...
wisata toraja
5-min read

8 Destinasi Wisata Toraja yang Paling Memikat Wisatawan

wisata toraja

Kamu ingin liburan ke Toraja? Yuk, lihat daftar tempat wisata Toraja di sini!

Toraja salah satu daerah yang berada di Sulawesi Selatan. Wilayah ini tidak hanya terkenal dengan kearifan lokal yang kuat, tetapi juga memiliki nuansa mistik yang khas.

Hal tersebut justru menjadi daya tarik wisata yang ada di Toraja. Beberapa situs bersejarah seperti Kuburan di Tebing Batu, Batu Simbuang yang merupakan peninggalan Megalitik, dan Rumah Adat yang telah berusia ratusan tahun. Selain itu, keberagaman tempat wisata di Toraja menjadi sorotan utama.

Keunikan lainnya yang dapat ditemui adalah pelaksanaan upacara pemakaman Rambu Solo, sebuah tradisi yang menghormati leluhur. Ada juga tradisi yang menantang adrenalin, seperti cara menyembelih kerbau Ma’Tinggoro Tedong, yang beberapa orang mungkin tidak mau menyaksikannya secara langsung.

Namun, tempat-tempat wisata di Toraja tetap menarik untuk kamu kunjungi. Lalu, apa saja destinasi wisata yang ada di Toraja? Yuk, baca artikel ini sampai akhir.

Info wajib baca: 5 Destinasi Wisata di Cianjur yang Cocok Untuk Healing!

8 Wisata Toraja yang Wajib Kamu Kunjungi

Ada beragam rekomendasi tempat wisata Toraja yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke sana. Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu tahu:

1. Wisata Kete Kesu

wisata toraja
Source: kompas.com

Desa Kete Kesu merupakan salah satu destinasi wisata di Toraja Utara yang populer. Terutama untuk tradisi adat dan sejumlah peninggalan sejarah.

Pemandangan utama yang akan dilihat adalah deretan rumah adat tongkonan yang rapi. Dan menarik untuk dijadikan spot foto yang menarik.

Pengunjung juga akan menemukan peninggalan purbakala berupa kuburan batu berusia ratusan tahun, yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Masyarakat Kete Kesu masih memegang erat tradisi warisan leluhur.

Oleh karena itu, pengunjung dihimbau untuk menghormati norma dan peraturan saat berkunjung ke desa ini. Pengunjung yang mau mengunjungi Kete Kesu antara bulan Juni hingga Desember untuk menyaksikan berbagai upacara adat yang digelar.

Akses ke Kete Kesu cukup mudah, dengan jarak dekat dari pusat kota Rantepao dan mudah dicapai dengan kendaraan umum. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

2. Wisata Kuburan Londa

Objek wisata lain yang menarik di Toraja Utara adalah Londa. Londa adalah sebuah goa pemakaman masyarakat Toraja.

Di dalamnya terdapat peti mati, tulang belulang, tengkorak, dan jenazah berusia ratusan tahun. Dalam goa ini, peti mati dari leluhur disusun di dinding bukit goa, dan letaknya konon menunjukkan derajat kebangsawanan si jenazah.

Pengunjung dapat memasuki goa untuk melihat langsung isinya dengan bantuan pemandu wisata. Londa terletak tidak jauh dari pusat kota Rantepao, di desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi.

Perjalanan diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 10 menit dengan kendaraan umum atau pribadi. Biaya masuknya terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi yang ingin masuk ke dalam goa, disarankan menyewa pemandu wisata dengan biaya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000. Harga tersebut termasuk peralatan penerangan seperti senter atau petromak.

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata Hits di Tawangmangu, Instagrammable Banget!

3. Wisata Museum Ne’ Gandeng

Museum Ne’ Gandeng adalah destinasi wisata lain yang menarik di Toraja Utara. Tempat wisata ini terletak di Lembang Palangi, Kecamatan Balusu.

Di museum ini terdapat berbagai koleksi sejarah dari suku Toraja, termasuk batu menhir, patung Ne’ Gandeng, patung kerbau, dan gong belang. Di dalam museum, terdapat pondok-pondok berbentuk rumah adat Tongkonan yang dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Museum Ne’ Gandeng dinamai dari seorang tokoh adat Toraja yang gigih dalam melestarikan budaya Toraja. Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap Ne’ Gandeng, museum ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menyebarkan wawasan tentang budaya Toraja kepada masyarakat umum.

Akses ke Museum Ne’ Gandeng mudah dijangkau, dengan jarak sekitar 10 km dari pusat kota Rantepao atau sekitar 15 menit perjalanan. Tiket masuknya juga terjangkau, yaitu Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

4. Danau Limbong

wisata toraja
Source: Tondoktoraya

Danau Limbong merupakan destinasi wisata di Toraja Utara yang belum banyak diketahui. Terletak di desa Lembang, Kecamatan Rantepao, danau ini menjadi oase di tengah dataran tinggi Toraja.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang asri sambil berfoto-foto di banyak spot menarik. Tempat wisata yang belum begitu ramai dikunjungi ini juga dapat menjadi tempat refreshing dan healing dengan suasana alam yang sejuk, menenangkan pikiran.

Akses ke Danau Limbong sangat mudah, dengan jarak sekitar 2 kilometer dari kota Rantepao atau sekitar 8 menit berkendara. Biaya masuknya terjangkau, yaitu Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

5. Patung Yesus Memberkati

Di Bukit Bantu Burake, terdapat sebuah patung setinggi 40 meter yang mirip dengan Patung Kristus Penebus di Brazil, dikenal sebagai Patung Yesus Memberkati. Patung ini dibangun pada bulan Mei 2015 dan terletak di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja.

Harga tiket masuknya Rp10 ribu per orang, dan tempat ini buka dari jam 07.00 hingga 21.00. Meskipun menjadi simbol Agama Nasrani, tempat ini juga menarik bagi pengunjung dari berbagai latar belakang agama.

6. Kolam Makalae

Kolam buatan di Makalae, Tana Toraja sudah menjadi ikon wisata terkenal, terutama bagi para wisatawan muda. Makalae terletak di Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Jika ditengah-tengah kota lain ditandai dengan adanya alun-alun, untuk Toraja ditandai dengan adanya kolam besar yang diapit oleh empat ruas jalan utama. Kolam tersebut dikenal sebagai Plaza Makale oleh orang sekitar.

Dibangun sejak tahun 2018, kolam ini memiliki air mancur menari. Selain itu, ada lampu warna-warni yang indah pada saat malam hari.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi | Pesona Alamnya Memukau

7. Pango-pango

wisata toraja
Source: idntimes

Agrowisata Pango-pango adalah sebuah kawasan wisata kebun kopi di dataran tinggi, yang terkenal sebagai negeri di atas awan. Terletak di Gunung Pango-pango, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja.

Tempat wisata ini buka setiap hari 24 jam, namun disarankan untuk tidak datang setelah matahari terbenam karena kurangnya pencahayaan. Harga tiket masuknya Rp10 ribu per orang, dan Rp15 ribu per orang jika ingin berkemah.

Fasilitasnya meliputi gazebo, toilet, area berkemah, kantin yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung dapat menikmati keindahan negeri di atas awan sambil menyaksikan gumpalan awan dari ketinggian.

Tempat ini sangat cocok untuk melihat matahari terbenam dan terbit. Serta menjelajahi hutan pinus, kebun kopi, sayuran, dan kegiatan outbound.

8. Gumuk Pasir Sumalu

Destinasi wisata berikutnya yang populer di Toraja adalah Gumuk Pasir Sumalu. Tempat wisata ini merupakan area padang pasir yang sangat luas, dilengkapi dengan batu-batu besar yang memberikan kesan eksotis.

Keindahan dan keunikan pemandangan menjadikan tempat ini sebagai pilihan favorit untuk berfoto. Gumuk Pasir Sumalu juga dikenal sebagai lokasi yang ideal untuk menikmati matahari terbit dan terbenam.

Selain itu, tempat ini sering digunakan sebagai tempat berkemah. Meskipun pengunjung diharapkan membawa tenda sendiri jika ingin menginap.


Nah, itulah sejumlah tempat wisata Toraja yang wajib untuk kamu kunjungi. Dari berbagai rekomendasi di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi, nih? Share di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare