...
wisata pasuruan
5-min read

7 Destinasi Wisata Pasuruan yang Sangat Terkenal

wisata pasuruan

Destinasi wisata Pasuruan dijamin akan membuatmu ingin balik lagi ke sini!

Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terkenal di Pasuruan? Yuk, ikuti informasi di bawah ini!

Pasuruan yang juga dikenal sebagai Kota Santri, menawarkan beragam tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Kota ini, yang terletak di Jawa Timur, memiliki berbagai daya tarik wisata, termasuk air terjun, perbukitan, dan kebun raya.

Keunikan Pasuruan terletak pada kemudahan akses wisatawan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Lalu, apa saja wisata yang ada di Pasuruan? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata Hits di Tawangmangu, Instagrammable Banget!

7 Daftar Wisata Pasuruan

Yang menjadi ciri khas tempat wisata di Pasuruan adalah pemandangan alamnya yang sangat indah. Karena letak geografisnya di dataran rendah dan dikelilingi oleh pegunungan, Pasuruan menghadirkan berbagai destinasi menarik.

Mau tahu tempat wisata di Pasuruan yang wajib kamu kunjungi? Berikut adalah daftarnya:

1. The Nature Bromo

wisata pasuruan
Source: traveloka

Sejumlah wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di Kabupaten Pasuruan, yang kini telah dioptimalkan menjadi destinasi wisata. Salah satu tempat wisata terbaru di Pasuruan yang wajib dikunjungi adalah The Nature Bromo.

Destinasi ini menawarkan beragam kegiatan seru untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman, termasuk mengendarai mini trail, ATV, flying fox, dan horse riding. Salah satu atraksi terbaru adalah Sliding Rainbow, perosotan warna-warni yang menyenangkan dari ketinggian.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati aktivitas memberi makan satwa dan menanam tanaman hidroponik. The Nature Bromo dilengkapi dengan fasilitas foto yang menarik seperti Rumah Hobbit dan Giant Swing, kolam renang, kafe, restoran, dan penginapan glamping.

Selain fasilitas lengkap, daya tarik wisata hits di Pasuruan ini menampilkan pemandangan indah. Seperti perbukitan dan perkebunan yang dikelilingi kabut, menambah daya tarik The Nature Bromo.

Harga tiket: Mulai dari Rp10.000

Alamat: Jl. Raya Bromo, Baledono, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

2. Taman Edelweiss Bromo

Masih di sekitar wilayah Bromo, cobalah kunjungi Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, yang juga dikenal sebagai Taman Edelweiss Bromo. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Pasuruan ini menampilkan taman edelweiss yang ditanam dengan izin resmi.

Selain menjelajahi taman, pengunjung dapat memperoleh pengetahuan edukatif tentang budidaya edelweiss. Beberapa jenis bunga edelweiss yang dapat ditemui di Taman Edelweiss Bromo termasuk Anaphalis Javanica, Anaphalis Longifolia, dan Anaphalis Viscida.

Harga tiket: Mulai dari Rp10.000

Alamat: Jl. Sekar Sari, Wonokitri, Kec. Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

3. Jendela langit

Selanjutnya, ada wisata terbaru di Prigen Pasuruan yang sedang populer, yaitu Jendela Langit. Tempat wisata di Pasuruan Prigen ini cocok bagi mereka yang suka mencari spot foto kekinian untuk diunggah di media sosial.

Destinasi ini menawarkan panorama Gunung Arjuna 360 derajat dengan banyak spot foto menarik. Seperti jembatan kaca, perahu di atas tebing, dan Jendela Langit, sebuah spot foto berbentuk jendela yang menghadap langsung ke pegunungan.

Tersedia juga atraksi berkuda dan perjalanan jeep menyusuri area sekitar Jendela Langit dengan trek yang menantang. Pengunjung juga memiliki opsi menginap di Jendela Langit dengan tersedianya camping ground.

Kamu perlu membawa peralatan camping sendiri karena tidak ada penyewaan tenda. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang memukau.

Harga tiket: Mulai dari Rp15.000

Alamat: Tegal Kidul, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

4. Air Terjun Coban Binangun

wisata pasuruan
Source: pwwu.co

Ada juga wisata Pandaan Pasuruan yang berupa air terjun dan bisa masuk ke dalam list destinasi kunjungan kamu. Air Terjun Coban Binangun sering disebut sebagai hidden gem Pasuruan yang menyajikan pemandangan yang masih alami.

Untuk mencapai air terjun ini dari area parkir, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1 km melalui jalan setapak yang mudah dilewati. Selama perjalanan, kamu akan menikmati panorama persawahan dan pegunungan.

Harga tiket: Mulai dari Rp5.000

Alamat: Binangun, Plintahan, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

5. Cimory Diaryland Prigen

Jika mencari destinasi yang berbeda, Cimory Pasuruan bisa masuk ke dalam daftar rencana perjalananmu. Berbeda dengan destinasi wisata alam umumnya di Pasuruan, di Cimory Dairyland Prigen, kamu dapat berinteraksi dengan satwa ternak di peternakan domba dan Mini Zoo.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan spot foto unik di Lulu 3D Trick Art Museum. Pastikan untuk tidak melewatkan kesempatan berbelanja oleh-oleh produk dari bahan dasar susu di Dairy Shop.

Harga tiket: Mulai dari Rp20.000

Alamat: Jl. Raya Prigen No.8, Plembon, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Info wajib baca: 5 Coffee Shop di Kemang yang Buka 24 Jam | Asyik Nongkrong sampai Pagi!

6. Kebun Raya Purwodadi

Meskipun bukan termasuk destinasi wisata Pasuruan terbaru, Kebun Raya Purwodadi tetap menjadi tujuan yang populer. Saat ini, banyak fasilitas baru yang membuat pengalaman liburan di Kebun Raya Purwodadi.

Mulai dari penggunaan motor listrik dan skuter listrik untuk mengelilingi kebun raya, hingga penyewaan picnic mat dan kursi untuk bersantai di hamparan rumput yang sangat luas dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Berbagai spot foto menarik seperti Taman Meksiko dan Rumah Kaca juga tersedia untuk dinikmati.

Harga tiket: Mulai dari Rp15.500

Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang KM 65, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

7. Paralayang Bukit Sempu

wisata pasuruan
Source: kabupaten Pasuruan

Paralayang di Bukit Sempu awalnya digunakan sebagai tempat latihan bagi atlet paralayang, tetapi sekarang telah menjadi daya tarik wisatawan di Pasuruan. Selain mencoba paralayang, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti gazebo, kafe, dan area camping ground.

Harga tiket: Mulai dari Rp10.000

Alamat: Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.


Saat berkunjung ke Pasuruan, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata di atas untuk menikmati keindahan alam serta merasakan sejuknya udara Pasuruan. Jika sudah pernah berkunjung, tinggalkan jejak di komentar dan berikan pendapatmu, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare