...
tips agar tidak mabuk perjalanan
5-min read

5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan | Bisa Jadi Persiapan Jelang Mudik Nih!

tips agar tidak mabuk perjalanan

Ramadan biasanya dibarengi oleh persiapan mudik, yuk, simak tips agar tidak mabuk perjalanan.

Kamu ingin melakukan perjalanan mudik tapi takut mabuk perjalanan? Sebelum melakukannya sebaiknya pahami dulu sejumlah tips agar tidak mabuk perjalanan. Terkadang karena kurangnya persiapan, tuh, termasuk penyebab mabuk perjalanan yang kamu alami.

Bicara soal mabuk perjalanan, tidak terasa, nih, sebentar lagi bulan Ramadan yang tentunya identik dengan perjalanan mudik menuju Hari Raya. Mudik sendiri merupakan suatu aktivitas pulang ke kampung halaman yang biasanya dilakukan selama Ramadan, baik sebelum Lebaran maupun setelah Lebaran.

Pada umumnya, sih, masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk mudik. Kendaraan untuk mudik di antaranya yaitu motor, mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, atau juga kapal laut. Tidak hanya anak-anak yang rentan mengalami mabuk perjalanan, orang dewasa pun bisa mengalami mabuk perjalanan.

Walaupun tidak berbahaya, tetapi mabuk perjalanan bisa menghambat aktivitas dan membuat perjalanan kamu kurang nyaman dan mungkin agak terganggu. Oleh karena itu, yuk, pahami sejumlah tips agar tidak mabuk perjlaan berikut ini.

Info wajib baca: Cara Membuat Paspor Gampang Kok! Cek Syarat, dan Biayanya di Sini

Penyebab Mabuk Perjalanan

mabuk perjalanan
Source: PramborsFM

Sebagai informasi, nih, gerak dirasakan oleh otak melalui jalur yang berbeda dari sistem saraf termasuk telinga bagian dalam, mata, dan jaringan permukaan tubuh. Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, seperti saat berjalan, input dari semua jalur dikoordinasikan oleh otak.

Nah, mabuk perjalanan atau motion sickness disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Saat menumpang kendaraan yang bergerak, tubuhmu berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tapi mata dan telinga kamu melihat ke sekitar selama perjalanan. Karena penglihatan dan pendengaran kamu bergerak, tetapi nyatanya tubuh kamu hanya diam.

Kemudian, bagi tubuh yang tidak terbiasa dengan hal ini, otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi mengenai hal apa yang salah pada tubuh. Biasanya, sih, sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh kamu keracunan. Otak pun akan bereaksi untuk mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Kamu ingin perjalanan mudik atau saat kamu bepergian lancar dan juga tubuh tetap sehat? Yuk, coba simak tips-tips berikut ini.

1. Istirahat yang cukup sebelum bepergian

tips agar tidak mabuk perjalanan
Source: Spine-health

Tips yang pertama yaitu dengan beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan atau bepergian. Sebaiknya di hari sebelumnya kamu sudah beristirahat yang cukup agar fisik memiliki energi maksimal ketika memulai perjalanan. Pasalnya, ketika kamu berkendara terlebih dalam waktu lama tentunya membutuhkan kondisi tubuh dan stamina yang prima.

Jika kamu kurang istirahat atau tidur, hal tersebut berpotensi membuat kamu mengantuk atau kurang fokus dalam perjalanan. Selain itu, kemungkinan juga dapat menyebabkan pusing dan rasa mual ketika dalam perjalanan.

2. Hindari makan terlalu banyak

Mengisi perut sebelum melakukan perjalanan memang penting, namun sebaiknya kamu jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan. Ya, hal itu hanya akan membuat mual dan pusing yang berasal dari guncangan kendaraan saat perjalanan.

Untuk diketahui, mengonsumsi banyak makanan sebelum melakukan perjalanan dapat mengganggu kinerja lambung. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, pedas, dan berminyak. Jenis makanan ini dapat membuat kamu lebih mudah merasa mual sehingga mabuk dalam perjalanan.

Sebaiknya kamu tetap mengisi perut dengan cara mengonsumsi makanan secukupnya. Jika tak sempat makan sebelum berangkat, bawalah beberapa camilan ringan yang rendah lemak untuk dimakan selama perjalanan. Dengan cara ini perut kamu akan tetap terisi, istilahnya makan dalam porsi kecil, tapi sering.

3. Hindari membaca buku atau bermain ponsel

tips agar tidak mabuk perjalanan
Source: TransLink

Membaca buku atau bermain ponsel ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing atau mual sehingga mabuk perjalanan. Hal itu lantaran kegiatan tersebut dapat menyebabkan tidak selarasnya koordinasi antara telinga dan mata.

Ketika mata kamu terfokus pada satu titik, tubuh berusaha untuk menyeimbangkan posisinya karena adanya goyangan saat dalam perjalanan. Saat itulah rasa mual atau pusing akan muncul. Jika kamu ingin membaca buku atau ponsel lakukanlah secukupnya saja dan jangan sampai menghabiskan waktu berjam-jam untuk aktivitas tersebut. Kasihan mata kamu, lho!

Info wajib baca: 7 Resep Perkedel Jagung Aneka Macam, Dijamin Enak dan Antigagal!

4. Atur posisi duduk

Mabuk perjalanan bisa lebih parah atau mudah kambuh ketika kamu duduk menghadap ke belakang atau samping. Sebab itu, cobalah atur posisi duduk kamu sebaik mungkin dengan cara menempati posisi duduk paling nyaman di dalam kendaraan.

Contohnya seperti duduk di bagian sayap dan jendela dalam pesawat, hindari menghadap ke belakang saat berada di dalam kapal laut, kereta api, atau bus. Selain itu, duduklah menghadap ke depan saat berkendara dengan mobil. Hal ini mungkin dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan yang kamu alami.

5. Minum obat antimabuk dan siapkan aromaterapi

Source: GenPI.com

Mabuk perjalanan bukan merupakan kondisi serius. Cukup ditangani dengan obat antimabuk yang disarankan diminum satu hingga dua jam sebelum perjalanan. Konsumsi obat ini bisa dilakukan baik sebelum atau setelah gejala muncul, ya.

Obat mencegah mabuk perjalanan yang biasanya diresepkan dokter adalah domperidone, metoclopramide, atau ondansetron. Tapi, perlu diingat bahwa sebagian obat mencegah mabuk perjalanan memiliki efek samping yang menimbulkan rasa kantuk. Sehingga, hindari mengonsumsi obat mencegah mabuk perjalanan saat kamu harus mengemudikan kendaraan.

Selain itu, siapkan juga aromaterapi atau minyak angin untuk membantu mengurangi rasa mual dan pusing karena mabuk perjalanan. Aroma tersebut bisa didapatkan dari minyak esensial tertentu, seperti lavender, lemon, atau rempah-rempah, termasuk kapulaga dan adas.


Demikian penjelasan mengenai tips agar tidak mabuk perjalanan. Semoga perjalanan kamu baik mudik, dinas, ataupun yang lainnya bisa lancar, ya.

Kira-kira tahun ini kamu mudik atau nggak, nih? Share di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare