...
makanan khas Banten
5-min read

7 Makanan Khas Banten Lezat yang Wajib Coba | Ada Hidangan Legendaris!

makanan khas Banten

Banten mempunyai sejumlah makanan khas yang nggak boleh kamu lewatkan. Apa saja?

Ingin menjelajah daerah di Indonesia tapi nggak mau yang terlalu jauh dari Ibu Kota? Coba saja datang ke Banten! Provinsi yang berada di sebelah barat Pulau Jawa ini mempunyai pesona yang nggak kalah menariknya, lho!

Terkenal dengan wisata pantai di kawasan Anyer, Banten ternyata juga mempunyai pesona lain yang sayang banget untuk dilewatkan. Salah satunya adalah makanan khas Banten yang mempunyai cita rasa khas dan pastinya beda dari daerah lain.

Nah, apa kamu penasaran apa saja makanan khas Banten? Kalau belum pernah coba, simak terus informasi di artikel ini, ya!

Rekomendasi Makanan Khas Banten

Source: Bobobox

Mulai dari camilan hingga makanan berat, berikut ini sejumlah makanan khas Banten yang nggak boleh kamu lewatkan untuk mencobanya:

1. Kue Jojorong

Dimasak dalam wadah daun pisang, kue jojorong menjadi salah satu makanan khas Banten yang biasa disajikan sebagai camilan. Cita rasanya yang manis gurih membuat kue ini cocok dinikmati dalam berbagai suasana.

Kue jojorong dibuat dengan campuran tepung beras dan santan kelapa yang di tengahnya diberi isian gula merah. Cara pembuatannya yang dikukus membuat hidangan satu ini memiliki tekstur yang kenyal seperti puding.

Namun, karena makanan ini terbuat dari campuran santan kelapa, kue jojorong tidak bisa tahan lama. Maka dari itu, kue ini harus secepatnya dikonsumsi atau menjadi basi jika sudah terlalu lama.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Riau yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung, Bikin Ketagihan!

2. Sate Bandeng, makanan khas Banten paling populer

Sate bandeng bisa jadi mudah ditemukan di beberapa daerah. Namun, sate bandeng khas Banten ini berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri, lho.

Jika biasanya sate bandeng disajikan dalam bentuk ikan utuh, namun makanan khas Banten ini berbentuk sate lilit ala Bali. Mulanya, daging bandeng akan dipisahkan dari durinya, diberi bumbu, lalu dibakar.

Makanan ini pun termasuk yang ada sejak lama. Diketahui, sate bandeng merupakan makanan yang awalnya disajikan untuk Sultan Maulana Hasanuddin, yakni sultan pertama di Banten.

3. Angeun Lada

Ada juga makanan khas Banten lainnya yang disajikan dengan kuah, namanya Angeun Lada. Makanan ini pun mempunyai cita rasa yang pedas, sesuai dengan namanya.

Adapun isi dari makanan ini biasanya didominasi oleh jeroan sapi. Mulai dari daging, jantung, limpa, babat, hingga usus. Nah, makanan ini juga menggunakan daun walang sebagai ciri khasnya yang memberikan aroma khas.

Biasanya, makanan ini disajikan pada momen-momen penting atau perayaan. Misalnya dalam acara keluarga, hajatan, ataupun saat momen hari raya.

4. Gerem Asem

Ingin mencoba makanan yang kaya rasa dan menggoyang lidah? Gerem asem bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kamu, nih. Pasalnya, makanan satu ini mempunyai cita rasa asam, manis, dan asin yang pastinya bisa meningkatkan nafsu makan kamu.

Gerem asem merupakan makanan berkuah dengan isian daging ikan di dalamnya. Namun begitu, hidangan ini juga bisa menggunakan daging bebek sebagai sumber proteinnya. Biasanya, kuah makanan ini juga dilengkapi dengan irisan tomat, kemangi, dan bawang merah yang membuat rasanya jadi semakin segar.

5. Rabeg, makanan khas Banten terinspirasi Arab

makanan khas Banten
Source: Fimela.com

Makanan khas Banten erat kaitannya dengan kuliner yang ada sejak zaman kesultanan. Nah, salah satunya adalah Rabeg yang bentuknya mirip tengkleng atau tongseng.

Makanan ini juga ternyata punya sejarah yang panjang, lho. Nama dari Rabeg diambil dari nama kota di Arab yang pernah disinggahi Sultan Maulana Hasanuddin, yakni Rabigh. Ia pun mengonsumsi makanan yang menggunakan bahan dasar kambing di sana.

Saat pulang ke Banten, ia pun menginginkan makanan serupa dengan apa yang dimakannya saat di Rabigh. Walaupun tidak begitu mirip dengan apa yang diinginkannya, namun ternyata makanan itu disukainya hingga kemudian diberi nama rabeg.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Bali Wajib Coba, Enak dan Terjangkau

6. Ketan Bintul

Setelah makanan berat, selanjutnya ada camilan lainnya bisa kamu coba. Sesuai namanya, ketan bintul adalah olahan makanan yang berasal dari ketan biasa dinikmati sebagai makanan ringan.

Ketan bintul biasanya dilengkapi juga dengan serundeng kelapa yang sudah diberi bumbu sebagai toppingnya. Nah, keberadaan serundeng ini juga bisa menambahkan cita rasa gurih pada ketan ini.

Hidangan yang disukai banyak masyarakat Banten in juga biasanya bisa dengan mudah ditemukan saat memasuki bulan Ramadhan. Masyarakat Banten pun menikmati ketan bintul sebagai takjil untuk menu buka puasa.

7. Sate Bebek, makanan populer khas Banten

Saat kamu memasuki pusat oleh-oleh di Banten, salah satu makanan khas lainnya yang biasa dengan mudah kamu temukan adalah sate bebek. Hidangan satu ini juga cocok banget dikonsumsi untuk mengisi perut yang kosong.

Salah satu yang menjadi ciri dari makanan ini adalah daging bebeknya yang sudah dimarinasi selama satu hari sehingga menciptakan rasa yang kuat dan bumbunya meresap. Supaya makin lezat, makanan ini disajikan dengan bumbu kacang yang memperkuat tekstur dan rasa dari sate bebek.


Nah, itulah sejumlah pilihan makanan khas Banten yang bisa kamu coba saat mengunjungi daerah ini. Tertarik untuk mencicipi salah satunya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar! 

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare