...
perbedaan PCX ABS dan CBS
5-min read

Bedanya PCX ABS dan CBS: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Motor Baru

perbedaan PCX ABS dan CBS

Berminat beli motor baru? Yuk, simak perbedaan PCX ABS dan CBS yang perlu kamu ketahui berikut!

Hai teman-teman pecinta sepeda motor! Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan dua varian terbaru dari Honda, yaitu PCX ABS dan CBS. Tapi, apa sih perbedaan antara keduanya? Apa saja fitur-fitur unggulan yang dimiliki masing-masing?

Nah, untuk kamu yang sedang bimbang memilih jenis motor baru, artikel kali ini akan membahas secara detail perbedaan antara PCX ABS dan CBS sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat sebelum membeli. Yuk, kita simak ulasannya!

Apa Itu PCX ABS dan CBS?

Apa itu PCX ABS dan CBS?
Source: Moladin

PCX ABS dan CBS adalah fitur-fitur yang ditemukan pada sepeda motor Honda PCX. PCX ABS (Anti-lock Braking System) ini adalah sistem pengereman yang dirancang untuk mencegah roda sepeda motor terkunci selama pengereman keras.

Ketika pengendara mengerahkan pengereman secara tiba-tiba, ABS bekerja dengan cara mengontrol tekanan pengereman pada roda secara otomatis. Hal tersebut membantu menjaga stabilitas sepeda motor dan memperpanjang jarak pengereman yang aman.

Dengan adanya ABS, kemungkinan terjadinya kehilangan kontrol akibat terkuncinya roda saat pengereman berkurang.

Sedangkan, PCX CBS (Combined Braking System) merupakan sistem pengereman terpadu yang dirancang untuk memberikan pengereman yang lebih seimbang pada roda depan dan belakang.

Ketika pengendara menggunakan rem depan atau belakang saja, CBS secara otomatis akan menerapkan pengereman ringan pada roda lainnya untuk membantu mengurangi risiko terkunci roda dan memperbaiki stabilitas saat melakukan pengereman.

Dengan adanya CBS, pengereman pada sepeda motor PCX menjadi lebih harmonis dan responsif. Keduanya, ABS dan CBS, merupakan fitur keamanan tambahan pada sepeda motor PCX yang membantu meningkatkan pengendalian dan keselamatan saat berkendara.

Info wajib baca: Panduan Lengkap Cara Perpanjang Paspor Online di Tahun 2023, Yuk Simak!

Perbedaan PCX ABS dan CBS

Perbedaan PCX ABS dan CBS
Source: Moladin

1. Perbedaan PCX ABS dan CBS: Fungsi

ABS pada PCX bertujuan untuk mencegah terkuncinya roda saat pengereman keras, sehingga menjaga stabilitas sepeda motor dan memperpanjang jarak pengereman yang aman.

Sedangkan, CBS pada PCX bertujuan untuk memberikan pengereman yang lebih seimbang antara roda depan dan belakang.

Ketika pengendara menggunakan rem depan atau belakang saja, CBS secara otomatis akan menerapkan pengereman ringan pada roda lainnya untuk memperbaiki stabilitas saat melakukan pengereman.

2. Perbedaan PCX ABS dan CBS: Fokus pengereman

ABS pada PCX fokus pada pengereman roda belakang. Sistem ABS akan mengontrol tekanan pengereman pada roda belakang untuk mencegah terkuncinya roda.

Di sisi lain, CBS pada PCX fokus pada pengereman seimbang antara roda depan dan belakang. Ketika pengendara menggunakan rem depan atau belakang saja, CBS akan menerapkan pengereman ringan pada roda lainnya untuk membantu menjaga stabilitas.

3. Perbedaan PCX ABS dan CBS: Fitur lainnya

Selain ABS, PCX ABS juga dapat dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti lampu depan LED, panel instrumen digital, kunci Smart Key, dan lainnya, tergantung pada varian dan tahun produksi.

PCX CBS juga dapat memiliki fitur-fitur tambahan yang serupa dengan PCX ABS, seperti lampu depan LED, panel instrumen digital, kunci Smart Key, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan PCX ABS

Kelebihan dan Kekurangan ABS
Source: Penjedar.com

1. Kelebihan PCX ABS

ABS membantu mencegah terkuncinya roda saat pengereman keras, memungkinkan pengendara menjaga kontrol sepeda motor, dan mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh.

Selain itu, alat ini juga menjaga stabilitas sepeda motor selama pengereman, terutama pada permukaan jalan yang licin atau saat pengereman mendadak.

ABS juga memperpanjang jarak pengereman yang aman karena roda tidak terkunci, memberikan pengendara lebih banyak waktu untuk menghindari halangan di depan.

2. Kekurangan PCX ABS

PCX dengan fitur ABS biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada model yang tidak dilengkapi dengan ABS. Selain itu, sistem ABS memiliki komponen tambahan yang memerlukan pemeliharaan dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Info wajib baca: Mau Cari Penghasilan Tambahan? Ini Cara dan Syarat Daftar Jadi Driver Maxim Motor

Kelebihan dan Kekurangan PCX CBS

Kelebihan dan Kekurangan CBS
Source: Ayo Bogor

1. Kelebihan PCX CBS

CBS memiliki pengereman yang seimbang dan membantu memperbaiki stabilitas saat melakukan pengereman dengan membagi kekuatan pengereman secara proporsional antara roda depan dan belakang.

Dengan CBS, sepeda motor memiliki respons pengereman yang lebih baik karena pengereman pada kedua roda dapat diaktifkan secara bersamaan.

Karena pengereman yang lebih seimbang, CBS juga membantu pengendara mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh saat melakukan pengereman.

2. Kekurangan PCX CBS

Beberapa pengendara mungkin menginginkan kontrol pengereman yang lebih independen antara roda depan dan belakang, terutama dalam situasi khusus atau gaya berkendara tertentu.

Kesalahan pada sistem CBS dapat memengaruhi kinerja pengereman secara keseluruhan. Memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat.


Penting untuk diingat bahwa kelebihan dan kekurangan ini mungkin bervariasi tergantung pada preferensi dan gaya berkendara individu.

Kamu juga bisa menguji dan memahami fitur-fitur ini secara langsung sebelum memutuskan model yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Jika kamu sedang mencari beberapa artikel yang menyediakan kelebihan dan kekurangan suatu barang yang ingin kamu beli, kamu juga bisa coba untuk membaca kelebihan dan kekurangan sepeda listrik atau kelebihan dan kekurangan motor listrik yang mungkin juga bisa bermanfaat untuk kamu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare