...
susu penambah berat badan
5-min read

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan | Intip Kandungan Proteinnya!

susu penambah berat badan

Mengonsumsi susu penambah berat badan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan tubuh ideal

Hayo, siapa bilang ngejar berat badan ideal cuma masalah ngecilin angka di timbangan? Bagi beberapa orang, menambah berat badan itu juga jadi target serius, lho.

Walau nggak semudah membalikkan telapak tangan, namun menaikkan berat badan pastinya sangat mungkin dilakukan loh dengan perencanaan yang tepat. Salah satu andalannya dengan mengonsumsi susu.

Ya, manfaat dari susu pastinya nggak cuma untuk menguatkan tulang, tapi juga bisa jadi senjata rahasia buat nambah berat badan dengan sehat. Namun begitu, kamu juga nggak bisa sembarangan dalam memilih susu untuk penambah berat badan.

Yuk, cari tahu tips dalam menentukan susu penambah berat badan yang sesuai untuk kebutuhanmu. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Kapan Harus Menaikkan Berat Badan? 

Source: Narasi TV

Menaikkan berat badan tentunya menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk kamu yang mempunyai berat di bawah angka ideal. Maka dari itu, kita pun perlu mengidentifikasi terlebih dahulu apa penyebab seseorang kekurangan berat badan.

Nah, jadi, orang bisa mengalami kekurangan berat badan karena beberapa hal, nih. Misalnya, mungkin pola makannya nggak seimbang atau sering banget skip makan. Kehabisan waktu dan lupa makan juga bisa jadi penyebabnya. Kalau tubuh kurang dapat asupan energi, bisa juga bikin berat badan turun.

Bukan cuma itu, gangguan pencernaan atau penyakit kronis juga bisa bikin berat badan  kurang ideal. Jadi, kekurangan berat badan ini nggak cuma soal makanan aja, tapi juga kesehatan tubuh.

Info wajib baca: Ternyata Ini 5 Cara Cepat untuk Menaikkan Berat Badan yang Sehat dan Ideal | Nggak Perlu Pakai Obat-obatan!

Nah, buat ngecek berat badan ideal, banyak metodenya. Salah satunya paling umum tuh pakai Body Mass Index (BMI). Caranya gampang banget, tinggal bagi berat badan (dalam kilogram) sama tinggi badan (dalam meter) kuadrat. Hasilnya bakal nunjukin kategori berat badan, apakah terlalu kurus, normal, kelebihan berat badan, atau obesitas.

Tapi ya, BMI juga punya batasannya, soalnya nggak mempertimbangkan komposisi tubuh kayak lemak dan otot. Selain itu, ada metode lain kayak ukur lingkar pinggang dan pinggul, atau analisis lemak tubuh pake alat khusus.

Ingat, setiap orang punya kebutuhan kalori yang beda tergantung usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan tujuannya, misalnya pengen nurunin berat badan atau maintain berat badan ideal. 

Untuk mengatasi kondisi kekurangan berat badan ini, kamu bisa mengonsumsi makanan penambah berat badan atau susu tinggi protein. Jangan lupa juga sertakan dengan olahraga untuk menambah massa otot, ya.

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan

susu penambah berat badan
Source: Halodoc

Mencapai berat badan ideal adalah impian banyak orang. Tapi, nih, menambah berat badan bukan perkara yang gampang, lho.

Nah, karena bentuknya yang cair, kaya akan protein, dan juga mudah dikonsumsi, susu bisa jadi makanan alternatif sebagai penambah berat badan yang sehat. Yuk, kita bahas tips memilih susu penambah berat badan sesuai kebutuhanmu:

1. Perhatikan nutrisi pada susu penambah berat badan

Saat mau pilih susu buat nambah berat badan, penting bagi kita untuk lihat nutrisinya. Pastikan susu itu mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang penting.

Protein merupakan nutrisi yang bagus buat bangun otot, sedangkan lemak sehat bisa bantu tambah berat badan. Susu yang seimbang nutrisinya akan bantu kita tambah berat badan dengan optimal.

2. Pilih susu penambah berat badan yang kaya akan kalori

Selain protein, kalori adalah kunci buat nambah berat badan. Jadi, cari susu yang tinggi kalori, tapi tetap sehat.

Gimana cari tahunya? Cek aja label kemasannya buat liat jumlah kalori per sajian. Semakin tinggi kalorinya, semakin besar potensi buat nambah berat badan. Tapi, pastiin kalorinya berasal dari nutrisi baik, ya, nggak cuma dari gula dan lemak jenuh.

3. Konsumsi susu whey protein untuk penambah berat badan

Susu whey protein ini oke banget buat nambah berat badan. Whey protein merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang bantu bangun massa otot.

Sebab, protein itu penting banget buat nambah berat badan dengan sehat dan bangun otot dengan baik. Pilih susu whey protein yang rendah lemak dan rendah gula buat hasil terbaik.

Info wajib baca: Ingin Menjaga Berat Badan Ideal? Pelajari Cara Menghitung Kalori Harian yang Dibutuhkan!

4. Cari yang mengandung kasein

Selain whey protein, kasein juga bagus buat nambah berat badan. Kasein itu punya penyerapan yang lambat, jadi nutrisinya diabsorpsi perlahan-lahan. Minum susu yang mengandung kasein sebelum tidur bisa kamu maksimalkan manfaatnya buat bangun otot.

5. Pilih susu full cream atau full fat

Susu full cream atau full fat mengandung lemak dan kalori lebih tinggi dibanding susu rendah lemak. Kalau mau nambah berat badan, susu full cream bisa jadi pilihan yang pas. Lemak sehat dalam susu ini bantu kita nambah berat badan dengan sehat.

6. Hindari susu rendah gula

Meskipun kita butuh kalori buat nambah berat badan, lebih baik pilih susu yang rendah gula atau tanpa gula tambahan, ya. Sebab, gula berlebihan itu nggak baik buat kesehatan. Pilihlah susu yang rasanya alami tanpa tambahan gula buatan.


Itulah sejumlah tips yang bisa kamu manfaatkan jika ingin mencari susu penambah berat badan. Apa kamu sering mengonsumsi jenis susu ini juga untuk menambah berat badanmu? Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare