...
perbedaan ekonomi c dan ca
5-min read

Perbedaan Ekonomi C dan CA dalam Kereta Api, Mana yang Kamu Pilih?

perbedaan ekonomi c dan ca

Perbedaan ekonomi C dan CA dalam KA kelas Ekonomi dapat kamu temukan di sini!

Naik kereta api di Indonesia tentunya sudah menjadi hal yang lumrah. Mulai dari jalan-jalan di dalam kota sampai perjalanan jauh ke pelosok daerah, kereta api jadi salah satu moda transportasi favorit.

Tapi, tahu nggak sih, saat kamu memilih kelas kereta, ternyata masih ada subkelas lagi yang bisa dipilih. Pada kereta kelas ekonomi misalnya, terdapat pilihan subkelas C dan CA yang sering kali bikin bingung. Lantas, apa bedanya, ya?

Tenang, di artikel ini kita bakal bahas lebih dalam mengenai perbedaan tiket kereta ekonomi subkelas C dan CA. Dengan begitu, kamu jadi nggak bingung lagi saat harus kursi di kereta ketika ingin melakukan perjalanan.

Info wajib baca: 7 Wisata Malam Surabaya yang Unik dan Menarik, Sudah Pernah ke Sini?

Perbedaan Kereta Ekonomi Subkelas C dan CA

perbedaan ekonomi c dan ca
Source: Genpi.co

Nah, untuk mengetahui perbedaan ekonomi C dan CA dalam KA Ekonomi. Coba simak artikel ini sampai tuntas, yuk.

Berikut ini merupakan perbedaan antara kedua subkelas ini dan juga sejarah munculnya subkelas ini. 

1. Perbedaan ekonomi C dan CA kereta api

Pertama-tama, mungkin kita penasaran, apa sih beda Ekonomi C dan CA ini? Nah, pada kenyataannya, perbedaan antara keduanya sekarang udah nggak begitu terlihat lagi, guys

Dulunya, PT KAI mengklasifikasikan kedua subkelas ini berdasarkan tingkat kenyamanan. Namun sekarang, kedua subkelas ini sudah disamakan untuk masing-masing subkelas tersebut.

Adapun salah satu perbedaan yang paling mencolok saat ini dari kereta ekonomi C dan CA itu dari segi harga tiketnya. Jadi, bisa dibilang pilihan subkelasnya lebih ke masalah harga tiket aja, guys.

Sementara itu, sekarang ini, fasilitas dan layanan yang didapatkan di kelas Ekonomi C dan CA itu sama aja. Kamu pun nggak perlu mengkhawatirkan lebih jauh untuk hal ini. Pastinya tetap bikin kamu nyaman selama perjalanan, deh.

Supaya bisa mendapatkan harga tiket kereta sesuai dengan budget, ada beberapa tipsnya, nih. Jadi, kalau pesan tiket jauh-jauh hari, biasanya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah, lho.

Namun, kalau kamu tipe orang yang suka ngaret atau baru pesan tiket di menit-menit terakhir, ya udah siap-siap aja bayar lebih mahal, ya. Jadi, pilihan antara Ekonomi C atau CA ini tergantung sama budget dan juga kapan kamu pesan tiketnya.

2. Sejarah munculnya subkelas KA Ekonomi C dan CA

Walaupun sudah tahu apa saja perbedaannya, namun mengetahui sejarah dibuatnya perbedaan subkelas ini juga sangat menarik, lho. 

Awalnya, PT KAI membuat subkelas ini untuk menambah variasi kelas ekonomi yang ditawarkan. Dengan adanya dua subkelas ini, diharapkan bisa lebih memenuhi kebutuhan penumpang dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman.

Pas pertama kali muncul, Ekonomi C dan CA punya perbedaan yang lebih jelas, seperti fasilitas, layanan, dan rangkaian gerbong. Jadi, calon penumpang punya pilihan yang lebih banyak untuk menyesuaikan kebutuhan dan preferensi mereka.

Tapi seiring berjalannya waktu, perbedaan-perbedaan tersebut sudah dihilangkan. Jadi, sekarang cuma harga tiketnya yang bikin beda antara Ekonomi C dan CA. Intinya, pilihan subkelas ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Dengan adanya perbedaan subkelas ini juga membuat persaingan harga jadi lebih adil. Penumpang tidak diharuskan untuk selalu memilih harga tiket paling mahal untuk mendapatkan fasilitas terbaik di kelasnya.

Macam-macam Kelas Kereta Api Ekonomi

perbedaan ekonomi c dan ca
Source: Babad Id

Selain Ekonomi C dan CA, kelas Ekonomi di kereta api juga punya subkelas lainnya, lho. Ada juga subkelas P, Q, S, dan Z.

Namun, ini semua hanya sekadar kode untuk memisahkan tarif tiketnya berdasarkan golongan saja ya, gaes. Jadi, kalau kamu mau beli tiket Ekonomi, nanti bakal muncul pilihan subkelas-subkelas ini.

Kalo subkelas CA biasanya punya tarif yang lebih tinggi dibanding yang lainnya, sedangkan subkelas S biasanya punya tarif paling murah. Subkelas Z biasanya buat promo-promo khusus, sehingga bisa jadi pilihan buat yang lagi cari tiket hemat.

Info wajib baca: Jalan-Jalan ke Solo? Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Solo Murah Ini | Nikmati juga Kuliner Khasnya

Perbedaan Ekonomi C dan CA: Mana Kelas Kereta Api Ekonomi yang Kamu Pilih?

Oke, sekarang kita udah tau perbedaannya, tapi pertanyaannya, di antara Ekonomi C atau CA, mana yang paling cocok buat kamu? Nah, sebenarnya kalau dari segi fasilitas, layanan, dan rangkaian gerbong, sudah nggak ada bedanya lagi antara keduanya. Cuma harga tiket saja yang jadi pembeda.

Kalau kamu tipe yang suka hemat dan bisa atur jadwal perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya, Ekonomi C bisa jadi pilihan yang oke. Harga tiketnya lebih murah, jadi kamu bisa irit buat biaya perjalanan.

Tapi kalau kamu tipe yang suka buru-buru dan sering pesan tiket di menit-menit terakhir, Ekonomi CA bisa jadi alternatif. Meskipun harganya lebih mahal, tapi biasanya masih tersedia tiket di menit-menit terakhir.

Tipsnya, sebelum memilih kelas kereta api, cek dulu jarak tempuh dan rute perjalanan kamu, serta anggaran yang dimiliki untuk beli tiket kereta. Selain itu, pastikan untuk mengecek jadwal dan ketersediaan tiket sebelum pesan, ya. Dengan begitu, kamu jadi bisa pilih kelas kereta api yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Tips Memilih Kursi di Kereta Ekonomi, Biar Perjalanan Makin Nyaman

kereta ekonomi c dan ca
Source: Unsplash.com

Siapa, sih, yang nggak mau perjalanannya menggunakan kereta api terasa nyaman dan menyenangkan? Nah, biar nggak bete sepanjang jalan, apalagi yang memakan waktu lama, simak tips-tips memilih kursi di kereta ekonomi berikut ini, nih.

1. Jangan pilih kursi dekat toilet

Bagi kamu yang ingin menikmati perjalanan dengan tenang, sebaiknya hindari, deh, memilih kursi dekat toilet atau perbatasan antar-gerbong. Karena kalau duduk di sini, kamu harus siap-siap mencium aroma yang kurang sedap. Selain itu, orang juga akan sering berlalu-lalang di perbatasan antar-gerbong.

    Selain itu, suara pintu gerbong yang terbuka dan tertutup bisa bikin kaget, lho. Belum lagi kalau pintu gerbong nggak ditutup lagi, kamu harus menikmati suara mesin kereta api yang berisik, deh.

    2. Pilih tempat duduk dekat gerbong restorasi

    Kalau kamu doyan jajan, sebaiknya pilih tempat duduk dekat gerbong restorasi. Dengan begitu, kamu nggak perlu melewati banyak gerbong untuk menuju kantin kereta.

    3. Pastikan kursi sesuai arah laju kereta

    Duduk di kereta api sesuai arah laju kereta tentunya terasa lebih nyaman dibandingkan duduk berbalik arah dan melihat pemandangan secara mundur. Apalagi bagi kamu yang mudah pusing jika melihat pemandangan mundur, hal ini penting banget untuk diperhatikan, nih.

    4. Tentukan kursi dekat lorong atau jendela

    Saat memilih kursi, kamu bisa memilih di dekat lorong atau jendela, sesuai dengan preferensimu. Kalau misalnya kamu suka menikmati pemandangan, apalagi saat perjalanan siang hari, kamu bisa memilih di dekat jendela.

    Meski begitu, kalau kamu sering bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya kamu memilih kursi dekat lorong, supaya mudah untuk pergi ke toilet.

    5. Pastikan posisi AC

    Posisi AC juga bisa jadi bahan pertimbangan ketika kamu memilih tempat duduk. Kalau kamu sering merasa kepanasan, pilihlah kursi dekat AC. Sementara itu, kalau kamu sering merasa kedinginan atau tidak tahan AC, sebaiknya pilih kursi yang agak jauh.

    Updated by: Aziza


    Jadi, sekarang udah tau, kan, perbedaan Ekonomi C dan CA dalam kereta api jarak jauh? Semoga penjelasan ini membantu buat kamu yang lagi rencana naik kereta api, ya. Jadi, selamat jalan-jalan dan selamat memilih subkelas yang sesuai dengan kebutuhanmu! Semoga perjalananmu menyenangkan!

    Punya pengalaman yang menarik untuk saat kamu melakukan perjalanan menggunakan kereta apa? Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

    Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

    Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

    Cek Info Kost di Kotamu:

    Info Kost Jakarta Barat Murah

    Info Kost Jakarta Selatan Murah

    Kost Yogyakarta Murah

    Info Kost Depok Murah

    Join The Discussion

    Cari

    Compare listings

    Compare