...
persiapan bulan ramadhan
5-min read

Persiapan Bulan Ramadhan Apa Saja? Cek 6 Kewajiban Ini Biar Nggak Bolong Puasanya!

persiapan bulan ramadhan

Puasa sebentar lagi, nih. Sebelumnya pahami persiapan bulan Ramadhan biar ibadah optimal.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan kebaikan. Terlebih lagi di bulan ini setiap amal ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu, banyak umat Islam yang menunggu bulan Ramadhan tiba. Persiapan bulan Ramadhan tentunya sangat penting juga, nih, untuk kamu ketahui.

Tidak hanya berpuasa menahan rasa lapar dan haus, pada bulan yang suci ini juga mengajarkan umat Muslim untuk melatih kesabaran dan menghindari hal-hal maksiat maupun mudarat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam suasana bahagia untuk menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, ya, ada baiknya kamu juga melakukan persiapkan agar bisa menunaikan puasa Ramadhan dengan full. Utamanya juga agar kegiatan ibadah bisa berjalan lancar dan khusyuk.

Agar kamu lebih siap dalam melaksanakan ibadah dan puasa Ramadhan, yuk, simak artikel ini sampai habis.

Info wajib baca: Arti ‘Ramadan Mubarak’ dan Contoh Penggunaannya, Jadi Lebih Siap Menyambut Bulan Ramadan!

Keutamaan Bulan Ramadhan

Sebelum mengetahui apa saja persiapan bulan Ramadhan, kamu pun harus memahami dulu, nih, apa saja keutamaannya. Simak selengkapnya di sini, ya.

1. Bulan dilipatgandakannya amal

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh limpahan pahala. Salah satu kemuliaan yang ada pada bulan ini, yaitu dilipat gandakannya pahala oleh Allah SWT.

Setiap amal ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dibalas dengan berkali-kali lipat. Hal tersebut seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Az-Zumar ayat 10, yang artinya seperti berikut ini:

Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

2. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

persiapan bulan ramadhan
Source: Orami

Al-Qur’an tepat diturunkan saat bulan Ramadhan, Allah SWT pertama kali menurunkan Al-Qur’an pada bulan yang mulia ini. Sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut:

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Apabila kamu bisa membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an saat bulan Ramadhan juga akan mendapat pahala berkali-kali lipat. Selain itu, membaca Al-Qur’an saat bulan ramadhan tidak hanya bagi yang sudah lancar bacaannya, tetapi bagi yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an juga akan Allah berikan pahala yang mulia seperti hadits berikut ini:

Orang yang ahli dalam Al-Quran, akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Quran serta bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud)

3. Setan-setan dibelenggu

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang mulia karena Allah membelenggu setan di bulan suci ini. Tujuannya yaitu agar manusia dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan di bulan ini, seperti saat menunaikan ibadah puasa dan shalat tarawih.

Oleh karena itu, setiap umat muslim juga akan disibukkan oleh kegiatan-kegiatan amal sholih untuk menjauhi diri dari kemaksiatan.

4. Bulan pengampunan

Pada bulan Ramadhan ini juga merupakan bulan yang penuh pengampunan. Allah membuka pintu taubat bagi hamba-hambanya di bulan ini, seperti hadis berikut:

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Ada Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada 1000 bulan

Pada bulan Ramadhan ini terdapat suatu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Di malam Lailatul Qadar inilah Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai rahmat dan petunjuk bagi seluruh manusia.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al Qadr: 1-4).

Dalam hadis, Lailatul Qadar terjadi di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan tepatnya di malam ganjil. Seperti hadis berikut:

Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.” IHR. Bukhari)

Dalam mencari malam Lailatul Qadar, sebaiknya kamu bisa mencarinya setiap hari, baik dengan berdoa, membaca Al-Qur’an, dan amalan-amalan sholih lainnya. Kamu juga dapat mengikuti itikaf di Masjid apabila ingin lebih khusyuk dalam mencari pahala Lailatul Qadar.

Persiapan Bulan Ramadhan biar Puasa Nggak Bolong

Kamu sebaiknya mempersiapkan hal-hal berikut ini dengan baik agar puasa Ramadhan kamu bisa full dan lancar nantinya. Coba disimak!

1. Perkuat iman dan takwa

perkuat iman dan takwa
Source: Freepik

Persiapan pertama yaitu perkuat iman dan takwa. Dengan kamu memperkuat iman kamu dari sekarang, maka saat bulan Ramadhan tiba kamu akan makin siap untuk menunaikan serangkaian ibadah terutama ibadah puasa Ramadhan.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menertibkan salat lima waktu, menahan amarah, membaca Al-Qur’an, atau mungkin puasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis, serta amalan-amalan lainnya yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

2. Pelajari dan perdalam ilmu dan pengetahuan agama

pelajari dan perdalam ilmu agama
Source: Freepik

Persiapan Ramadhan selanjutnya yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan cara mempelajari dan memperdalam ilmu dan pengetahuan agama. Kamu bisa memulainya dengan belajar ilmu-ilmu yang ada di Al-Qur’an dan Al-Hadits, terutama yang membahas tentang bulan Ramadhan.

Seperti tentang amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari selama bulan Ramadhan.

3. Persiapan jiwa dan mental

Persiapan Jiwa dan Mental
Source; Freepik

Selama bulan Ramadhan, jiwa dan mental manusia sudah sepatutnya penuh keimanan dan ikhlas dalam beramal sholih dan beribadah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan jiwa dan mental kamu untuk menyambut bulan Ramadhan sejak saat ini.

Kamu juga bisa bertobat kepada Allah SWT dan berlatih menahan amarah agar hati menjadi bersih, sehingga kamu bisa melaksanankan ibadah puasa dengan lancar dan khusyuk.

Info wajib baca: 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan | Bisa Jadi Persiapan Jelang Mudik Nih!

4. Persiapan fisik dan jasmani

persiapan fisik dan jasmani
Source: Freepik

Langkah berikutnya adalah melakukan persiapan fisik dan jasmani, dengan tujuan kamu dapat lebih siap dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Dari sekarang, kamu bisa melakukannya dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan multivitamin, serta mengurangi bergadang.

Dengan tubuh yang prima akan membuatmu lebih siap untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, sekaligus agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menghambat ibadah puasa Ramadhan kamu.

5. Persiapan amal dan materi

persiapan amal dan materi
Source: Freepik

Mempersiapkan amal dan materi dapat kamu lakukan mulai saat ini, hal tersebut tentunya untuk memenuhi kebutuhan dan beramal selama bulan Ramadhan. Pada bulan ini setiap amal sholih dan ibadah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, termasuk dengan beramal dengan harta atau materi.

Terdapat zakat fitrah juga yang perlu ditunaikan saat bulan Ramadhan nanti, kamu juga bisa bersedekah selama bulan Ramadhan. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan seperti makanan, minuman, dan barang yang diperlukan karena menjelang bulan Ramadhan biasanya harga kebutuhan pokok naik.

6. Melunasi utang puasa tahun sebelumnya

Melunasi hutang puasa tahun sebelumnya
Source: Freepik

Apabila kamu memiliki utang puasa pada tahun-tahun sebelumnya, sebaiknya kamu segera lunasi, mumpung masih ada waktu, ygy. Berhubung ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak boleh atau tidak bisa untuk berpuasa seperti saat sedang sakit, hamil, dan datang bulan. Oleh karena itu, selama kamu sehat harus segera melunasi utang puasa, ya.


Itulah penjelasan singkat tentang keutamaan puasa dan bocoran cara persiapan bulan Ramdahan. Apakah kamu masih punya utang yang belum terbayar? Semoga dengan membaca artikel ini kamu makin kenceng berdoa dan berpuasa di bulan Ramadhan. Good luck!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare