...
study tour
5-min read

5 Destinasi Favorit untuk Kegiatan Study Tour Siswa, Apa Saja Manfaatnya?

study tour

Belajar sekaligus liburan dengan mengikuti kegiatan study tour!

Study tour menjadi kegiatan yang mulai sering dilakukan banyak sekolah, khususnya saat memasuki tahun akhir masa studi. Biasanya, acara ini digelar dengan mengunjungi beberapa tempat yang mempunyai nilai edukasi sekaligus rekreasi.

Dalam pengertiannya, study tour merupakan adalah kegiatan di luar ruangan kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses suatu hal secara langsung. Dengan begitu, siswa tidak hanya sekadar tahu apa yang dipelajari, namun juga bisa memahami dengan cara yang menyenangkan.

Diminati banyak siswa, memangnya, apa saja manfaat dari kegiatan study tour? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel berikut ini. Simak sampai habis, ya!

Manfaat Study Tour

Source: Pojoksatu

Manfaat utama dari study tour tentunya yaitu memberikan pelajaran kepada siswa sekaligus membuatnya merasa seolah sedang berlibur. Dengan begitu, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih santai dan mudah dipahami. Namun, selain itu, ada sejumlah manfaat lainnya dari kegiatan ini, yaitu:

1. Study tour menumbuhkan minat baru siswa

Saat kegiatan study tour berlangsung, siswa akan dikenalkan beberapa hal baru di luar yang mereka temukan di sekolah. Seperti misalnya situs sejarah dan budaya, laboratorium, tempat pengolahan hasil kebun, maupun tempat-tempat yang mempunyai nilai edukasi lainnya.

Nah, pengenalan terhadap hal baru ini nantinya diharapkan akan menumbuhkan minat para siswa juga. Dengan begitu, mereka jadi mempunyai keinginan mempelajarinya lebih mendalam di masa mendatang dan bahkan berpeluang untuk menjadi tujuan karirnya.

Info wajib baca: 5 Wisata Petik Apel Malang: Harga Tiket sampai Lokasinya

2. Memperluas pemahaman

Kegiatan study tour juga membuat siswa mempunyai peluang untuk mempelajari sesuatu secara langsung. Tak hanya mengamati, mereka bahkan bisa berinteraksi dengan orang baru hingga lingkungan dan kultur berbeda yang ditemui sebelumnya.

Kegiatan ini juga dapat membuat para siswa untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas dan berbeda dari sebelumnya.

3. Mengembangkan keterampilan sosial dengan study tour

Dalam kegiatan ini, siswa juga didorong untuk berinteraksi dengan banyak orang termasuk pemandu, wisatawan, dan beberapa pihak lainnya. Dengan begitu, siswa jadi bisa belajar untuk mengembangkan keterampilan sosialnya dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Dengan karakteristik orang dan latar belakang berbeda, siswa juga diharapkan jadi bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ditemuinya.

Destinasi Favorit untuk Study Tour

study tour
Source: Tiket.com

Bagi beberapa sekolah, kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi daerah tertentu yang kaya akan nilai edukasi di dalamnya. Berikut ini beberapa kota yang biasa jadi destinasi favorit untuk kegiatan study tour:

1. Yogyakarta

Terkenal sebagai destinasi favorit untuk liburan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk belajar sambil wisata. Pasalnya, Kota Pelajar ini mempunyai banyak situs budaya dan sejarah yang bernilai tinggi.

Adapun yang menjadi favorit sebagai destinasi untuk dikunjungi yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, Taman Sari, dan Jalan Malioboro.

2. Jakarta

Bagi orang yang berasal dari luar daerah, Jakarta sering kali menjadi destinasi favorit untuk study tour. Kota ini mempunyai banyak tempat menarik mulai dari museum hingga situs terkenal seperti Monas.

Biasanya, destinasi favorit di Jakarta yang menjadi daya tarik adalah Kota Tua, Museum Nasional, dan kompleks Monas.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Taman di Jakarta Pusat Untuk Healing!

3. Bogor

Bogor juga sering kali menjadi tempat menarik, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan alam. Kebun Raya Bogor misalnya, sering kali menjadi tempat banyak orang untuk mempelajari aneka macam tumbuhan.

Untuk refreshing, kawasan Puncak juga bisa menjadi destinasi menarik menikmati suasana dingin dan hamparan pemandangan hijau di bawahnya.

4. Malang

Kota Malang dan Batu adalah dua destinasi yang sering dikunjungi untuk belajar dan wisata. Kedua kota ini menyajikan berbagai tempat menarik yang bisa jadi bahan pembelajaran mulai dari museum hingga agrowisata.

5. Bandung

Sama halnya dengan Bogor, Bandung juga menjadi destinasi wisata menarik untuk mendorong siswa agar lebih mengenal alam. Pasalnya, Bandung mempunyai tempat yang cukup lengkap baik untuk belajar ataupun wisata.

Jika ingin mencari wisata sejarah dan budaya, kawasan Bandung kota bisa menjadi pilihan. Sementara itu, jika mencari kawasan wisata alam yang identik dengan aktivitas pertanian, daerah Lembang, Pangalengan, atau Ciwidey merupakan pilihan tepat.


Nah, itulah pengertian dan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan study tour. Tak hanya menambah pengetahuan baru, bisa sekalian liburan, deh!

Apa kamu pernah mengunjungi salah satu destinasi di atas? Atau mengunjungi tempat lainnya yang nggak kalah edukatif dan menarik? Sharing cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Source:

  • https://kumparan.com/ragam-info/3-manfaat-study-tour-yang-bisa-didapatkan-siswa-20wDE8kcfsx/full
  • https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/wisata-study-tour-di-indonesia

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare