...
minyak zaitun untuk rambut rontok
5-min read

Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok? Bisa! Simak Manfaat dan Cara Pakainya

minyak zaitun untuk rambut rontok

Rambut kamu rontok? Cek manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok dan cara pakainya ini!

Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang, terutama wanita. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, termasuk keturunan, stres, kekurangan gizi, dan kondisi kesehatan tertentu.

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu memperbaiki kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok. Di rumah kamu ada minyak zaitun? Coba simak bahasan lebih lanjut tentang manfaat dan cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut rontok. Simak sampai habis ya!

Apa Itu Minyak Zaitun?

minyak zaitun untuk rambut rontok
Source: Hops.ID

Minyak zaitun adalah minyak yang diekstraksi dari biji zaitun. Minyak ini kaya akan vitamin E dan kandungan lemak yang dapat membantu melembapkan rambut dan menjadikannya lebih sehat. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan membuatnya lebih tebal.

Minyak zaitun telah lama digunakan untuk perawatan rambut. Zaitun berasal dari pohon oliv yang tumbuh di Mediterranean. Zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun dapat membantu mencegah rambut rontok dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Info wajib baca: Cara Menghilangkan Daki di Leher Biar Kamu Makin Pede, Yuk Coba!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

minyak zaitun untuk rambut rontok
Source: Alodokter

Minyak zaitun adalah minyak nabati yang diekstrak dari buah pohon zaitun. Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut, termasuk vitamin E, asam lemak esensial, dan antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat minyak ini untuk rambut yang rontok:

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menghidrasi rambut dan kulit kepala. Minyak zaitun dapat menembus kulit kepala dan membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat folikel rambut. Folikel rambut yang bersih dan sehat dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

2. Menguatkan Rambut

Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Asam lemak esensial membantu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala sehingga rambut tetap kuat dan tidak mudah patah.

3. Meningkatkan Kondisi Rambut

Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kondisi rambut dengan menutrisi rambut dan kulit kepala. Antioksidan dalam minyak zaitun membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi lingkungan.

4. Mengatasi rambut bercabang

Kamu juga bisa mengatasi rambut bercabang dengan mengolekan minyak zaitun secara langsung di ujung rambut yang bercabang. Minyak zaitun akan memberikan kelembapan dan menutrisi rambut yang rusak dan bercabang.

5. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Siapa sangka kalau minyak zaitun juga bisa melembabkan rambut dan kulit kepala? Kamu bisa mendapatkan rambut dan kulit kepala yang lembap dan ternutrisi hanya dengan menggunakan minyak zaitun.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

Cara Menggunakan
Source: SehatQ

Setelah mengetahui beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok, berikut ini adalah beberapa cara penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok:

1. Penggunaan Langsung

Minyak zaitun dapat dioleskan langsung ke rambut dan kulit kepala. Pertama-tama, hangatkan beberapa tetes minyak zaitun dalam telapak tangan kamu dan pijatkan ke kulit kepalamu. Setelah itu, oleskan sisa minyak yang ada ke rambut kamu dan biarkan selama 30 menit hingga semalaman. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo dan air hangat.

Kamu juga bisa gunakan minyak zaitun sebelum pakai shampoo, usapkan minyak perlahan mulai dari ujung hingga bagian tengah rambut. Lalu, ikat atau kepang rambutmu dan tutup memakai shower cap setidaknya 20-30 menit hingga minyak terserap oleh batang rambut. Fokus pada bagian rambut yang kering saja, ya.

2. Masker kulit kepala yang kering

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat masker rambut yang dapat membantu mengatasi kulit kepala kering. Caranya, oleskan minyak zaitun hanya ke bagian yang kering, seperti mengaplikasikan pelembap wajah.

Gunakan ke kulit kepala tipis-tipis dan kamu wajib mendiamkannya sekitar 20 menit sebelum keramas. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu disarankan untuk tidak membilas rambutmu menggunakan air panas.

3. Masker minyak zaitun dan putih telur

Campuran antara minyak zaitun dan putih telur dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk rambut kamu. Caranya cukup mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dan satu putih telur. Lalu, mengaduknya hingga rata.

Setelah rata, kamu tinggal aplikasikan ke rambutmu secara merata lalu tunggu selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air dingin.

Info wajib baca: Dijamin Ampuh, Cek 6 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam Ini | Muka Glowing Maksimal!

Penggunaan minyak alami berikut untuk rambut rontok aman-aman saja karena ini adalah salah satu bahan alami yang nggak melalui proses kimia. Walaupun keefektifannya belum terbukti sepenuhnya, kamu bisa pakai minyak zaitun untuk rambut rontokmu sebagai pengganti treatment rambut yang aman tanpa bahan kimia.


Nah, sekarang kamu udah tau kan manfaat lain dari minyak zaitun untuk rambut kamu? Selain untuk rambut rontok, minyak zaitun juga punya manfaat lainnya buat rambut dan kulit kepala kamu biar lebih sehat. Kalau kamu kamu tau manfaat lain dari minyak zaitun untuk rambut, tulis di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare