...
wisata situbondo
5-min read

Ada Africa Van Java, Inilah 5 Destinasi Wisata Situbondo yang Wajib Dikunjungi!

wisata situbondo

Unik dan memukau, wisata Situbondo menawarkan liburan di Africa Van Java!

Selamat datang di kota yang memiliki pesona alam yang memukai, Situbondo! Terletak di ujung timur Pulau Jawa, kawasan ini menyuguhkan keindahan alam yang cocok untuk healing.

Dari pantai-pantai yang memikat hati hingga gunung-gunung yang menantang petualangan, Situbondo menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa.

Rekomendasi Destinasi Wisata Situbondo

Pada kali ini, Kostmin akan memperkenalkan 5 destinasi wisata di Situbondo yang wajib kamu kunjungi saat ke sini. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja bersama-sama menjelajahi kekayaan alam dan budaya yang membuat Situbondo menjadi destinasi yang patut dikunjungi. Baca artikel ini sampai habis, ya!

1. Wisata Situbondo, Taman Nasional Baluran

Berbeda sekali dengan pemandangan hijau subur yang ditemukan di tempat lain di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran yang terletak di Situbondo, Jawa Timur sebagian besar terdiri dari sabana terbuka dengan satwa liar yang bebas berkeliaran. Kemiripannya dengan sabana di Afrika membuatnya dijuluki dengan Africa Van Java.

Di Taman Nasional Baluran, kamu bisa menikmati panorama sabana dan Gunung Baluran (gunung berapi tidak aktif) yang menjadi habitat bagi berbagai satwa eksotik seperti babi hutan, rusa, burung merak, ayam liar, beberapa jenis kera dan juga banteng sebagai satwa yang dilindungi.

Tak hanya itu, ada juga pantai putih indah bernama Pantai Bama yang merupakan habitat terumbu karang, ikan, dan bakau.

Selain hewan darat dan hewan laut, ada juga ratusan jenis burung seperti burung enggang, burung merak, dan burung bulbul. Taman ini juga merupakan surga bagi berbagai jenis pohon, ada tanaman dan bunga seperti pohon kemiri, maja, gadung, dan pohon asam jawa.

Meskipun lengkap, tiket masuknya masih dibilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp16 ribu saat weekday dan Rp18 ribu saat weekend.

2. Waduk Bajulmati

Source: Kabar BUMN

Waduk Bajulmati terletak di kawasan perbatasan Situbondo dengan Kabupaten Banyuwangi. Kawasan wisata ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai waduk irigasi. Di tempat ini, kamu juga diizinkan untuk memancing ikan, lho!

Daya tarik kawasan wisata ini yaitu memiliki tampilan topografi yang unik. Terdapat gundukan-gundukan yang serupa dengan pulau-pulau kecil yang sangat indah. Karena tampilan uniknya inilah masyarakat setempat sering menjuluki tempat ini sebagai Raja Ampat Banyuwangi.

Pemandangannya yang indah membuat Waduk Bajulmati merupakan tempat yang ideal untuk berfoto-foto.

3. Pantai Lempuyang

Source: Tempat.org

Suka dengan wisata anti mainstream? Meskipun memiliki panorama yang indah, Pantai Lempuyang merupakan kawasan wisata hidden gem yang masih belum diketahui banyak orang. Pantai ini berlokasi di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Keunikkan dari pantai ini yakni memiliki bentuk seperti bulan sabit serta pasir berwarna putih dan vegetasi lebat yang seakan tumpah ke lautan.

Tak hanya bisa menikmati pasir pantai dan airnya yang bersih, kamu juga bisa mendaki bukit di Pantai Lempuyangan. Di atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan serta mengambil foto yang lebih indah.

Info wajib baca: 6 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara | Nikmati Keindahan Terumbu Karang di Bawah Laut!

4. Kampung Kerapu

Situbondo merupakan kawasan yang terkenal sebagai salah satu penghasil ikan kerapu paling banyak di Indonesia. Kampung Kerapu sendiri merupakan daerah pembenihan, pendederan dan pembesaran para ikan kerapu yang diekspor ke berbagai daerah Indonesia.

Siapa sangka, ternyata di kawasan penghasil ikan ini kamu juga bisa jalan-jalan sembari menikmati panorama yang indah.

Dermaga kayu sepanjang 300 meter yang menjorok ke arah laut dengan track melingkar yang menawarkan pemandangan keramba ikan dan air laut yang biru. Untuk kamu yang ingin berwisata, sangat disarankan untuk datang di sore hari, karena senjanya sangat cantik.

Namun jika sedikit terlambat, pemandangan gemerlap lampu di sekitar kawasan ini juga tidak kalah indah.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Tasikmalaya, dari Dataran Tinggi hingga Pantai

5. Wisata Situbondo, Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak terletak di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Dari pusat kota, kamu perlu mencapai ke tempat ini dengan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam perjalanan.

Adapun nama kawasan wisata yang satu ini berasal dari kisah kuno yang menerangkan bahwa air terjun ini secara tiba-tiba muncul memancar keluar dengan derasnya.

Kawasan wisata alam ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Tak hanya itu, di sini wisatawan juga dapat melihat populasi Burung Walet yang ada di samping air terjun. Harga tiketnya sangat terjangkau, yakni hanya 15 ribu rupiah dan buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Jika lapar, di Air Terjun Setancak juga ada warung yang menyediakan berbagai makanan seperti nasi ayam dan mie instan.


Itulah 5 destinasi wisata Situbondo yang memukau dan wajib dikunjungi. Semoga informasi ini membantumu untuk merencanakan perjalanan yang menyenangkan ke destinasi yang sarat akan keindahan alam dan keberagaman budaya.

Pernahkah kamu berkunjung ke salah satu tempat di atas? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare