...
penyebab kulkas tidak dingin
5-min read

Bukan Hanya Isi Terlalu Banyak, Ini Dia Penyebab Kulkas Tidak Dingin

penyebab kulkas tidak dingin

Naro makanan di kulkas, tapi kok nggak dingin, ya? Mungkin beberapa penyebab kulkas tidak dingin ini ada di kulkasmu!

Panas-panas, enaknya buka kulkas! Pasti waktu kecil kamu sering begini deh kalau lagi kepanasan, hayo ngaku! Kostmin juga pernah soalnya, hehehe. Tapi, gimana kalau begitu dibuka kulkasmu nggak dingin? Waduh! Apa yang jadi penyebab kulkas tidak dingin, ya?

Kulkas jadi salah satu alat canggih yang bisa mendinginkan makanan, maupun minuman. Banyak dari kamu juga pasti punya kulkas di rumah, mau yang satu pintu atau bahkan sampai 4 pintu! Tapi, mau sebanyak apapun pintunya, kalo nggak dingin ya, jadi bukan kulkas, dong 😔

Kalau udah begini, kita pasti jadi penasaran, kira-kira, apa aja, sih penyebab kulkas jadi nggak dingin? Gara-gara listrik? Atau makanannya? Biar nggak penasaran, kita bahas satu-satu, yuk!

Deretan Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Source: Freepik

Kulkas yang nggak dingin pasti jadi masalah buat sebagian besar dari kita. Kulkas yang nggak dingin mungkin mengalami beberapa masalah. Masalah-masalah ini bisa berasal dari banyak hal, seperti komponen kulkas yang rusak atau terdapat masalah dengan sistem pendinginnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan dari beberapa kemungkinan penyebab yang bikin kulkas kamu kurang dingin berikut ini!

1. Penyebab kulktas tidak dingin karena tegangan listrik tidak stabil

Aliran listrik juga bisa berpengaruh pada dingin atau nggaknya kulkas kamu, loh. Nggak cuma kulkas, perangkat elektronik lain juga bisa terpengaruh oleh hal ini. Kalau terjadi terus menerus, ada kemungkinan kulkasmu bisa rusak.

Oleh karena itu, penting buatmu untuk selalu mengecek tegangan listrik di rumah ketika kulkasmu nggak terlalu dingin. Kelistrikan ini juga mesti kamu pahami seandainya kamu punya sepeda listrik, jadi cari tahu juga kelebihan dan kekurangan sepeda listrik.

Tapi, kalau masalahnya bukan di listrik, mungkin beberapa penyebab lain di bawah ini jadi salah satu masalah utamanya. Apa aja?

2. Kondensor yang tidak berfungsi

Kondensor adalah komponen penting dalam sistem pendingin kulkas. Komponen ini bertanggung jawab untuk membantu mendinginkan gas yang dilewatkan ke dalamnya. Jika kondensor tidak berfungsi dengan baik, maka kulkas akan sulit untuk menurunkan suhu di dalamnya.

Ada beberapa alasan mengapa kondensor bisa rusak, seperti kotoran dan debu yang menumpuk pada permukaannya atau bagian kelistrikan yang bermasalah.

3. Terlalu banyak isi kulkas

Ketika Anda menempatkan terlalu banyak barang di dalam kulkas, ruang di dalamnya akan terlalu penuh dan mencegah udara dingin untuk sirkulasi dengan benar. Kalau udara dingin nggak bisa mengalir dengan bebas, maka kulkas nggak bisa mencapai suhu yang diinginkan.

Pastikan kamu menempatkan barang-barang di dalam kulkas dengan rapi dan nggak terlalu banyak, sehingga udara dingin dapat bersirkulasi dengan bebas, dan bikin kulkasmu jadi dingin lagi!

Info wajib baca: 6 Alat Komunikasi Tradisional, Ketahui Manfaat dan Fungsinya!

4. Evaporator yang bocor

Evaporator adalah bagian kulkas yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam ruang kulkas. Jika evaporator bocor, maka kulkas juga akan sulit untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Ada beberapa alasan mengapa evaporator bisa bocor, seperti kondisi korosi atau kebocoran di dalam sistem pendingin kulkas.

5. Kipas tidak berfungsi

Kipas di dalam kulkas berfungsi untuk membantu udara dingin beredar di dalam kulkas. Kalau kipas dalam kulkas nggak berfungsi, maka udara dingin nggak akan tersirkulasi dengan benar di dalam kulkas.

Kipas mungkin saja rusak atau terdapat masalah dengan kelistrikan yang menyebabkan kipas tidak berputar dengan benar. Periksa kipas secara teratur dan pastikan bahwa kelistrikan yang menyuplai kipas berfungsi dengan baik.

6. Thermostat Rusak

Thermostat dalam kulkas adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengontrol suhu di dalam kulkas. Jika thermostat rusak, maka kulkas tidak akan dapat mencapai suhu yang diinginkan. Thermostat mungkin mengalami kerusakan karena beberapa hal, seperti usia kulkas atau masalah kelistrikan.

7. Penyebab kulkas tidak dingin karena karet pengganjal pintu kulkas rusak

Sepele, tapi ini bisa bikin kulkasmu jadi kurang dingin! Karet pintu kulkas yang rusak atau aus bisa membuat pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat. Akibatnya udara dingin di dalam kulkas akan keluar dan kulkasmu kurang dingin.

Karet pada pintu kulkas yang rusak, biasanya terjadi karena pintu kulkas terlalu sering dibuka atau ditutup oleh penggunanya.

Solusinya Mengatasi Penyebab Kulkas Tidak Dingin Gimana, Min?

Source: Builder ID

Terimakasih sudah bertanya, gaes! Gini, beberapa solusi yang bisa kamu lakukan agar kulkasmu tetap dingin diantaranya adalah dengan memanggil ahli reparasi kulkas, dan perbaiki beberapa komponen yang bermasalah.

Seperti misalnya memperbaiki kondensor kulkasmu agar tidak cepat rusak akibat debu dan kotoran yang menumpuk. Kamu bisa meminta tolong ahli reparasi atau melakukannya sendiri jika bisa.

Beberapa komponen lainnya yang mungkin bisa diperbaiki adalah thermostat, dan evaporator. Tapi kalau komponen-komponen tadi sudah nggak bisa diperbaiki, mau nggak mau kamu harus ganti dengan yang baru.

Selain itu, kamu juga perlu secara berkala mengecek beberapa hal lain seperti kipas, tegangan atau aliran listrik, karet pada pintu kulkasmu, bahkan jumlah makanan yang ditaruh.

Info wajib baca: Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok? Bisa! Simak Manfaat dan Cara Pakainya


Nah, setelah menyimak penjelasan terkait beberapa hal yang bisa menyebabkan kulkasmu jadi kurang dingin, sekarang kamu jadi tahu kalau masalah sesederhana karet kulkas atau makanan yang terlalu banyak juga bisa berpengaruh pada dingin atau tidaknya kulkasmu!

Jangan sampai diabaikan ya, kalau nggak mau sampai kulkasmu rusak! Kira-kira masalah yang mana, nih yang pernah atau sedang dialami kamu? Atau ada penyebab lain yang belum Kostmin taruh di atas? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare