...
makanan khas riau
5-min read

6 Makanan Khas Riau yang Kaya Akan Cita Rasa Rempah, Bikin Ketagihan!

makanan khas riau

Makanan khas Riau yang lezat dan beraroma sedap siap untuk menemani liburanmu di Pulau yang indah ini!

Sedang berkunjung ke Riau atau berniat untuk mengunjungi Kepulauan indah yang satu ini? Selain melihat pemandangannya yang cantik dan asri, kamu juga wajib untuk menikmati makanan khas Riau. Makanan dengan cita rasa rempah yang kuat merupakan pendamping yang sempurna untuk menemani kunjunganmu.

Tidak hanya hidangan asin, di Kepulauan Riau kamu juga bisa makan hidangan penutup yang akan melengkapi wisata kulinermu. Mau tahu apa saja makanan khas Riau? Baca sampai habis, ya!

Makanan Khas Riau Ini Dijamin Bikin Ketagihan!

Mempunyai cita rasa yang khas dan menggugah selera, berikut ini pilihan makanan khas Riau yang wajib kamu coba:

1. Makanan khas Riau: Sop Tunjang

Sop Tunjang atau biasa dikenal dengan sop tulang kaki sapi diperkenalkan oleh para pedagang pada tahun 1990 dan berasal dari daerah Japura, Indragiri Hulu, Riau. Untuk membuat hidangan ini, bulu kaki sapi dihilangkan terlebih dahulu dengan cara dibakar. Kemudian bagian kaki sapi diiris untuk mendapatkan daging sapi yang khas. Sisa tulang, daging dan kulit direbus selama kurang lebih dua jam.

Cara tersebut dilakukan untuk menonjolkan kari daging sapi tulangnya sehingga terasa enak dan gurih. Setelah itu baru dimasak sesuai standar resep soto pada umumnya. Apabila suka pedas, kamu bisa menggunakan cabai rawit serta asam dari jeruk nipis ke dalam bumbu kuahnya.

Tidak hanya tulang dan daging sapi, ada tambahan kentang, wortel, tomat, dan irisan daun bawang sebagai pelengkap. Kuahnya memiliki aroma rempah yang kuat dengan perpaduan bawang merah, bawang putih, kayu manis, cengkeh, dan jahe. Hal yang membuat hidangan ini terasa semakin lezat adalah kuahnya yang kaya akan bumbu, serta tekstur dagingnya yang sangat empuk.

Info wajib baca: Ini Resep dan Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau yang Segar

2. Makanan khas Riau: Nasi Lemak

makanan khas riau
Source: Taste of Asian Food

Nasi lemak adalah nasi yang dimasak menggunakan santan kelapa. Penggunaan santan kelapa pada nasi lemaklah yang membuat rasanya menjadi gurih. Hidangan ini juga sering ditambahkan daun pandan saat proses pembuatannya untuk menciptakan bau yang sedap. Adapun kata ‘lemak’ pada panganan ini merujuk pada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa.

Hidangan ini biasanya disajikan untuk sarapan sebelum beraktivitas. Kuliner tradisional Pekanbaru ini mirip dengan nasi uduk di Betawi ataupun nasi liwet di Jawa Tengah. Panganan yang merupakan makanan khas suku Melayu ini juga dapat dengan mudah ditemukan di negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Lauk-pauk yang biasa disajikan bersama Nasi Lemak antara lain ikan bilis goreng, telur rebus atau telur dadar. Namun ada juga nasi lemak yang menggunakan lauk daging-dagingan seperti daging rendang sapi, ayam goreng, makanan laut seperti udang dan sotong, serta hati sapi. Jika suka pedas, tersedia juga sambal teri medan pedas atau sambal belacan pedas untuk dimakan bersamaan dengan nasinya.

3. Mie Lendir

makanan khas riau
Source: Yummy App

Mie lendir adalah kuliner khas yang berasal dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Walau namanya terdengar tidak biasa, namun kamu jangan khawatir, sebab kata lendir di sini merujuk pada kuah kental berwarna cokelat yang dibuat dari kacang dan ubi jalar. Kuah kental yang disebut dengan lendir itu dihidangkan bersama mie kuning, yang membuatnya dinamakan mie lendir.

Hidangan ini disajikan bersama taoge serta sebutir telur rebus yang dibelah dua, kemudian disiram dengan kuah kacang yang kental. Pada umumnya, Mie Lendir sering ditemukan di warung-warung makan atau restoran lokal di Riau. Namun, beberapa tempat lain juga menyajikan hidangan ini karena semakin populer di kalangan masyarakat, baik warga lokal maupun wisatawan.

4. Gulai Ikan Patin

Ikan Patin merupakan salah satu hewan yang enak dijadikan berbagai macam hidangan, terlebih lagi jika dibuat menjadi gulai. Nutrisi daging ikan patin yang cukup tinggi adalah protein dan asam amino esensial.

Hidangan yang satu ini juga dipengaruhi oleh cita ras khas Tiongkok, Arab, dan India. Maka dari itu, jangan heran apabila ada berbagai rasa rempah-rempah yang lezat dan kuat.

Di aliran sungai Indragiri, sungai Siak, Sungai Kampar dan sungai Rokan, kamu bisa menemukan banyak ikan patin. Jenis ikan ini sudah lama hidup di sungai, yang membuat masyarakat mengolahnya menjadi makanan khas sejak zaman dahulu.

5. Mie Sagu

Mie biasanya terbuat dari tepung terigu, namun mie sagu memiliki bahan yang berbeda dari mie pada umumnya. Seperti namanya, mie sagu menggunakan sagu atau tepung tapioka sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Hal itulah yang membuat hidangan ini berukuran lebih besar, memiliki warna transparan, serta tekstur yang lebih kenyal daripada mie dari tepung terigu.

Melansir dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Mie Sagu Riau berbeda dengan Mie Sagu Pontianak. Sebab, Mie Sagu Riau biasanya disajikan dengan potongan kucai dan tauge serta bumbu bawang merah, bawang putih, merica, udang kering (ebi), dan cabai.

Keunikan dari mie ini juga terletak pada proses pembuatannya. Untuk membuatnya, kamu tidak perlu merebus mienya, melainkan hanya direndam dalam air dingin selama beberapa saat. Kamu juga bisa menyeduh mie ini dalam air panas.

Info wajib baca: 10 Minuman Khas Riau yang Mudah Kamu Buat, Bikin Segar!

6. Roti Jala

Setelah mencoba makanan khas Riau yang asin, wajib halnya untuk mencoba makanan yang manis juga. Roti Jala merupakan salah satu jenis makanan roti yang khas dari daerah Tanjung Pinang di kepulauan Riau. Roti ini memiliki nama lain yang disebut dengan roti kirai. Adapun kata ‘jala’ pada hidangan ini dikarenakan bentuknya yang seperti jala.

Mengutip dari situs jadesta.kemenparekraf.go.id, roti yang satu ini sebenarnya berasal dari India serta terkenal di daerah Timur Tengah. Karena rasanya yang enak, roti ini memiliki popularitas tidak hanya di Kepulauan Riau, namun juga di daerah lainnya di Indonesia. Hal ini membuat Keberadaan roti jala kini bisa ditemukan di restoran-restoran atau toko-toko roti di daerah-daerah manapun di Indonesia.


Saat berkunjung ke Riau, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan ini untuk merasakan kelezatan dan keunikan kuliner tradisional Riau.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare