rawon legendaris yang satu ini wajib masuk ke daftar wisata kuliner kamu di Malang, terutama di musim hujan atau saat udara sedang dingin-dinginnya. Ditambah tempe goreng, kerupuk udang, dan nasi, makin enak dan kenyang.

Makanan khas Malang: Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem
Source: detikFood – Detikcom

Tenang, tenang, nggak ada tawon yang disakiti dalam minuman ini! Diberi nama es tawon karena katanya, nih, dulu minuman ini dijajakan di bawah pohon asam yang ada sarang tawonnya. Makanya diberi nama ‘es tawon’.

Minuman pelepas dahaga yang satu ini sudah ada sejak 1955, dan banyak peminatnya. Segelas Es Tawon Kidul Dalem ini terdiri atas cincau, cendol, tapai, kacang hijau, mutiara, blewah, dan sirup merah. Hmm, seger!


Kota Malang nggak hanya memiliki bakso Malang sebagai makanan ikonik, ya. Ada banyak banget makanan-makanan khas lain yang menjadi ciri khas kota Malang. Pastinya wajib banget kamu coba kalau ke liburan atau mudik ke Malang. Apakah ada makanan khas Malang favoritmu? Coba bagikan di kolom komentar, dong.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kota Kamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare