film sedih indonesia
5-min read

10 Rekomendasi Film Sedih Indonesia Wajib Nonton, Siap-siap Mewek!

film sedih indonesia

Rekomendasi film sedih Indonesia yang siap menyayat hati kamu!

Kamu sedang butuh rekomendasi film sedih yang bakal menguras air mata? Kali ini ada ulasan daftar lengkapnya, serta sinopsis film. Sebelum menonton, jangan lupa siapkan tisu siapa tahu kamu banjir air mata dan memerlukannya.

Mulai dari film sedih tentang orang tua, keluarga, cinta, hingga film romantis terbaru nantinya bisa bikin air mata kamu terkuras. Siap-siap mata kamu bengkak, sesenggukan, dan penuh emosi sesudah menonton film sedih yang bikin hati terasa sesak.

Rekomendasi Film Sedih Indonesia Bagus yang Wajib Nonton

Rekomendasi film sedih Indonesia ini beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata yang bakal mengaduk-aduk perasaan kamu. Berikut ini deretan film sedih Indonesia yang bisa kamu tonton, bahkan sudah pernah tayang di bioskop.

1. Rekomendasi film sedih Indonesia, Tragedi Bintaro (1989)

Rekomendasi film sedih Indonesia pertama ada “Tragedi Bintaro”. Film yang diangkat dari kisah nyata ini dirilis tahun 1989. Buat kamu anak tahun 90-an, mungkin belum tahu kalau pada 1987 pernah terjadi kecelakaan kereta masif di Bintaro.

Melalui film ini, kamu akan menyaksikan tabrakan antar dua kereta adu banteng yang menewaskan ratusan orang. Bahkan daerah bekas kecelakaan kereta yang nggak bisa terhindarkan itu masih dianggap angker.

Film “Tragedi Bintaro” ini dikisahkan dari sudut pandang Juned (Fery Octora) dan empat saudaranya yang tinggal bersama neneknya. Keluarga ini termasuk salah satu korban kecelakaan tersebut dan Juned juga terpaksa harus mengamputasi kakinya.

2. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

“Surat Kecil untuk Tuhan” sempat hits pada awal penayangannya. Mengangkat kisah nyata dari novel berjudul sama dan membekas di hati penonton. Saat menontonnya, dijamin menguras air mata kamu!

Diperankan oleh Dinda Hauw, film ini bercerita tentang perempuan berusia 13 tahun yang memiliki penyakit kanker jaringan lunak. Di sini, kamu akan menyaksikan perjuangan perempuan tersebut dalam mengalahkan penyakitnya.

3. My Idiot Brother (2014)

Film selanjutnya ini juga diangkat dari novel karya Agnes Davonar berjudul sama, seperti “Surat Kecil untuk Tuhan”. Mengisahkan Angel, remaja berusia 15 tahun yang nggak pernah bisa menerima keadaan kakaknya yang terlahir dengan keterbelakangan mental.

Namun, demi cintanya kepada adiknya, sang kakak rela mengorbankan apa pun untuk adiknya. Menariknya, Ali Mensan yang memerankan karakter kakak sampai melakukan pendalaman khusus selama tiga bulan dan berinteraksi dengan para anak berkebutuhan khusus.

4. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015)

Diangkat dari novel berjudul sama, “Ayah Menyayangi Tanpa Akhir” berkisah tentang satu keluarga yang memiliki anak pengidap penyakit mematikan. Sang ayah bernama Arjuna harus merawat anaknya sendiri setelah istrinya meninggal dunia.

Mengetahui kalau Arjuna akan berpisah dari anaknya dalam waktu dekat, membuat Arjuna selalu mendampingi anaknya setiap saat. 

5. Rekomendasi film sedih Indonesia, Sabtu Bersama Bapak (2016)

Masih rekomendasi film sedih Indonesia yang diangkat dari novel, “Sabtu Bersama Bapak” mengisahkan tentang Gunawan (Abimana Aryasatya) yang menderita penyakit kronis dan akhirnya meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Gunawan membuat banyak rekaman tulisan untuk disampaikan kepada anak-anaknya. Untuk mengenang kepergian sang ayah, masing-masing anak selalu memutar pesannya setiap Sabtu.

6. 27 Steps of May (2019)

Kalau kamu sedang mencari film sedih Indonesia yang menceritakan kisah haru antara anak dan ayah, sebaiknya tonton “27 Steps of May”. Film ini berkisah tentang May yang menjadi korban pemerkosaan di usia 14 tahun pada kerusuhan Mei 1998.

Sejak kejadian tersebut, May nggak pernah keluar rumah dan nggak mau bicara. Sementara sang ayah terus dihantui rasa bersalah. Raihanuun yang memerankan May berhasil sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Piala Citra Festival Film Indonesia tahun 2019.

7. Noktah Merah Perkawinan (2022)

Diadaptasi dari sinetron Indonesia yang populer di tahun 90-an, “Noktah Merah Perkawinan” mengisahkan kehidupan rumah tangga yang punya masalah pelik banget. Awalnya hubungan suami istri yang sedang renggang karena pertengkaran, semakin menjauh satu sama lain.

Terlebih saat suami tak sengaja bertemu dengan wanita lain yang membawa benih-benih cinta. Apakah rumah tangga mereka bisa bertahan?

8. Ku Kira Kau Rumah (2022)

Mengangkat kisah perjuangan remaja yang memiliki gangguan kesehatan mental, “Ku Kira Kau Rumah” berhasil menghipnotis kamu sampai menangis tersedu-sedu. Niskala (Prilly Latuconsina) yang menjadi pemeran utama film ini berperan sebagai seseorang yang mengalami depresi dan butuh perhatian dari lingkungan sekitarnya.

Punya alur cerita cukup kompleks, emosi kamu akan tarik ulur saat menyaksikan kisah para pemain yang menghadapi perubahan drastis situasi hati. Buat kamu yang belum sempat nonton di bioskop, sudah bisa menyaksikannya di platform Disney Hostar+.

9. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Sudah nonton “Miracle in Cell No. 7” versi Korea? Wajib banget nonton versi Indonesia, nih! Rekomendasi film sedih Indonesia satu ini berkisah tentang seorang ayah berkebutuhan khusus dituduh menjadi pelaku pemerkosaan dan pembunuhan anak kecil.

Akibat kejadian itu, sang ayah harus masuk penjara. Kamu akan dibuat menangis saat menonton hubungan ayah dan anak ini, terlebih saat anaknya dibawa tinggal di dalam penjara untuk beberapa saat. 

Bagaimana nasib akhir dari sang ayah dan anaknya yang masih kecil? Apakah bisa kembali bersama?

10. Rekomendasi film sedih Indonesia, Sayap-Sayap Patah (2022)

Terakhir ada rekomendasi film sedih Indonesia romantis terbaru. “Sayap-Sayap Patah” dibintangi oleh para pemain populer, sebut saja Nicholas Saputra dan Ariel Tatum.

Film ini juga mengadaptasi dari kisah nyata kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob tahun 2018. Kisahnya tentang Adji dan istrinya bernama Nani yang menantikan kelahiran anak mereka. Sayangnya, kenyataan berkata lain.

Penggemar film cinta romantis yang dibalut dengan momen-momen sedih wajib banget nonton ini!


Itulah rekomendasi film sedih Indonesia dari produksi terlama hingga terbaru. Siap-siap menguras air mata kamu. Dari 10 film di atas, mana menurut kamu yang paling sedih? Jangan lupa tinggalin komentar di bawah, ya. 

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

DAPATKAN INFO KOST DI DAERAH FAVORITMU:

Kost Jogja Murah

Kost Solo Murah

Kost Medan Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Malang Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare